Alasan Mengapa Kartu Kredit Ditolak & Cara Mengatasinya | Cekkembali
Keuangan dan Kredit /  -

Alasan Mengapa Kartu Kredit Ditolak & Cara Mengatasinya

Oktober 20th, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-07-21 04:40

Jika kartu kredit ditolak oleh kasir pembayaran maka itu berarti anda sedang mengalami masalah keuangan yang sangat memalukan. Sebab hal tersebut akan menghambat antrean anda di kasir atau bisa juga anda kehilangan kesempatan untuk memperoleh diskon di sebuah toko online, dan hal tersebut merupakan kejadian keuangan yang membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak .   Selain tidak cukupnya dana pada kartu kredit maupun kartu debit Anda, ada beberapa alasan kenapa kartu Anda ditolak oleh pihak bank . Berikut ini akan saya sampaikan beberapa alasannya ;

Pertama yaitu Membayar Tagihan Tidak Sesuai Dengan Jatuh Tempo

Hal ini tentu sangat bergantung dengan  syarat dan ketentuan dari kartu Anda, penerbit kartu mempunyai hak untuk menonaktifkan atau memberhentikan kartu Anda sekalipun Anda baru sekali saja telat dalam membayar tagihan. Beberapa pihak , misalnya saja jaringan pompa bensin maupun  toko pakaian menerbitkan kartu yang meminta Anda untuk segera melunasi seluruh tagihan tepat waktu supaya Anda bisa terus menggunakan kartu Anda pada waktu yang akan datang .

Cata mengatasinya adalah anda bisa menelpon layanan pelanggan dan anda bisa menanyakan berapa banyak yang harus Anda bayar supaya kartu Anda diaktifkan kembali. Apabila Anda mempunyai riwayat pembayaran yang baik dengan penerbit kartu atau mempunyai alasan yang kuat terkait dengan keterlambatan membayar, misalnya saja darurat medis maka anda bisa minta surat pernyataan lepas dari tuntutan biaya keterlambatan membayar tersebut . Anda harus mencegah keterlambatan membayar di masa yang akan datang dengan mengatur pembayaran rutin lewat akun rekening bank Anda untuk setidaknya pembayaran minimal setiap bulan .

Kedua yaitu Adanya Dana yang Ditahan

Saat Anda menggunakan kartu untuk keperluan seperti menyewa mobil , membeli bensin, atau memesan kamar hotel, maka ada sejumlah dana yang ditahan guna menjamin bahwa Anda mempunyai dana yang cukup untuk melakukan pembayaran . Contohnya saja , Anda hanya ingin mengisi bensin 50 ribu rupiah namun alat gesek elektronik secara otomatis akan menahan sekitar 170 ribu  rupiah pada kartu Anda. Apabila Anda hanya mempunyai dana tersisa di kartu 70 ribu rupiah maka  kartu kredit ditolak untuk pembelian 50 ribu rupiah . Waktu dikembalikannya dana yang ditahan tersebut tentu berbeda dari satu penerbit kartu dengan penerbit kartu yang lainnya , itu berarti Anda bisa secara tidak sengaja dianggap belanja melebih dana yang ada .

Dalam mengatasi masalah ini anda bisa berusaha untuk mencegah dana ditahan. Di pom bensin anda bisa membayar dengan kartu debit di kasir yang berada di dalam sebelum membelinya . Saat anda berencana menggunakan kartu debit di hotel maupun tempat sewa mobil, anda bisa menanyakan terlebih dahulu berapa jumlah dana yang ditahan dengan begitu Anda bisa menganggarkannya dengan tepat. Anda juga bisa menanyakan mungkin saja perusahaan menerima deposit dalam bentuk tunai. Dengan begitu uang Anda bisa segera kembali daripada harus menunggu pengembalian dari kartu yang lama , sebab akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar .

