Tips memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak | Cekkembali
Asuransi /  -

Tips memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak

Maret 21st, 2017 | Posted in Asuransi | |
2017-07-21 04:43

A. Asuransi pendidikan

Setiap orang-tua pastinya menginginkan yg terbaik untuk anak-nya mendapatkan pendidikan yang tinggi dan layak, hal itu merupakan yg wajar karena lewat pendidikan sangat menentukan masa depan anak. Penawaran muncul dari berbagai bank maupun lembaga keuangan non bank yang bergerak asuransi seakan berlomba untuk menawarkan produknya misalkan asuransi prudential, bumi putra, Axa mandiri, asuransi manulife, dan masih banyak lagi tanpa disebutkan satu persatu. Kesemua broker asuransi diatas masing masing menawarkan promo dan tawaran mengatas-namakan asuransi terbaik di indonesia.

Semakin banyak penawaran asuransi tentunya yang paling diuntungkan tidak lain adalah konsumen karena semakin banyak pilih dalam menemukan sesuai dengan keinginan. Biaya pendidikan setiap tahun setingkat SD sampai sampai dengan SMA bisa dikatakan selalu meninggkat antara 10 s/d 15%/thn merupakan salah alasan mengapa anda harus membeli asuransi agar anak anda mendapatkan pendidikan memadai. Berikut alasan mengapa anda harus menyediakan asuransi pendidikan untuk anak anda.

Saat sekarang mungkin anda bisa berkata sanggup memberikan biaya pendidikan anak mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi, namun bagaimana bila sesuatu hal yg tidak diinginkan terjadi misalkan anda di phk dari tempat anda bekerja atau kesehatan anda terganggu sehingga tidak dapat beraktivitas seperti mana biasanya, sementara tabungan pendidakan anak belum tersedia, apakah anda masih bisa berkata sanggup memberikan biaya pendidikan setinggi-tingginya kepada anak ? Dengan begitu anda baru menyadari betapa pentingnya asuransi pendidikan terbaik untuk anak.

B. Tips dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak

asuransi pendidikan

  • Pastikan penyedia layanan asuransi tersebut memiliki reputasi yang tinggi dan terpercaya.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi ada baiknya kenali tentang perusahaan agen asuransi tersebut mulai dari layanan serta keluhan pihak tertanggung kepada agen perusahaan tersebut, Untuk meyakinkan bahwa perusahaan tersebut benar benar bonafit dan baik silahkan cari tahu rekam jejak perusahaan tersebut bila perlu silahkan hub CS penyedia jasa asuransi tersebut. Dengan begitu diharapakan dapat menemukan asuransi terbaik untuk anak dalam hal pendidikan

  • Tarif premi & kemampuan bayar anda

Biasanya dalam menetapkan premi antara agen yang satu dengan agen yang lainnya berbeda-beda. Selain itu perlu anda perhatikan kemampuan dalam membayar premi jangan sampai  diluar  batas kemampuan anda, umumnya 10% dari penghasilan/bln maksimal 25 s/d 30 dari penghasilan selama 1 bln

  • Ketahui tentang fasiliitas &  manfaat yang ditawarkan,

Selain premi anda juga harus memperhatikan fasilitas dan manfaat yang ditawarkan, sebaiknya kumpulkan beberapa tawaran agen asuransi sebagai pembanding guna mendapatkan asuransi terbaik untuk anak anda. Selain adanya jaminan pendidikan terhadap anak umumnya perusahaan asuransi menawarkan fasilitas lain seperti jaminan kesehatan anak

Keutungan yang didapatkan mendapatkan jaminan kesehatan anak yakni anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk perobatan karena akan tercover dengan sendirinya dari pihak asuransi. Tentu tidak semua broker asuransi menawarkan 2 produk seperti ini, untuk itu anda harus mencari sekali-gus membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya. Meskipun beberapa perusahaan memberikan fasilitas tamban seperti jaminan kesehatan anda perlu memastikan prioritas agar tidak mengurangi investasi pendidikan anak yang begitu tinggi sehingga biaya pendidikan anak hingga kejenjang perguruan tinggi tetap terjamin.

  • Mudah, fleksible dan menguntungkan

Mudah dalam artian dari segi kemudahan ketika anda ingin klaim, seperti diketahui asuransi pendidikan merupakan asuransi yang sifatnya jangka panjang tidak seperti menabung pada perbankan yang sewaktu waktu anda dapat menarik uang anda bila diperlukan.

Perubahan sistem kurikulum merupakan hal sering terjadi di negeri ini maklum setiap berganti penguasa biasanya akan diikuti pergantian keputusan tidak terkecuali dalam hal kurikulum pendidikan. Biasanya setiap pergantian kurikulum juga diikuti perubahan buku buku yang digunakan dan biaya pendidikan juga akan merangkak. Hal seperti ini tentu berpengaruh terhadap biaya pendidikan yg telah direncanakan sebelumnya.

