Keuangan dan Kredit /  -

Apakah Diskon Kartu Kredit Itu Menjebak ? Simak Ulasan Berikut Ini 

November 1st, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-05-27 02:19

Sebagian masyarakat sudah banyak yang tahu bahwa kartu kredit memang memberikan banyak keuntungan untuk para penggunanya. Salah satunya yaitu berbagai kartu kredit yang membuat anda pasti akan berminat untuk segera memilikinya . Namun juga tidak sedikit yang mengatakan bahwa diskon kartu kredit justru menjebak. Diskon dan berbagai program lainnya dibuat hanya untuk menarik banyak peminat namun tidak semua diskon itu nyata .

Namun , banyak dari mereka yang mengatakan hal tersebut sebab mereka belum paham mengenai cara kerja dari Credit-card itu sendiri . Hal ini termasuk aturan bunga yang banyak dikeluhkan sebagian orang. Padahal sudah diberitahu dari awal, bunga yang muncul dari pemakaian kartu kredit akan dibebankan pada tagihan selanjutnya. Apabila tagihan tersebut tidak segera dilunasi, maka bunga akan bertambah besar pada tagihan selanjutnya sebab tunggakan juga akan lebih besar begitu seterusnya.

diskon kartu kredit

Hal ini menjadi peringatan untuk mereka yang sering membayar tagihan kartu kredit tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan . Tanpa mereka sadari, utang sedang ditumpuk secara terus menerus dengan cara ini. Memang tidak dapat dipungkiri, kadang ada program diskon yang tidak jelas dan terkesan hanya akal-akalan saja . Contohnya saja di papan pengumuman besar tertulis Diskon besar-besaran namun ketika sudah beli ternyata penjualnya bilang tidak dapat diskon. Parahnya lagi ternyata ada tanda bintang kecil dan hampir tidak kelihatan di papan tersebut yang bertuliskan syarat dan ketentuan berlaku. Biasanya harus belanja dulu paling sedikit Rp 100 ribu atau dengan nominal lain agar bisa mendapatkan diskon yang diinginkan .

Akan tetapi memang  diskon kartu kredit ini tidak dapat dibilang menjebak. Karena memang diskon itu ada, walaupun ada juga syarat dan ketentuan yang berlaku . Pada dasarnya yang menjebak itu bukan diskonnya, namun programnya.  Akan tetapi menggunakan Credit-cardhanya karena ada diskon sangat tidak dibetulkan . Sebab hal tersebut  yang dapat dibilang sebagai jebakan. Orang jadi ingin belanja segala macam barang ketika tahu sedang ada diskon. Namun tanpa disadari, kartu kreditnya dieksploitasi terus menerus .

Program diskon itu memberikan keuntungan sebab anda dapat membeli barang lebih murah dari biasanya. Di sisi lain, akan muncul utang yang jika tidak dikontrol akan semakin banyak. Oleh karena itu , anda harus paham betul tentang aturan Credit-card. Jangan sampai hanya asal dalam menggunakannya lalu tanpa anda sadari ternyata Credit-card anda terkena denda . Lalu anda marah tidak jelas dan bilang itu hanya penipuan. Padahal memang sudah begitu aturan yang dibuat sejak awal . Apalagi , penggunaan dan aturan kartu kredit telah diawasi oleh pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

Intinya, jika anda menemukan ada suatu aturan yang mengarah ke penipuan, maka anda dapat  melaporkannya ke lembaga pengawas tersebut. Berbagai bank, terutama yang sudah memiliki nama besar, tentu saja tidak ingin ambil risiko dihukum karena kasus penipuan . Sebab bisa saja nama mereka jatuh dan tidak dipilih lagi oleh nasabah. Yang biasanya terjadi yaitu oknum-oknum bank yang juga terjun  dalam hal ini . Contohnya sales kartu kredit yang memberikan kartu tanpa melalui prosedur yang ditentukan . Bahkan tanpa ada permohonan terlebih dahulu , tiba-tiba anda akan di kirimi kartu kredit tersebut .

Anda bisa saja menanyakan pengiriman kartu tersebut , namun lebih baik melalui e-mail karena dengan begitu ada bukti jelas tentang percakapan tersebut. Dengan demikian, bila suatu saat terjadi apa-apa yang merugikan, anda dapat mengajukan protes dengan bukti percakapan tersebut. Kartu kredit merupakan suatu alat bantu pembayaran. Tanpa harus membawa sejumlah lembaran uang, anda dapat membeli gadget terbaru hanya dengan modal Credit-card dan bisa juga anda mendapatkan diskon kartu kredit.

Komentar