Seputar pendidikan /  -

20 Cara Berbicara di Depan Umum | agar Lancar | tidak grogi

Februari 2nd, 2017 | Posted in Seputar pendidikan | |
2017-03-30 10:41
sample ads for wordpress theme

Meski setiap hari kita berbicara, tapi rasanya sulit jika berbicara secara resmi dihadapan orang banyak. Cara berbicara di depan umum dengan lancar, sebaiknya belajar cara bicara di depan umum. Anda harus mengetahui apa saja yang perlu disiapkan saat menghadapi orang banyak. Sehingga Anda bisa yakin saat berbicara dan tanpa rasa gugup atau gemetaran.

Selain keberanian untuk berbicara, Anda harus mengetahui cara agar komunikasi Anda dengan pendengar berhasil. Berhasil dalam artian, apa yang Anda sampaikan bisa diterima dengan baik oleh para pendengar dan audience mengerti perkataan Anda itu. Jika Anda mau belajar, pasti semuanya terasa lebih mudah dan gerogi bisa diatasi. Simak yuk ulasannya cara agar bisa publik speaking dengan baik.

Inilah cara berbicara di depan umum

Berikut ini beberapa cara yang haris Anda terapkan saat berbicara didepan khalayak ramai :

*Jadilah spontan dalam berbicara

cara  berbicara di depan umum agar lancar adalah Janganlah berusaha menghafal semua konsep yang kamu buat untuk dibicarakan. Tapi, berbicaralah apa adanya dan keluarkan kata-kata yang spontan dan santai. Jika kamu berbicara dengan menghapal, maka gaya bahasa kamu akan menjadi kaku. Tidak ada kedekatan secara personal yang terjalin antara Anda dengan pendengan. Terlebih lagi, saat Anda melupakan satu kata. Semuanya, tentu akan terasa sulit dan apa yang sudah ada di benak Anda menjadi hilang.

*Buatlah konsep materi yang akan disampaikan

Sebelum berbicara di depan banyak orang, tulislah materi pembicaraan dalam bentuk poin-poin. Selanjutnya, jelaskanlah secara alami sesuai apa yang ada di dalam pikiran Anda saat itu. Sehingga, Anda tidak akan melewatkan satupun apa yang ingin disampaikan.

*Melakukan interaksi dengan pendengar atau audience

Kunci agar bisa bicara di depan umum dengan baik adalah berinteraksi dengan pendengar. Mendapatkan feedback audience itu sangat penting dalam berkomunikasi. Dengan begitu, suasana menjadi hidup dan komunikasi terjalin lancar tanpa gugup. Dari umpan bali pendengar, Anda bisa mengukur seberapa tinggi tingkat humor yang dapat diterima oleh pendengar.

*Sisipkan sedikit humor

Agar suasana menjadi santai dan kekeluargaan, sisipkan humor di sela-sela pembicaraan yang Anda sampaikan. Menurut motivator dunia, Anthony Robbins humor merupakan pelumas yang bisa membantu menyampaikan informasi dengan lembut dan jelas kepada audience. Jadi, sangat penting Anda membuat pendengar tertawa dan senang terhadap apa yang Anda bicarakan.

*Kuasailah materi

Menguasai semua materi yang disampaikan adalah cara bicara di depan umum agar lancar. Penguasaan materi ini bertujuan untuk melahirkan improvisasi. Terutama, jika durasi bicara Anda masih panjang sedangkan materinya sudah habis.

*Time management

Setelah menguasai materi, selanjutnya atur waktu atau durasi yang diberikan kepada Anda. Perkirakan time management secara tepat, sehingga agar Anda lebih mudah dalam menyusun materi yang disampaikan dan tepat waktu.

*Manfaatkan kekuatan cerita

Berceritalah sewaktu Anda diminta berpidato di depan orang banyak. Jangan meremehkan kekuatan cerita, sebuah pengalaman asli adalah media penghubung atau senjata paling ampuh untuk meyakinkan pendengar. Informasi yang Anda sampaikan dalam bentuk cerita akan mudah larut dan akhirnya membuat audience percaya dan tertarik mengikuti pembicaraan Anda hingga akhir.

*Bangun kredibilitas

Terdapat berbagai cara untuk membangun kredibilitas diri, seperti gaya bahasa yang lugas. Cara termudahnya adalah dengan menyiapkan fakta yang berupa statistik data untuk mendukung pernyataan yang Anda sampaikan. Kredibilitas nantinya bisa meningkatkan kepercayaan pendengar kepada Anda dan informasi yang Anda sampaikan.