Untuk mengatasi hal diatas ada baiknya anda memilih asuransi yg fleksible dan menguntungkan yg sewaktu waktu dapat diklaim untuk biaya pendidikan anank anda.Disisi lain bilamana keuangan anda memungkinkan untuk kemudahan meningkatkan dalam berinvestasi secara bertahap.

Selain tips diatas hal yang menjadi pertimbangan dalam meneyediakan dana pendidikan untuk anak anda perlu memperhatikan berikut ini:

Investasi

Seperti dijelaskan diatas asuransi pendidikan merupakan investasi jangka panjang, untuk itu anda perlu memikirkan besaran dana yg dibutuhkan untuk biaya pendidikan yg hampir setiap tahun mengalami peningkatan untuk itu anda perlu melakukan investasi yg diyakini dapat mendatangkan keuntungan.

Proteksi

Mendapatkan rasa aman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi orang tua terhadap anaknya termasuk dalam perliindungan pendidikan anak-anak bilamana sewaktu waktu anda tidak mengalami kecelakaan yang menyebabkan cacat tetap bahkan meninggal dunia.

C. Pilihan Asuransi untuk Pendidikan Anak

a. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link sering dikaitkan dengan investasi, uniknya produk ini memberikan dua manfaat sekali-gus misalkan asuransi kesehatan dan asuransi pendidkan. Tidak heran asuransi unit link cukup banyak diminati. Premi yg dibayarkan akan dikelola manajer asuransi sebagai investasi (reksadana, selanjutnya pemegang polis akan mendapat keuntungan dana investasi tersebut. Keuntungan yg didapatkan bergantung kepada harga saham dan pasar uang.Jenis asuransi ini pas untuk anda yg ingin memiliki investasi juga proteksi bagi stastusnya masih bekerja dan ingin memiliki tabungan dimasa yang akan datang. Berikut yang harus anda ketahui ketika ingin memiliki asuransi unit link.

  • Biaya asuransi setiap tahunnya mengalami perubahan, umumnya perusahaan asuransi tidak akan memberitahu dlm proposal unit link tersebut akan tetapi yang ditunjukkkan hanya besaran biaya asurani tahun pertama saja. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya potongan melalui unit link yg anda miliki pertahunnya.Biasanya biaya pengelolaan investasi manejer investasi sebesar 0,5-0,75% dari dana yg dikelola. 
  • Pemotongan biaya asuransi tergantung pada kinerja broker asuransi yg anda pilih di awal. Hal ini menyebabkan return investasi yg anda harapkan menjadi tidak menentu, akan tetapi biaya potongan asuransi pertahunnya sudah pasti. Bilamana kinerja investasi anjlok bisa saja membuat anda dilema karena pemegang poliis diharuskan menambah dana sebab biaya potongan investasi tidak cukup, bilamana anda tidak membayarkan maka anda masuk dalam kategori lapse alias tidak aktif dan secara otomatis yg anda proleh akan berhenti juga.
  • Setiap tambahan asuransi akan dikenakan biaya asuransi, yg mana biaya ini akan mengurangi porsi investasi dgn memotong dana pendidikan.

b. Asuransi Term Life dan Reksa Dana

Dlm asuransi jenis ini akan dipisakan manfaat proteksi  & investasi, proteksi didapatkan dgn memebeli jenis asuransi Term Life (asuransi umum). sedangkan untuk investasi anda bisa menempatkan dana anda dlm bentuk reksadana. Anda akan diwajibkan untuk mampu mengurus investasi reksadana secara mandiri. Bila anda belum paham tata cara dalam pengelolaan reksadana anda bisa mempelajari tata yg digunakan dlm investasi reksadana

Berikut manfaat yang anda dapatkan melalui asuransi ini

  • Return/hasil investasi yg anda dapatkan lebih tinggi karena pomotongan lebih kecil bila dibandingkan asuransi untuk link.
  • Anda diberikan kemudahan dalam memilih manejer investasi kerena jenis investasi ini tidak terikat pd satu jenis perusahaan saja
  • asurasni term life merupakan perusahaan asuransi yg memberikan pertanggung yg paling tinggi sementara dari segi premi yg dibayarkan cukup rendah, untuk anda yg ingin berasuransi, asuransi term life cocok dugunakan untuk asuransi pendidikan anak.
  • Dari kemudahan, Bila anda berminat memiliki jenis asuransi ini dapat diperoleh secara online maupun agen reksadana mupun mendatangi perursahaan penerbit.

c. Tabungan pendidikan

Selain jenis asuransi pendidikan diatas anda juga dapat menyediakan dana pendidikan anak malalui tabungan pendidikan yg banyak diterbitkan bank. Untuk ulasan tentang tabungan pendidikan dibahas secara sendiri dibahasan berikutnya.

 

 

credit:  http://www.kanal.web.id/2015/10/pengertian-asuransi-unit-link.htm

    https://www.cermati.com/artikel/memilih-asuransi-pendidikan-yang-tepat-untuk-anak-anda

Komentar