Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Benar

Penghasilan sebagai pekerja sebesar apapun yang didapat tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan, jika tak dihentikan kata puas.

Di sisi lain peningkatan biaya hidup kian tak terbendung. Bila tak pintar-pintar mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa utang yang menumpuk.

Sebagian  besar Pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan masih bingung seperti apa perencanaan keuangan yang mereka terapkan nantinya terutama masing masing kedua belah pihak (suami-istri) sama sama memiliki pemasukan keuangan. Mungkin sebagaian kecil sebelum menikah secara resmi kedua belah pihak sudah sepakat merencanakan sistem keuangan keluarga kecil mereka, tetapi tidak jarang perencanaan yang mereka bangun selama ini ketika memasuki umur pernikahan 5- 7 bulan hal hal tidak nyaman hadir diantara keduanya. Bagaimana halnya bila yang memeliki penghasilan hanya seorang suami berikut ini akan diuluas  secara detail tentang cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar.

Penghasilan sebagai pekerja sebesar apapun yang didapat tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan, jika tak dihentikan kata puas.

Di sisi lain peningkatan biaya hidup kian tak terbendung. Bila tak pintar-pintar mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa utang yang menumpuk.

  • Pahami seluruh sumber  pemasukan dan pengeluaran.

Kesepakatan suami dengan istri adalah bagian hal yang terpenting termasuk dalam hal keuangan. Ketika memasuki keluarga baru banyak terasa hal yang baru, tadinya anda hanya memikirkan kebutuhan anda seorang tapi sekarang jelas berbeda, anda harus bisa memetakan penghasilan anda dalam sebulan selanjutnya perhitungkan berapa yang harus di  keluarkan selama satu bulan. Bila suami dan istri sama sama memiliki penghasilan bisa saja dengan membuat kesepakatan bersama yang mana penghasilan suami untuk menutupi kebutuhan dalam sebulan selebihnya digabungkan dengan penghasilan istri untuk ditabung atau keperluan lainnya.

  • Susun perencanaan keuangan/Management keuangan standart

Di pembahasan terdahulu sudah dibahas tentang perencanaan keuangan lebih detail langkah seperti apa yang harus dilakukan dalam megatur keuangan keluarga. Hidup ini bukan hanya bicara tentang bagaimana mendapatkan atau memperoleh suatu penghasilan tetapi seringkali dilupakan kebutuhan yang sifatnya kebutuhan berlibur dengan keluarga.  Cara mengatur keuangan yang benar bukan berarti melupakan kebutuhan sekunder atau tersier. Bila anda berpikir kerja keras untuk masa depan anak kelak memang tidak salah tetapi alangkah lebih baiknya tidak melupakan kebutuhan untuk refresing. Coba anda susun perencanaan untuk hal tersebut dengan membuat anggaran meski untuk nilai yang tidak begitu besar yang penting direncanakan.

  • Bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang sifatnya keinginan.

Kebutuhan dan keinginan merupakan bagian dan perencanaan keuangan dipembahasan terdahulu. perbedaan kebutuhan dengan keinginan terletak pada sifatnya, bila kebutuhan harus dipenuhi segera mungkin sementara keinginan lebih kepada pelengkap. Mengukuti keinginan secara terus menerus yang tidak pernah berujung puas akan berdampak buruk untuk keuangan keluarga anda.  Dari sekarang coba dengan hidup yang lebih realistis dengan membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

  • Menabung
cara mengatur keuangan
cara mengatur keuangan

Untuk pembahasan menabung merupakan lanjutan dari pembahasan point satu diatas. Menabung sangat penting untuk ekonomi keluarga dalam jangka panjang, dengan adanya tabungan khusus keuangan keluarga lebih stabil dan aman. Untuk besaran yang harus disisikan 20-sampai dengan 30% dari total penghasilan setiap bulannya. Hal ini dilakukan salah satunya ialah menatap masa depan dan hari tua yang cerah.

  • Asuransi

Membeli produk asuransi juga penting dilakukan sebagai perlindungan atas kejadian yang tidak pernah diduga sebelumnya, tentukan pilihan anda dalam menentukan asuransi yang terbaik sebab saat ini tidak sedikit yang menawarkan produk asuransi baik itu asuransi kesehatan dan jiwa maupun asuransi material.

  • Minimalkan belanja Hutang

Bagaimana jadinya bila penghasilan selama satu bulan 45-50% habis untuk membayar hutang, masih bisakah dikatakan keuangan keluarga tersebut tergolong sehat dan aman.  Idealnya  cara mengatur keuangan keluarga yang baik yakni meminalisir atau  menghindari belanja hutang.

cara mengatur keuangan
Hutang membuatmu sengsara
  • Tetapkan Targel Goal untuk jangka waktu menengah dan jangka panjang

Bila perusahaan menerapkan target setiap bulannya mengapa anda tidak menerapkan hal yang serupa dikeluarga anda sendiri. Anda harus membuat perencanaan yang harus tercapai dalam jangka waktu 3-5 tahun (jangka menengah) dan 10-25 untuk hari tua kelak (jangka waktu panjang), dengan membuat perencanaan seperti itu hidup anda akan terasa optimis dan berpikir lebih maju. Untuk menghindari kekecawaan dalam menetapkan target harus realistis sesuaikan dengan kemampuan dan keuangan anda saat ini.

cara mengatur keuangan

  • Berinvestasi

Berinvestasi merupakan lanjutan dari point enam diatas. Mengambil keputusan untuk ber investasi emas maupun lainnya yang tergolong dalam investasi aman merupakan langkah terbaik cara mengatur keuangan dalam jangka panjang.

  • Tidak mudah puas dengan pencapaian yang diraih

Bersyukur atau apa yang diperoleh memang hukumnya harus, tetapi bukan berarti anda secara terus menerus mengandalkan pencapai saat sekarang. Bila sudah puas dan cukup dengan pencapain sekarang ini bisa berdampak dalam semangat kerja anda nantinya, diatas sudah diutarakan tentang optimis dalam pencapaian target.

2 Komentar

  1. Pingback: Cara mengatur keuangan dengan baik dan bijak | peluang bisnis dan usaha sampingan

  2. Pingback: Cara Mengelola Keuangan Usaha dan Bisnis Untuk Pemula. – Pendidikan & usaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *