Asuransi Kesehatan & perjalanan | Percayakan kpd Futuready

Membeli asuransi merupakan langkah tepat dan bijak, anda bisa membandingkan agen asuransi yg satu dengan yang lainnya untuk mencari asuransi yang terbaik sesuai dengan budget yang kumiliki. Futureadi merupakan supermarket asuransi mulai dari asuransi mobil (all risk & Total Lost Only/TLO), asuransi kesehatan (perobatan/perawatan dirumah sakit & rawat jalan) dan asuransi perjalanan.

Merupakan suatu kekeliruan besar bila anda mengatakan asuransi itu tidak penting, bahkan bisa dikatakan asuransi tidak kalah penting untuk dimiliki bila dibandingkan dengan produk keuangan lainnya seperti investasi, dana pensiun maupun jenis jaminan kesehatan lainnya.

Memiliki asuransi merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi kerugian yang besar datangnya secara tiba-tiba dan tidak terduga. Kemungkinan kerugian dapat diantisipasi bila pemicu dari terjadinya kerugian tersebut dapat deketahui, sementara ada bebearapa jenis kerugian yang tidak dapat diantasipasi sendiri dan kemungkinan terjadi-pun tidak dapat diprediksi. Meski kita tidak memprediksi kapan datangnya kerugian tersebut, kita dapat mengalihkan kepada perusahaan asuransi terbaik. Di indonesia sendiri cukup banyak perusahaan asuransi yang memiliki layanan terbaik mulai dari axa, manulife, anz, allianz, futuready dan lain sebagainya.

Futuready Supermarket Asuransi

Mendengar kata supermarket tentu yang terpikir dalam pikiran kita sebuah pasar yang menawarrkan segala kebutuhan didalamnya ada. Begitu juga dengan futurreadi supermarket asuransi memberikan layanan asuransi cukup lengkap. Secara garis besar Produk asuransi yang ditawarkan  futuready ada 4 yakni asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil. Untuk lebih jelasnya tentang produknya yang ditarwarkan perusahaan ini berikut akan diulas satu persatu.

ASURANSI MOBIL-FUTUREADY

Tingginya tingkat kecelakaan dijalan setiap tahunnya menjadi pertimbangan untuk anda membeli produk asurasi ini. Menurut dara yang dilansir dari WHO (World Health Organization) organisasi yang membedangi bagian kesehatan ditahun 2015 lebih dari 3400 orang meninggal dunia dan jutaan orang mengalami luka-luka hingga mengalami cacat permanen.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs resmi futuready, perusahaan ini lebih memfokuskan perlindungan kecelakaan diri pada saat berkendara daripada kerugian lain seperti kehilangan maupun kerusakan kendaraan. Adapun yang dapat di claim pada perusahaan ini mulai dari kecelakaan yang menyebabkan kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perobatan, atau perobatan secara langsung yg diakibatkan suatu kejadian.

  • Hak atas Santunan

Jaminan cacat tetap (Jaminan A)

Jenis jaminan ini dapat diclaim bilamana pemegang polis asuransi mobil meninggal dunia akibat suatu kecelakaan yg dijamin dalam polis asuransi tersebut dan kematian harus terjadi dalam batas waktu tunggu yg telah ditetapkan dalam isi perjanjian asuransi tersebut. Misalkan si A mengalami kecelakaan hingga menyebabkan meninggal dunia, atas kejadian ini pihak keluarga mengajukan klaim santunan atas kematian tersebut. Dalam hal ini pihak keluarga harus menunggu waktu yang ditentukan dalam polis, Intinya tidak dapat diajukan santunan dalam waktu cepat, harus menunggu sesuai dengan perjanjian yang termuat dalam polis asuransi tersebut.

Jaminan cacat tetap (Jaminan B)

1.  Cacat tetap secara keseluruhan

 Adapun yang dimaksud dengan cacat tetap secara keseluruhan ialah sebagai akibat dari kecelakan yang dijamin dalam polis asuransi. yang diklaim jaminan cacat permanen ialah sebagai berikut- Asuransi perjalanan

  • Kehilangan penglihatan pada kedua belah mata
  • Kehilangan atau tidak berfungsi pada kedua lengan tangan
  • Kehilangan atau tidak berfungsi pada tungkai kaki
  • kehilangan atau tidak berfungsi pada penglihatan pada satu mata & satu lengan, Penglihatan satu maya & satu tungkai dan satu lengan.

