Penyebab dan cara menghilangkan bau kaki pada sepatu | Cekkembali
Tips dan Cara /  -

Penyebab dan cara menghilangkan bau kaki pada sepatu

Februari 20th, 2017 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-07-21 04:38

Bau menyengat yang timbul dari kaki merupakan hal yang tidak disukai semua orang terlebih pada orang yang memiliki aktivitas tinggi seperti kegiatan seminar, meeting bersama rekan kerja maupun pimpinan dan kegiatan lainnya melibatkan banyak orang yang membuat kita maupun orang disekitar menjadi tidak nyaman. Iidak sedikit yang berupaya untuk menghilangkannya akan tetapi cara menghilangkan bau kaki yang mereka tempu tetap saja belum berhasil.

Aroma yang tidak sedap dari kaki bisa saja terjadi pada usia anak-anak, dewasa, pria maupun wanita dan penyebab terjadi bau kaki tersebut bermacam-macam. Meski kebanyakan masalah bau kaki dikarenakan faktor kebersihan.

Penyebab bau kaki

  • Bakteri

Biasanya orang yang mudah mengeluarkan keringat terlebih pada bagian kaki, hal ini dapat menyebabkan berkembangnya bakteri dan memicu zat asam juga ikut meningkat yang memicu terjadinya penyebaran bau tidak sedap dari kaki tersebut. Hal seperti ini biasanya lebih sering terjadi kepada orang yang kurang memperhatikan kebersihan kaki.

  • Produksi kelenjar keringat yang tinggi

Seperti dijelaskan diatas bau kaki pasti tidak jauh dari keringat. Kelenjar keringat yang terdapat pada bagian tubuh masing masing berbeda, biasanya kelenjar keringat yang terdapat pada kaki merupakan yang paling tinggi. pd dasarnya kaki tidaklah mengeluarkan aroma tidak sedap, akan tetapi kaki akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap bilamana kaki berkeringat dalam jangka waktu yg lama sehingga bakteri menjadi berkembang dan memungkinkan menyerap keringat tersebut menimbulkan bau tidak sedap.

  •  Kaos kaki

Menggunakan kaos kaki diyakini sebagian orang sebagai cara menghilangkan bau kaki namun kenyataannya justru kaos kaki yang digunakan ketika memakai sepatu dapat menjadi lembab dan kaki sulit untuk mengeluarkan udara. Kondisi seperti ini memungkinkan.  Coba perhatikan ketika anda menggunakan sendal jepit apakah menimbulkan bau yang menyengat seperti anda menggunakan sepatu dan kaos kaki, saya kira jawabnya tentu tidak, karena menggunakan sendal jepit sirkulasi udara pada kaki tetap terjaga memungkinkan kaki untuk bernafas.

  • Malas mencuci kaos kaki

Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki akan semakin parah bilaman dibiarkan tanpa membersihkannya, karena secara otomatis bakteri akan terus berkembang.Upayakan setiap 3-4 jam sekali untuk sekedar mambasuh kaki dan jangan lupa mengeringkannya. Penggunaan kaos kakii secara terus menerus tanpa dibersihkan salah satu faktor terjadinya bau tidak sedap.

  • Malas mencuci sepatu

Sepatu dan kaos kaki merupakan satu kesatuan yang secara berkala harus diperhatikan kebersihannya. Sepatu bisa saja menjadi sarang bakteri dan berkembang secara cepat bilamana jarang dibersihkan. Bila anda termasuk yang malas memperhatikan kebersihan sepatu maupun kaos kai sebaiknya anda harus merubah kebiasan tersebut bila ingin bebas dari bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki

Setelah mengetahui penyebab terjadinya bau kaki tersebut tentu kita akan lebih mudah untuk menghilangkan aroma bau tidak sedap tersebut dengan menggunakan bahan bahan alami

Cara menghilangkan bau kaki

  • Gunakan kertas pengering

Diatas telah dijelaskan pemicu bau tidak sedap karena keadaan yang lembab  terdapat pada sepatu, jadi ada baiknya sebelum anda beraktivitas menyelipkan kertas yang dapat menyerap keringat sehingga keringat yang keluar dari kaki dapat diserap. Cara menggunakannya tidak begitu sulit cukup dengan menyelipkan kertas kering yang dapat menyerap keringat selanjutnya silahkan beraktivitas sepertimana biasanya.

  • Memakai sepatu dan kaos kaki yang bersih

Menjaga kebersihan memang tidak ada ruginya, sebaiknya gunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih, jangan menggunakan yang berulang-ulang tanpa membersihkannya. Sebaiknya bila anda memiliki masalah bau kaki setiap sekali sehari anda harus mengganti kaos kaki dengan yang lain.

