Ketahui bahaya merokok serta cara berhenti merokok cepat | alami
Tips dan Cara /  -

Ketahui bahaya merokok serta cara berhenti merokok cepat | alami

Januari 9th, 2017 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-07-21 04:30

Cek kembali – Merokok dapat merugikan kesehatan, serangan jantung, kanker, inpotensi, gangguan kehamilan dan janin jadi. Mungkin imbauan tersebut sudah tidak asing lagi bagi anda perokok aktif. Berbagai himbauan yang dikeluarkan pemerintah dampak yang diakibatkan atas rokok tersebut, bahkan yang terakhir peringatan keras yang dikeluarkan pemerintah atas bahaya merok yakni merokok membunuhmuMaka dari itu kembali saya menulis bahaya yang ditimbulkan rokok dan cara berhenti merokok

Himbauan keras sampai menaikkan harga yang tinggi tidak membuat pecandu rokok untuk berhenti merokok. Dampak negative yang ditimbulkan rokok cukup banyak baik sebagai pemakai maupun bagi negara. Sadar atau tidak anda telah membakar uang dalam jumlah yang banyak, misalkan anda menghabiskan dalam 1 hari satu bungkus dengan harga 20.000 artinya selama satu tahun anda telah membakar uang senilai 7.300.000, yang lebih miris lagi jumlah perokok aktive lebih didominasi kalangan ekonomi menengah kebawah.

Sedangkan kerugian bagi negara, menurut Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Soewarta Kosen, kerugian total yang ditimbulkan rokok mencapai  Rp 378,75 triliun. Dari jumlah kerugian tersebut 3 x lebih besar dari pada pemasukan (cukai) yang diperoleh.

♥ Bahaya Merokok

Selain dampak kerugian materil, kandungan yang terdapat dalam rokok terdapat lebih dari 4000 bahan kimia, ratusan zat beracun dan 70 bahan yang terkadung didalamnya bersifat kanker yang siap menggerogoti tubuh anda. Berikut dampak buruk pada tubuh akibat merokok.

  • Otak

Otak merupakan hal yang paling penting dimiliki manusia. Pecandu rokok dapat meningkatkan 50% kerusakan otak hingga kematian. Selain itu merokok juga dapat menyebabkan aneurisma otak (Pembengkakan pembuluh darah akibat dari melemahnya dinding pembuluh darah, yng mana sewaktu-waktu dapat menjadi pecah menyebabkan pendaraan otak).

  • Mulut & Tenggorokan

Sadar atau tidak efek samping yang ditimbulkan rokok dapat menimbulkan bau mutut yang tidak sedap, selain itu dapat juga merusak gusi anda serta merusak indra perasa. Selain itu yang tidak kalau penting resiko dari merokok dapat meningkatkan kanker pd lidah, tenggorakan, bibir serta pita suara.

  • Paru-paru

Saya yakin anda sudah mengerti hal ini akan tetapi kamu selama tetap mengabaikannya. Kandungan kimia yang terdapat pada rokok dapat merusak sel paru-paru anda yang membentuk sel kanker. Selain itu dapat juga mengakibatkan bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

  • Lambung

Rokok juga dapat menyebabkan otot yg bergfungsi mengontrol pd bagian bawah kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan asam yg dari lambung bergerak ke arah yg salah, yakni ke-kerokongan. Hal seperti ini biasa disebut dengan penyakit asam lambung. Selain itu anda juga berpotensi terkena penyakit ulkus atau tukak dan kanker lambung.

  • Tulang

Mungkin km tidak pernah menyadari bahwa rokok dapat merusak tulang anda. Bahaya rokok dapat merusak tulang dengan cr menghentikan sel-sel kontruksi. Hal ini memungkinkan perokok aktive berpotensi tinggi perapuhan tulang/osteoporosis.

  • Kulit

Secara tidak sadar, perokok aktive akan terlihat lebih tua bila dibandingkan terhadap orang yang tidak merokok sama sekali. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan oksigan pada kulit. Penuan terlihat kusamnya pada kulit, timbulnya kredit sekitar mata & mulut.

  • Organ Reproduksi

Hal ini berlaku untuk semua, baik lelaku maupun perempuan. Untuk lelaki, dengan merokok dapat menyebabkan inpotensi, berkurangnya produksi sperma sampai dengan kanker testis. Sedangkan bahaya untuk perempuan dapat mengurangi tingkat kesuburan, kanker serviks.

Cara Berhenti Merokok

Diatas telah dibahas tentang bahaya rokok, setelah membaca sebaiknya km berhenti secara perlahan dan pasti. Berhenti dari kebiasaan rutinitas memang bukanlah perkara mudah terlebih berhenti merokok. Namun klw bukan kita yg mencoba berhenti sampai kapan kita akan terus merokok sedangkan bahaya yang ditimbulkan rokok tersebut kt sudah mengerti.

cara berhenti merokok

  • Tekadkan Niat anda

Ketergantungan dan godaan lingkungan adalah faktor terbesar susahnya terlepas dari rokok. Bisa jadi anda telah berniat berhenti merokok namun ketika bergabung dengan teman-teman, anda mungkin tidak cukup kuat terhadap godaan untuk merokok lagi, sekali lagi ucapkan dalam hati anda aku ingin berhenti merokok dan hiraukan semua godaan yang ada.