*Campurkan antara cerita, humor dengan pesan yang disampaikan

Buatlah pembicaraan Anda nampak menarik dan membuat orang larut di dalamnya. Campurkannya materi yang Anda sampaikan dengan cerita dan sedikit humor. Maka, itu akan menjadi pembicaraan yang membujuk pendengar sekaligus menghibur. Sehingga, mereka bisa menangkap informasi dengan baik dan cepat.

*Berbicara dengan kata yang jelas

Usahkanlah setiap perkataan yang muncul dari mulut Anda terdengan jelas di telinga pendengar, karena itu merupakan cara bicara di depan umum yang tepat. Jika jelas, semua informasi akan sampai dan bisa diterima oleh pendengar dengan baik. Mereka tidak lagi penasaran dan bingung dengan isi informasi yang Anda sampaikan. Bersyukurlah hidup di negara Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia, dimana penulisan kata sama dengan pengucapannya.

*Gunakan intonasi yang berbeda

Jangan hanya menggunakan satu intonasi saja selama berbicara di depan umum. Sebab, pembicaraan akan terdengan membosankan karena datar saja. Apabila ada informasi yang penting, berikan intonasi yang tinggi tapi lembut. Namun, jangan seperti membentak ya!!

*Lakukan kontak mata

Salah satu yang terpenting dalam komunikasi adalah kontak mata. Dengan adanya kontak mata antara Anda dengan pendengar maka, membuat pendengar terasa spesial dan diperhatikan. Mereka akan lebih senang karena perhatiannya tidak bertepuk sebelah tangan.

*Pakailah bahasa tubuh yang baik

Beberapa diantara pembicara tidak menggunakan tangannya ketika menyampaikan informasi dihadapan publik. Mereka hanya sekedar berbicara saja, padahal gerakan atau bahasa tubuh bisa memberikan penegasan terhadap informasi yang disampaikan. Mulailah mempraktikkan diri di depan cermin dan berposelah sembari memainkan tangan Anda. Buatlah gaya khas yang hanya dimiliki oleh Anda. Jadi, pendengar tahu identitas Anda.

*Jangan ragu untuk ambil napas sejenak

Tak apalah sesekali mengambil napas untuk mengistirahatkan mulut dan pikiran. Napas akan membuat Anda lebih santai dan lega.

*Hindari kata eh atau ehm

Cara berbicara di depan umum berikutnya adalah menghindari kata ehm atau eh. Usahakan untuk menutup mulut Anda ketika ingin mengucapkan kata-kata itu. Atau ganti saja dengan mengambil napas dan memikirkan informasi apa lagi yang ingin disampaikan.

*Tampilan dengan menarik

Siapkan penampilan Anda dengan sebaik mungkin, berdirilah tegak dan sejajar. Jangan minder atau ragu melakah ke podium. Buatlah dirimu semenarik mungkin untuk dilihat oleh banyak orang.

cara berbicara di depan umum

*Percaya diri

Satu hal yang tak kalah pentingnya dan sebagai cara bicara di depan umum yang efektif adalah pelihara sikap percaya diri. Berjalanlah dengan penuh keyakinan, tersenyum, angkat kepala ke depan dan busungkan dada merupakan langkah untuk menunjukkan sikap percaya diri.

*Buang semua tekanan yang ada

Mungkin sebelum kamu tampil, rasa gugup dan minder akan menghinggapi dirimu. Hal ini memang normal, bahkan pembicara profesional yang sudah mempunyai jam terbang tinggi pun bisa seperti itu. Tapi, segeralah kuasai diri Anda dan ubah mindset Anda. Tanamkan pada benak Anda, kalau Anda membawa informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pendengar.

*Persiapan

Selain penampilan, siapkanlah segala kebutuhan yang mendukung pembicaraan Anda. Mulai dari poin-poin penting, air mineral hingga sapu tangan untuk membersihkan keringat. Periksa sebelum naik ke podium.

*Teruslah berlatih

Tips bicara di depan umum yang terakhir untuk menjadi pembicara terbaik adalah dengan terus berlatih. Seringlah berbicara setiap ada kesempatan. Seiring berjalannya waktu dan latihan serta belajar dari kesalahan dapat membuat Anda menemukan cara yang tepat.

Demikianlah 20 cara berbicara di depan umum yang bisa menjadi petunjuk bagi Anda saat menjadi publik speaking.

 

Komentar