  • Gunakan kaos kaki yang berbahan katun

Menggunakan bahan yang terbuat dari katun memang sedikit lebih mahal dari yang lainnya, akan tetapi dengan dengan memakai kaos kaki yang menggunakan bahan katun dapat menyerap keringat yang berlebih pada kaki. Sebaiknya anda tidak perlu merasa rugi bila mengeluarkan biaya sedikit lebih tinggi demi menghilangkan bau pada kaki anda

  • Rajin membersihkan/momotong kuku

Kebersihan pada bagian kuku juga perlu untuk diperhatikan, kuku yang panjang dan tidak terawat akan rentan tempat kuman berkembang,  bila terlihat panjang sebaiknya anda potong agar bakteri tidak berkembang didalam kuku.

  • Gunakan  Deodoran

Deodoran mampu mengurangi produksi minyak pada tubuh dan biasanya digunakan pada bagian ketiak agar tidak basah dan bau. Untuk itu dapat juga untuk meredam bau yang terjadi pada kaki dengan menggunakan deodoran khusus untuk kaki. Cara penggunaannya tidak berbeda jauh dengan deodoran yang dioleskan pada ketiak, bedanya dioleskan pada kaki.

  • Pakai antiperspirant pd telapak kaki

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya ialah memakai antiperspirant pd telapak kaki. Kosmetik yg berbentuk krim ini umumnya digunakan pada bagian wajah akan tetapi krim ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah berkembangnya bakteri pada kaki. Krim ini akan memperkecil pori-pori kaki dengan begitu keringat yang datang akan lebih terhambat dari pada biasanya. Krim ini bagus digunakan untuk kamu yang memiliki masalah bau kaki serta menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu.

  • Merendam kaki pd air yang telah dicampur baking soda

Dengan merendap kaki pada ari yang telah dicampur dengan baking soda ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap setelah beraktivitas menggunakan sepatu. Perlu diingat merendam kaki pada yang tercampur baking soda bukan untuk menghambat keringat keluar akan tetapi untuk membersikan kuman yang menempel pada kaki. Cara menggunakannya cukup mudah sediakan baking soda kurang lebih 1 sampai 5 sendok,selanjutnya larutkan dalam baskom yang sudah di isi dengan air, terakhir silahkan rendam kaki anda selama kurang lebih 15 menit dan keringkan menggunakan lap.

  • Merendam dengan air teh

Selain baking soda bubuk teh atau teh celup yang dilarutkan dalam air juga ampun untuk menghilangkan bau yang terdapat pada kaki. Dengan menggunakan secara rutin maka secara berangsur-angsur bau yang terdapat pada kaki akan hilang. Cara penggunaannya tidak berbeda jauh dengan diatas.

  • Merendam kaki dengan air garam

Cara menghilangakan bau kaki selanjutnya dengan memanfaatkan air garam yang dilarutkan dalam baskom. Caranya pengguanaanya juga cukup mudah sediakan garam dan air hangat selanjutnya larutkan dalam wadah/baskom terakhir silahkah untuk merendam kaki anda selama kurang lebih 15 menit. Dengan melakukan scr rutin diyakini dapat menghilangkan bau yang terdapat pada kaki.

  • Menggunakan kopi

Mungkin anda merupakan salah satu penikmat kopi akan tetapi tidak tahu bahwa kopi tersebut dapat meredam bau yang terdapat pada kaki. Kopi dikenal dapat melembutkan telapak tangan yang kasar juga mampu menetralisir bau yang terdapat pada kaki. Terlepas dari manfaat dan bahaya kopi akan tetapi diyakini dapat menyerap keringat tdk muncul. Cara menggunakannya bisa dengan menabur bubuk kopi tersebut secara langsung didalam sepatu dan dpt juga membungkus dengan plastik kecil lalu memasukkan kedalam sepatu.

  • Merendam kaki dengan air jeruk lemon

Cara lain untuk menghilangkan bau kaki yakni dengan memanfaatkan perasan ari jeruk lemon maupun jeruk nipis. Cara melakukannya tuang ari kedalam wadah selanjutnya peras jeruk nipis maupun lemon aduk hingga rata, selanjutnya silahkan masukkan kaki anda kedalamnya untuk direndam selama kurang lebih setengah jam. Lakukan cara seperti ini 2-3 kali/hari secara teratur maka bau yang terdapat pada kaki anda akan hilang.

  • Menggunakan obat kumur

Cara menghilangkan bau kaki yang terakhir adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur berfungsi untuk mengatasi bau mulit serta mengembalikan nafas yang segar, obat kumur ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Cara menggunakannya yakni sediakan air dalam wadah kemudian campur dengan 0bat kumur secukupnya yang terakhir silahkan rendam kaki anda selama kuran lebih 15 menit.

Sebenarnya masih terdapat sejumlah bahan alami cara menghilangkan bau kaki, namun untuk saat ini saya sudah sampai disini Penyebab dan cara menghilang bau kaki pada sepatu,

Komentar