  • Hindari kebiasaan yang memicu anda kembali merokok

kopi tanpa rokok biasanya akan hambar/ terasa kurang lengkap, begitu juga ketika anda meminum-minuman keras sepertinya anda tidak akan bisa berhenti bila mengkonsumsi semua jenis minuman diatas yang memungkinkan anda ingin kembali merokok.

  • Terus berusaha

Sekali mencoba untuk berhenti saya yakin anda masih gagal terlebih anda adalah seorang pecandu rokok. Sampai saat sekarang saya belum menemukan obat/cara berhenti merokok secara tiba-tiba melainkan perlahan dan terus mencoba. Bila gagal terus mencoba dan coba lagi.

  • Kelola stresssssssssssss

Begitu anda meresa stres, tertekan dan lain sebagainya biasanya bawaannya banyak berpikir sambil merokok. Dari pada berlarut dalam pikiran yang bisa memicu untuk terus merokok lakukan kegiatan lain seperti mendengarkan music, pijat maupun yoga. Yang tidak kalah penting hindari penyebab terjadinya stres. Dipembahasan selanjutnya akan dibahas cara mengatasi sekaligus menghilangkan stres.

  • Lakukan kegiatan yang bisa membuat anda hilang dari rasa ingin merokok

Banyak cara yang dapat menyibukkan diri anda agar lupa terhadap rokok misalnya olahraga, membersihkan rumah maupun sekitar pekarangan rumah. Selain anda lupa untuk merokok hal tersebut sangat bermanfaat baik dari segi kebersihan rumah terlebih untuk kesehatan diri anda.

  • Pikirkan kembali untuk rugi yang diperoleh

Mungkin dengan rokok sebatang akan terasa lebih nikmat terlebih setelah makan, namun pikirkan kembali sampai kapan kamu terlepas dari rokok, dampak kerugian yang ditimbulkan baik materi, dari segi kesehatan kamu maupun terhadap orang disekitar kamu.

  • Libatkan orang terdekat

Beritahu kepada org terdekat kamu seperti keluarga maupun teman pergaulan bahwa kamu sedang proses berhenti merokok, hal ini berrguna agar mereka tidak menawarkan rokok lagi kepd km.

  • Akupunktur

Akupuntur salah tekhnik memasukkan atau memanupulasi  jarum ke dalam “titik akupunktur. Akupunktur juga dapat diterapkan untuk berhenti dari rokok dengan cara memasukkannya kebagian telinga.

  • Hipnosis

Salah satu kegiatan untuk memfocuskan diri dlm keadaan rileks untuk mengubah suatu prilaku. Ada sebagian yang berpendapat hal ini kurang dirasakan manfaatnya dalam upaya berhenti dari rokok, akan tetapi tidak sedikit yang berpendapat proses Hipnosis sangat berdampak positive sebagai cara berhenti merokok.

  • Terapkan pola makanan yang sehat

Sebaiknya hindari kegiatan diet saat anda ingin mencoba berhenti merokok. Focuskan diri anda untuk lebih banyak mengkonsumsi buah maupun sayuran. Semoga dengan kedua makanan tersebut membuat anda lupa terhadap rokok.

♥ Makanan Alternatif Sebagai Pengganti merokok

Cara berhenti merokok dapat juga dilakukan dengan berbagai makan/minuman yang bisa membuat anda lupa terhadap rokok.

  •  Susu Maupun produk olahan susu

Dengan menkonmsi susu diyakini dapat memudarkan rasa pada rokok, sehingga kenikmatan yang terdapat pada rokok akan terasa berkurang bahkan hilang.

  • Jus jeruk

Bila anda kurang menyukan susu maupun produk olahan susu, anda bisa mencoba dengan minuman alternative lain seperti jus jeruk. Kandungan yang terdapat dalam jus tersebut diyakini dapat mengurangi ketergantungan anda terhadap nikotin

  • Permen Karet

Mengunyah permen karet merupakan cara klasik yang digunakan sebagai pengganti rokok. Selain itu mengunya perment karet diyakini dapat membuat mulut terasa segar.

  • Buah-buahan

Bila tidak suka mengunyah perment karet karena dianggap dapat merusak kesehatan gigi,  bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah, khususnya yang mengandung manis karena dpt menghilangkan rasa asam ketika anda ingin merokok

  • Sayuran

Ada banyak jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk mengikis/menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin Seperti seledri, brokoli dan lain sebagainya.

  • Ginseng

Gingseng merupakan salah satu minuman melepaskan nikotiin yg diinduksi dr dopamin neurotransmitter

Itu kira kira yang bisa kami sampaikan seputar cara berhenti merokok serta bahaya yang ditimbulkan, bila ada yang kurang bisa menambahkannya pada kolom komentar.

Komentar