2. Cacat Tetap Sebagian (jaminan B)

Adapun yang dikatakan dengan cacat tetap sebagian ialah berupa kehilangan atau tidak berfungsi dari sebagian anggota tubuh si pemegang polis. Claim ini didapatkan setelah dokter memeriksa dan mengeluarkan hasilnya cacat tetap terjadi pada si pemegang polis.

Bilamana pihak tertanggung telah menerima santunan ini (cacat tetap), selanjutnya atas kejadian yg sama pihak tertanggung meninggal dunia maka hak utk santunan akan diberikan setelah dikurangi dengan jumlah santunan cacat tetap yang telah dibayarkan lebih dulu. Bilamana biaya santunan cacat tetap yang diberikan lebih nilainya lebih besar daripada santunan kematian maka pihak tertanggung tidak berhak lagi untuk mendapatkan santunan kematian.

3. Biaya perawatan/pengobatan (jaminan C)

Jenis klaim ini diperuntukkan pagi pihak tertanggung yang telah melakukan pembaran ataas biaya perobatan atau dalam pemulihsan kesehatan akibat terjadinya suatu kecelakaan sesuai dengan isi perjanjian polis. Umumnya biaya atas penggantian yang akan dibayarkan sesuai yang telah dibayar pihak tertanggung akan terapi tidak melebih biaya yang pergantian sesuai dengan isi polis asuransi tersebut.

Apa saja yang dapat dipertanggungkan/yang tidak dijamin

Biasanya ada beberapa yang tidak didapat dipertanggungkan ketika kecelakaan perjalanan maupun yang lainnya, untuk lebih jelasnya berikut beberapa yang tidak dapat dipertanggungkan dlm asuransi perjalanan maupun kecelakaan.

1. Kecelakaan yang tidak dapat dipertanggungkan

  • Dalam perjalanan lintas utama dilakukan secara tidak resmi. Penumpang pesawat udara yang tidak memiliki tiket resmi bila terjadi suatu kecelakaan tentunya tidak dapat santunan maupun pertanggungan dari pihak asuransi.
  • Bertinju, gulat dan yg berhungan dengan olahraga berlari, rugby, hockey, dan semua jenis olahraga yang dilakukan diatas salju,  mendaki gunung memasuki goa atau lubang lubang, berburu binatang, berlayar seorang diri,
  • Dengan sengaja atau turut melakukan dalam kejaharan tindak pidana.
  • Tidak mengindahkan atau melanggar peraturan perundang-udangan yang berlaku.
  • Mengidap penyakit burut (herrnia), ayan (epilepsy) maupun sengatan matahari,
  • Terjangkit penyakit yang berasal dari virus atau kuman dlm arti luas yang dapat menyebabkan timbulnya demam (hayfever), typhus, paratyphus, disentri, peracunan dalam makanan (botulism) dll
  • Mengalami atau bertambah parah penyakit gula akibat kecelakaan berkendara yang tdk baik, pembengkakan pembulu darah, buta sebelah mata akibat tertimpa kecelakaan.

2. Yang tidak dapat dipertanggungkan dalam polis asuransi mobil/kecelakaan

 Pihak tertanggung menjalani masa tugas milihter maupun kepolisian yang berhubungan langsung maupun yang diperbantukan untuk hal tersebut

  Baik secara langsung maupun tidak langsung karena telah melakukan seperti berikut:

  1. Perang maupun yang dapat dipersamakan dengan hal perang, kerusukan, penghalangan kerja, pemogokan,huru hara, perbuatan jahat, pengambilalihan kekuasaan, pembangkitan rakya, sabotasi, terorisme maupun tindakan kekerasan lainnya yang masih berrhugugan dengan tindakan tindakan diatas.
  2. Pihak tertang berada dalam keadaan ditahan atau  berada ditempat pengasingan karena didpertasi yang dilakukan secara tidak sah maupun secara resmi dari suatu pemerintah maupun instasi kepolisian, militer.kehakiman dll.
  3. Baik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung karena adanya reaksi inti atom maupun nuklir.

