7 rahasia sukses ber investasi emas di pegadaian
Investasi /  -

7 rahasia sukses ber investasi emas di pegadaian

Januari 28th, 2016 | Posted in Investasi | |
2017-07-21 04:35

Kiat ber investasi emas agar aman dan menguntungkan

Kesadaran dan antusias masyarakat Indonesia dengan investasi emas belakangan ini layak diacungi jempol, sebab sudah banyak warga yang sadar akan pentingnya investasi atau menabung emas. Mayoritas memilih investasi emas untuk tujuan mengamankan kekayaannya, mempertahankan nilai beli dimasa depan, mencukupi rencana masa depan, dan bisa juga untuk menambah kekayaannya. Investasi logam mulia emas memang selalu menjadi primadona karena karakteristik emas yang ‘kebal’ akan inflasi dan guncangan ekonomi (dari tahun ke tahun harga emas terus meningkat), ditambah lagi tingginya likuiditas emas sehingga mudah dijual kapan saja saat kita memerlukan dana, bukan seperti investasi properti misalnya

Investasi emas Sampai sekarang masih menjadi primadona dikalangan umum untuk dijadikan sebagai investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sebenarnya selain emas masih banyak jenis investasi lain yang bisa dijadikan sebagai investasi seperti tanah dan property, saham, obligasi, reksadana maupun deposito.

investasi emas

Mengapa harus emas!

Seperti yang dijelaskan jenis investasi bukan hanya emas tetapi beragam pilihan, alasannya sebagai berikut:

  1. Resiko lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Dalam berinvestasi hal yang pertama kita telaah adalah tinkat keuntungan dan kerugian yan mungkin terjadi, dalam hal ini harga emas lebih stabil bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham. Semakin rendah resiko kemungkinan terjadi berarti jenis investasi tersebut sangat baik untuk diminati.
  2. Mudah diuangkan. Dalam sebuah perusahaan dikenal dengan sebutan aktiva lancar yakni segala sesuatu apabila dibutuhkan dapat dicairkan dengan segera. Bilamana sewaktu waktu anda membutuhkan uang secara mendesak emas yang kamu miliki bisa segara di cairkan dalam waktu yang sama, berbeda hal dengan jenis investasi lainnya seperti deposito harus menungu tanggal jatuh tempo sesuai dengan perjanjian awal saat melakukan investasi deposito tersebut.
  3. Terbebas dari biaya pajak. Mungkin anda sudah tau dan mengerti hanya sedikit sekali di negeri yang terbebas dari yang namanya obyek pajak, jadi investasi emas merupakan keuntungan tersendiri karena terbebas dari obyek pajak.
  4. Sebagai perlindungan. Munngkin anda mengangap semua tujuan investasi adalah sebagai perlindungan dimasa depan sekali gus sebaagai jawaban atas kebutuhan yang kita inginkan.Mungkin anda lupa yang namanya inflasi dan deflasi! yup, setiap negara pasti mengalami yang namanya inflasi maupun deflasi. Semangkin tinggi tingkat inflasi suatu negara maka harga emas akan ikut naik.
  5. Menguntungkan. Tujuan berinvestasi adalah mencari keuntungan dari nilai awal yang kita investasikan. Emas sangat cocok dijadikan sebagai investasi  baik dalam jangka waktu panjan maupun jangka waktu pendek
  6. kepemilikan maupun pengelolaan secara pribadi. Emas yang kita investasikan dipegadaian akan tersimpan aman di safe deposit box. Bilamana sewaktu waktu kita ingin mencairkan dengan segara maka pihak pegadaian akan mencairkan.

Baca juga:Investasi aman dan yang paling menguntungkan di tahun 2016

Itu sedikit dari sekian banyak alasan mengapa investasi emas menjadi pilihan dibandingkan jenis investasi lainnya.

Seperti apa tips berinvestasi emas agar aman dan menguntungkan

  • Tentukan waktu yang tepat. Bila saya bertanya pada anda kapan waktu berinvestasi emas yang pas, bila anda menjawab saat anda memiliki uang untuk berinvestasi mungkin benar juga, tetapi lebih tepatnya saat harga emas lagi turun.Saat anda memutuskan berinvestasikan emas jangan terburu buru karena saat saat tertentu ada saatnya harga emas turun, seperti menjelang lebaran haji. Biasanya 2 bulan sebelum keberangkatan haji orang akan berbondong bondong datang kepegadaian untuk menjual emas untuk keperluan berhaji disaat yang sama harga emas akan turun. Bukankah semakin tinggi penawaran tanpa diikuti permintaan harga akan semakin turun, begitu juga dengan emas disaat menjelang haji.
  • Sesuaikan dengan kemampuan anda. Jenis investasi emas cukup beragam mulai dari 5 gram sampai dengan ratusan kilo. Bila batas kemapuan anda berkisar 20 sampai dengan 50 gram jangan memaksakan diri untuk berinvestasi lebis dari itu karena bila anda terus memaksakan diri untuk lebih dari 5o gram sementara kemampuan anda tidak lebi dari itu tentu akan membuat susah sendiri dalam membayar cicilannya.
  • Sebaiknya dalam menentukan jangka waktu investasi jangan memilih waktu yang terlalu lama karena semakin lama waktu cicilan yang anda pilih semakin mahal harga emas yang anda cicil.
  • Selama masa pencicilan jangan sampai lalai dalam pembayaran cicilan karena bisa berdampak buruk pada anda berupa denda dah yang terburuk emas yang anda cicil akan bisa saja dilelang pihak pegadaian dengan hasil lelang tersebut akan dipotong sebesar 2% dan denda tunggakn cicilan selisihnya akan diberikan kepada anda. Rugi bangat kan bila hal tersebut terjadi pada kita, untuk itu jangan sampai lalai dalam pembayaran cicilan emas tersebut.
  • Membeli emas yang dilelang pihak dari pegadaian. Biasanya pihak pegadaian akan melakukan lelang terbuka untuk umum. Emas yang dilelang bisa dari jaminan yang tidak ditebus nasabah pegadaian tersebut dan seperti yang dijelaskan diatas orang yang menunggak atau lalai dalam pembayaran cicilan investasi emas yang ia beli.
  • Dalam berinvestasi emas  sebaiknya anda pilih dalam bentuk logam mulia/batangan  bukan bentuk perhiasan, karena logam mulia merupakan emas batangan murni standar 99,99% yang diproduksi PT Aneka Tambang (ANTAM). Semua logam mulia yang diproduksi PT. ANTAM selalu diberi sertivikat keasliannya.
  • Mulailah berinvestasi.

Demikian pembahasan investasi emas yang direkomendasikan serta tips dalam berinvestasi emas dipegadaian.Terimakasih

Komentar

One comment on “7 rahasia sukses ber investasi emas di pegadaian