Ketiga yaitu Tidak Mengetahui Waktu Transfer Dari Bank Maupun Penerbit Kartu

3 hari kerja merupakan suatu ucapan yang kerap kita dengar dalam dunia bisnis , hal tersebut bukanlah  waktu yang  lama. Namun persoalannya yaitu saat berhubungan dengan pembayaran dan pelunasan yang jatuh tempo, hal tersebut bisa berakibat pada keterlambatan membayar. Institusi keuangan mempunyai kebijakan berbeda-beda dalam mengatasi dana dan proses transfer.  Contohnya saja sebuah akun bank segera mentransfer dana dengan segera setelah perintah transfer sudah dibuat, namun rekening bank lain menahan dana selama 24 jam atau 1 hari dan hari berikutnya dana baru ditransfer setelah jam kerja sudah selesai.

Dalam mengatasi hal anda harus bisa menentukan dan mengetahui waktu transfer dari bank atau penerbit kartu. Apabila Anda mengetahui bahwa pembayaran perlu utntuk dilakukan dengan segera , maka anda bisa menghubungi layanan pelanggan dan minta mereka untuk melihatnya sekarang juga .

Keempat yaitu Salah Dalam Menggunakan Chip Kartu

Memang membutuhkan  waktu yang tidak sebentar agar terbiasa menggunakan kartu chip baru. Akan ada pembaca kartu chip yang tidak akan menerima kartu chip debit maupun chip kredit Anda saat Anda mencoba untuk menggesek strip magnetiknya . Jika anda mencabut kartu chip sebelum muncul perintah di layar maka bisa berakibat kartu kredit ditolak. Dalam mengatasi hal ini anda bisa mencoba untuk melakukan proses pembayaran sekali lagi. Kemudain , masukkan kartu dan ikuti instruksi di layar.

Kelima yaitu Tidak Memberi Tahu Kepada Pihak Penerbit Saat Pergi Ke Luar Negeri

Menanggapi masalah tentang semakin banyaknya penipuan kartu, saat ini sudah banyak penerbit yang memperhatikan berbagai pembelian yang terjadi di luar skema yang sudah ditetapkan hal ini dapat memicu kartu kredit ditolak. Contohnya saja, Anda terbiasa membayar barang dari luar negeri melalui  PayPal dan mungkin saja Anda membayar secara langsung melalui kartu. Pembayaran Anda akan ditolak dan Anda menerima peringatan melalui  SMS.

Hal lain yang bisa  memicu aktifnya perlindungan penipuan kartu yaitu Anda melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa memberitahukannya terlebih dahulu kepada penerbit kartu. Dalam mengatasi hal ini maka anda harus mendaftarkan kartu Anda untuk menerima pemberitahuan melalui SMS sehingga Anda bisa tahu bahwa Anda sedang melakukan suatu transaksi. Saat anda bepergian ke luar negeri, anda harus menginformasikan kepada penerbit kartu tentang rencana kepergian Anda ke luar negeri.

Keenam yaitu Tidak Peduli Dengan Biaya Tahunan

Jika Anda masih punya sisa juta rupiah pada kartu kredit Anda, namun kenapa kartu kredit ditolak ? Jawabannya adalah karena anda tidak peduli dan mungkin lupa bahwa ada biaya tahunan. Biaya tahunan ini bisa mencapai sekitar 300 ribu rupiah . Apabila kartu Anda sudah mendekati limit, Anda akan berisiko mengalami kekurangan dana saat biaya tahunan dikenakan. Dalam mengatasi hal ini anda tentu harus segera membayar biaya tersebut .  Di masa yang akan datang, anda bisa membuat pengingat sebulan sebelum biaya tahunan dikenakan dengan begitu Anda bisa membayarnya sebelum biaya tersebut akan dikenakan. Anda bisa melihat semua persyaratan dan ketentuan dari kartu Anda dan anda bisa mengawasi seluruh biaya lain yang bisa membebani kartu Anda.

Ketujuh yaitu Kartu Tambahan Dihentikan

Apabila Anda merupakan pemegang kartu tambahan, Anda bisa menggunakan kartu selama pemilik kartu mengizinkannya . Apabila pasangan Anda, anggota keluarga, saudara, atau teman mempercayakan Anda dengan kartu tambahan tersebut , maka anda harus menghormati dan mentaati aturan yang telah mereka buat. Komunikasi merupakan kunci utama dan bila tidak ada komunikasi maka bisa saja Anda akan dihentikan. Dalam mengatasi hal ini anda bisa menghubungi pemilik kartu utama dan anda bisa meminta supaya  kartu Anda diaktifkan kembali.

 

Komentar