3.  Demikian juga sebaliknya pihak penanggung tidak wajib untuk memberikan santunan bilamana seperti berikut

  1. Biaya yang dikeluarkan utk mencegah maupun mengurangi kerugian, lain halnya bilamana disetujui pihak penanggung
  2. Kecelakaan yang terjadi akibat disengaja, direncanakan, dikehendaki pihak tertanggung maupun pihak yang berhak menerima santunan kecuali
  • Pihak tertanggung sedang menjalankan tugas trmsuk dlm hal pekerjaan, sesuai dengan isi perjanjian polis
  • dikarenakan pihak tertanggung mencoba untuk menyelamatkan diri baik serangan yang berasal dari orang lain, hewan, barang atau mempertahankan dirinya dilakukan secara sah dengan tidak mengurangi yang terdapat pada ayat 2 diatas.

4.  Pengobatan maupun jenis tunjangan yang timbul sbg akibat lgsung maupun tidak languang inveksi virus HIV maupun varian virus HIV, kehilangan daya ingat, AIDS maupun varians sejenis AIDS.

Yang dapat diasuransikan

  • Perorangan / pribadi
  • Perusahaan
  • Group / kelompok

Kewajiban Pemegang asuransi mobil / kecelakaan bilamana terjadi kecelakaan

 Pihak tertanggung wajib mengmbil langkah guna mendpt pertolongan utk pengobatan serta perawatan yang dibutuhkan atas luka yg diperiksa dokter.

Pihak tertanggung maupun dari keluarga tertanggung wajib memberitahukan kpd pihak tertanggung paling lama 5 hr terhitung sejak terjadinya kecelakaan.

Bilamana terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian maka pihak keluarga tertanggung wajib sebagai berikut:

  • Membuat laporan/surat kematian dari lurah setempat
  • Meminta surat keterangan pemeriksaan terhadap jenazah (visum et repertum kpd dokter maupun pihak rumah sakit)
  • Memberikan kesempatan kpd pihak penanggung utk memeriksah jenazah sebelum dilakukan pemakaman maupun pembakaran mayat.

Proses dan tata cara Claim bila terjadi kecelakaan

Asuransi perjalanan – Pada bagian ini merupakan paling banyak dikeluhkan pihak tertanggung dalam proses claim, urusan rumit dan berbelit-belit merupakan alasan klasik yang dirasakan masyarakat sulitnya pengajuan claim sebagaimana asuransi mobil maupun asuransi kesehatan yang ditawarkan pemerintah/bpjs. Sebenarnya bila kita memahami semua isi polis maupun proses yang dilalui tidak begitu sulit yang penting kita mengerti terlebih dahulu alur yang harus dilakukan. Untuk perhatikan dibawah proses claim di futuready bila terjadi kecelakaan.

  • Mengajukan sekaligus mengisi form claim dan lampirkan kronoligis kecelakaannya
  • Sertakan Surat ketarangan para saksi serta bukti pendukung lainnya
  • Polis asli/foto copy
  • FC KTP
  • Surat keterangan pemerikasaan dr dokter bilamana melakukan perawaratan maupun pengobatan
  • Bilaman  pihak tertanggung meninggal melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan jenazah  (visum et repertum)
  • FC surat ketarangan tertanggung meninggal dunia dari kelurahan setempat.

 

ASURANSI KESEHATAN FUTUREADY

Seperti perusahaan jasa asuransi kesehatan lainnya semua mengclaim mereka yang terbaik tidak terkecuali futuready, salah satu alasan mereka mengclaim bahwa futuready terdaptar dan di awasi otoritas jasa keuangan/ojk, selain anda secara umum keuntungan memiliki asuransi kesehatan futuready sebagai berukut

  • Proses claim yang mudah karena akan dibantu piihak futureadi saat pengajuan claim
  • Aman dan terpercaya, seperti diatas futuready merupakan perusahaan resmi yang terdaftar dan diawasi ojk
  • Kapan saja & dimana saja
  • Premi asuransi cukup bervariasi mulai kurang dari 1 juta hingga lebih dari 5 juta, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Jenis asuransi kesehatan

