Apa Saja Sih Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Pelaku Bisnis? | Cekkembali
Peluang Usaha /  -

Apa Saja Sih Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Pelaku Bisnis?

November 15th, 2016 | Posted in Peluang Usaha | |
2017-07-21 04:37

Membuat bisnis yang di jalankan berhasil dan sukses adalah hal yang sulit. Pelaku usaha sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha atau bisnis. Seorang pelaku usaha haruslah memiliki kemampuan yang dalam menjalankan dan mengelola sebuah bisnis. Dengan memiliki kemampuan atau skill dalam menjalankan bisnis maka tidak sulit untuk mengembangkan bisnis tersebut sehingga lebih sukses dan berkembang.

Kemampuan atau skill yang di miliki oleh pelaku bisnis adalah modal yang harus ada jika ingin bisnis yang di jalankan berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Bukan hanya modal berupa materi, ternyata skill dan kemampuan menjalankan bisnis juga wajib ada. Skill dan kemampuan dalam berbisnis bisa di katakan sebagai pemberian Tuhan namun juga bisa di katakan bahwa skill adalah kemampuan yang bisa di bentuk dan di pelajari. Tidak semua orang memiliki kemampuan berbisnis. ada orang yang kemampuan akademiknya tinggi namun kurang cakap dalam menjalankan bisnis. Sebaliknya ada yang kemampuan akademiknya tidak cukup tinggi namun mampu dalam menjalankan bisnis atau usaha.

Lalu apa saja sih skill atau kemampuan yang harus di miliki oleh pelaku bisnis? Sedikitnya ada 7 kemampuan yang harus ada dalam diri seorang pelaku bisnis agar bisa menjalankan dan mengelola bisnisnya dengan baik hingga sukses.

Kemampuan berkomunikasi

Satu skill yang harus di miliki oleh seorang pelaku bisnis ialah skill berkomunikasi. Skill ini sangat penting dan memiliki peran yang vital dalam sebuah bisnis. Kebanyakan dari mereka pelaku bisnis yang sukses, pandai dalam hal berkomunikasi. Karena kemampuan komunikasi ini seperti modal penting dalam menjalankan bisnis. Misalnya Saja jika Anda hendak melakukan kerja sama bisnis dengan rekan atau investor. Jika Anda tak mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik bagaimana bisa rekan kerja atau investor bisa tertarik dengan kerja sama yang Anda buat?

kemampuan berkomunikasi

Seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik biasanya mudah mempengaruhi orang lain. Maksudnya ialah kata- kata yang di lanturkan pasti memiliki daya tarik tersendiri dan pandai dalam membangun suasana dengan kalimat- kalimat yang di ucapkannya. Kemampuan dalam berkomunikasi ini sebenarnya adalah berasal dari sebuah kebiasaan. Jadi untuk membentuk kemampuan berkomunikasi dengan baik ini coba biasakan dari mulai berani berbicara dengan orang lain atau di depan orang banyak, coba biasakan menyusun kata dan kalimat yang baik dan mudah untuk di mengerti oleh orang lain, dan hal- hal lain yang akan membuat Anda belajar menjadi orang yang lebih komunikatif.

Negosiasi

negoisasi

Negosiasi? Selain kemampuan berkomunikasi yang baik, dalam bisnis juga membutuhkan kemampuan dalam melakukan negosiasi. Dalam bisnis tentu banyak sekali hal- hal yang perlu adanya kemampuan bernegosiasi. Negosiasi akan sangat di butuhkan ketika Anda hendak mengambil suatu keputusan. Pebisnis yang handal tentu akan melakukan negosiasi jika merasa tidak di untungkan atau di rugikan. Ia akan mencoba untuk mengkomunikasikan lagi dengan lawan bicaranya agar keputusan yang di ambil merupakan keputusan yang tepat dan menguntungkan baginya. Pilihan- pilihan akan di berikannya untuk bisa mengganti pilihan yang sebelumnya di anggap sebagai pilihan yang tidak menguntungkan di pihaknya.

Kemampuan manajerial

Selain dua sebelumnya, kemampuan yang juga penting dan harus di miliki oleh pelaku bisnis adalah kemampuan manajerial. Kemampuan Manajerial ialah kemampuan dalam menjalankan mengelola mengawasi mengontrol segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha yang di jalankannya baik mengkoordinasikan orang- orang yang berada dalam lingkup usahanya, proses produktif yang sedang berjalan dan hal- hal lain yang berhubungan dengan usaha atau bisnis yang di jalankannya.

skill-management

Anda bisa melakukan suatu menajemen dengan membentuk sebuah sistem di mana sistem tersebut berisikan cara, visi, misi dan langkah- langkah dalam menjalankan sebuah pekerjaan atau usaha sehingga lebih efektif dan efisien sehingga dapat dengan mudah mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Kemampuan manajerial ini sangat penting terutama dalam hal pengambilan keputusan yang tepat karena di sini Anda adalah sebagai orang mengkoordinasikan sistem usaha Anda agar bisa berjalan yang sesuai dengan apa yang di harapkan.

Mengelola Keuangan.

Sebenarnya point ini bisa mencakup point sebelumnya namun karena keuangan di rasa bidang yang penting maka dari itu, kemampuan ini juga wajib untuk menonjol. Anda sebagai pelaku usaha yang menginginkan kesuksesan maka Anda harus mampu dalam mengelola keuangan usaha atau bisnis Anda. Seperti yang di ketahui bahwa keuangan menjadi hal yang penting dalam usaha karena menyangkut dengan modal dan profit atau keuntungan yang di terima.

mengelola-keuangan

Anda harus bisa mengelola keuangan agar bisnis bisa terus berjalan dan bertahan. Dalam menjalankan apalagi mengembangkan usaha tentu butuh sekali adanya profit. Di sini lah kemampuan pengelolaan keuangan Anda di uji. Bagaimanakah kemampuan Anda dalam mengelola keuangan yang ada dengan tetap menjalankan bisnis. Apakah pengembangan usaha bisa di lakukan dengan perencanaan keuangan tersebut. Anda harus bisa mengelola keuangan terutama untuk kas dari usaha Anda tersebut. Anda harus menjadi orang yang bijak dalam memutuskan sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Jangan mudah untuk mengeluarka kas untuk keperluan yang sekiranya tidak begitu penting.

Inovatif dan kreatif

Inovatif dan kreatif

Sebenarnya point ini lebih mengarah pada sifat namun juga sebenarnya inovatif dan kreatif bisa juga di pelajari. Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis tidak bisa jika selalu monoton dan lempeng saja. Anda harus bisa melakukan inovasi- inovasi baru yang bisa membangun bisnis yang Anda jalankan. Atau ketika Anda sedang di hadapkan masalah, maka kreatif juga di butuhkan untuk mencari hal- hal yang tepat untuk bisa mengubah masalah tersebut dan menyelesaikannya dengan hal- hal baru.

Kemampuan menjual

kemampuan menjual

Kemampuan menjual ini juga sangat bermanfaat dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda harus mampu dalam membaca dan memahami strategi penjualan. Apapun jenis bidang usaha yang Anda jalankan, kemampuan menjual ini penting karena Anda di tuntut untuk bisa membuat strategi penjualan yang tepat sehingga tingkat penjualan produk Anda sesuai dengan target yang Anda buat.

Solutif

Masalah pasti akan selalu menjadi penghalang bagi sebuah usaha. Namun masalah juga bisa menjadikan sebuah bisnis lebih berkembang, kuncinya adalah solusi yang di pecahkannya. Seorang pelaku bisnis haruslah memiliki sifat solutif di mana ketika terjadi masalah, akan mudah dalam menemukan solusi. Memang setiap solusi belum tentu tepat untuk semua masalah. Namun dengan sifat yang solutif ini Anda setidaknya tidak hanya diam berdiri saja namun mempunyai pemikiran- pemikiran yang bisa menjadi solusi dan pemecah masalah yang sedang Anda hadapi.

solusi

Itulah 7 skill atau kemampuan yang harus di miliki oleh setiap pelaku usaha agar mudah dalam menjalankan dan mengelola usaha yang di milikinya. Ingat. Kemampuan tersebut bisa Anda pelajari dan bentuk jadi mulai lah dari sekarang untuk membentuk skill- skill tersebut untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses. Semoga Bermanfaat.

Lihat juga artikel insfirative lainnya seputar bisnis dan kta

  • savethemummy
  • arleneton
  • metalwareonline
  • websitenano

Komentar