Berdasarkan jenis perawatan

Secara umum jenis asuransi ini dapat digolongkan menjadi 2 yakni rawat inap dan rawat jalan untuk penjelasannya sebagai berikut

  • Rawat inap/in-patient treatment: Adapun fasilitas yang didapatkan disini ialah biaya rumah sakit,biaya melahirkan, biaya laboratorium dan biaya darurat. Sementara untuk perawatan mulai dari pencegahan perawatan gigi dasar/gig kompleks maupun pemasangan untuk gigi palsu. Semua fasilitas kesehatan ini bisa anda dapatkan selama kondisi kesehatan anda menurun, sementara untuk biaya dan ruangan yang anda dapatkan tergantung pada premi yang anda bayarkan.
  • Rawat jalan/out-patient treatment: Mencakup biaya konsultasi pada dokter maupun maupun dokter spesialis, obat menggunakan resep, biaya untuk tindakan pencegahan dini, serta biaya alat bantu lainnya yang direkomendasikan dokter.

 Berdasarkan pengelolaan dana

Dari segi pengelolaan jenis asuransi ini dibedakan menjadi dua yakni pihak swasta dan pemerintah

– Berdasarkan Keikutsertaan Anggota

Dari segi keanggotaan dapat dibedakan menjadi dua yakni berdasarkan kewajiban dan atas dasar kesukarelaan.

– Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Dari segi tertanggung dapat dibedakan menjadi dua yakni individu dan kelompok

– Berdasarkan Penggantian/claim

Membeli asuransi kesehatan hendaknya mengetahui tingkat kemapuan bayar serta tingkat kebutuhan anda jangan sampai mengabaikan hal tersebut. Secara umum proses claim dapat dibedakan menjadi 3 yakni  klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, cashless, dan santunan.

– Sistem Reimbursement

Adapun yang dimaksud dengan sistem reimbursement ialah pihak tertanggung/pemegang polis harus membayar terlebih dahalu semua biaya yang dikeluarkan selama masa perawatan atau perobatan selanjutkan anda menagih biaya pegganti kepada perusahaan tempat anda membeli asuransi tersebut sesuai dengan batas claim yang ada pada perjanjian.

Manfaat yang diperoleh

Setelah diatas membicarakan mengenai kewajiban seorang tertangung sekarang pihak tertanggung akan memperoleh manfaat dari investasi atas premi yang dibayarkan. Secara umum manfaat yang diperoleh sebagai berikut

  • Manfaat Rawat Inap
  • Manfaat Rawat Jalan
  • Manfaat Persalinan
  • Manfaat Penggantian Kacamata
  • Manfaat Perawatan Gigi

Ada beberapa resiko kesehatan yang tidak dapat ditanggung pihak perusahaan yang meliputi sebagai berikut:

  • Penyakit Kritis
  • HIV/ AIDS
  • Penyakit Bawaan

Tips dalam memilih asuransi kesehatan yang paling baik:

  • Cari tahu informasi/rekan jejak perusahaan asuransi tersebut
  • Bandingkan nilai pertanggungan dengan premi yang dibayarkan
  • Ketahui hal hal yang tidak dapat dipertanggungkan
  • Ketahui manfaat dan fasilitas apa saja yang ditawarkan perushaan.
  • Rekanan atau perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan pihak rumah sakit
  • Dari segi kemudahan dalam proses claim

ASURANSI PERJALANAN – FUTUREADY

Untuk anda yang sering atau gemar bepergian baik didalam maupun luar negeri, untuk berjaga jaga hal yang tidak di inginkan hendaknya memiliki asuransi perjalanan. Sebenarya  Setiap kali anda bepergian khusunya jarak jauh ada beberapa perusahaan memberikan asuransi dari tiket yang anda bayarkan, misalkan ketika berangkat menggunakan pesawat, tentu harga tiket yang anda bayarkan biasanya sudah termasuk asuransi bila pesawat tersebut terjadi kecelakaan. Namun ada sebagian harga tiket belum termasuk dalam asuransi perjalanan. 

asuransi kesehatan

Sumber:futuready.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *