Penyebab dan cara menghilangkan bau kaki pada sepatu

Bau menyengat yang timbul dari kaki merupakan hal yang tidak disukai semua orang terlebih pada orang yang memiliki aktivitas tinggi seperti kegiatan seminar, meeting bersama rekan kerja maupun pimpinan dan kegiatan lainnya melibatkan banyak orang yang membuat kita maupun orang disekitar menjadi tidak nyaman. Iidak sedikit yang berupaya untuk menghilangkannya akan tetapi cara menghilangkan bau kaki yang mereka tempu tetap saja belum berhasil.

Aroma yang tidak sedap dari kaki bisa saja terjadi pada usia anak-anak, dewasa, pria maupun wanita dan penyebab terjadi bau kaki tersebut bermacam-macam. Meski kebanyakan masalah bau kaki dikarenakan faktor kebersihan.

Penyebab bau kaki

  • Bakteri

Biasanya orang yang mudah mengeluarkan keringat terlebih pada bagian kaki, hal ini dapat menyebabkan berkembangnya bakteri dan memicu zat asam juga ikut meningkat yang memicu terjadinya penyebaran bau tidak sedap dari kaki tersebut. Hal seperti ini biasanya lebih sering terjadi kepada orang yang kurang memperhatikan kebersihan kaki.

  • Produksi kelenjar keringat yang tinggi

Seperti dijelaskan diatas bau kaki pasti tidak jauh dari keringat. Kelenjar keringat yang terdapat pada bagian tubuh masing masing berbeda, biasanya kelenjar keringat yang terdapat pada kaki merupakan yang paling tinggi. pd dasarnya kaki tidaklah mengeluarkan aroma tidak sedap, akan tetapi kaki akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap bilamana kaki berkeringat dalam jangka waktu yg lama sehingga bakteri menjadi berkembang dan memungkinkan menyerap keringat tersebut menimbulkan bau tidak sedap.

  •  Kaos kaki

Menggunakan kaos kaki diyakini sebagian orang sebagai cara menghilangkan bau kaki namun kenyataannya justru kaos kaki yang digunakan ketika memakai sepatu dapat menjadi lembab dan kaki sulit untuk mengeluarkan udara. Kondisi seperti ini memungkinkan.  Coba perhatikan ketika anda menggunakan sendal jepit apakah menimbulkan bau yang menyengat seperti anda menggunakan sepatu dan kaos kaki, saya kira jawabnya tentu tidak, karena menggunakan sendal jepit sirkulasi udara pada kaki tetap terjaga memungkinkan kaki untuk bernafas.

  • Malas mencuci kaos kaki

Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki akan semakin parah bilaman dibiarkan tanpa membersihkannya, karena secara otomatis bakteri akan terus berkembang.Upayakan setiap 3-4 jam sekali untuk sekedar mambasuh kaki dan jangan lupa mengeringkannya. Penggunaan kaos kakii secara terus menerus tanpa dibersihkan salah satu faktor terjadinya bau tidak sedap.

  • Malas mencuci sepatu

Sepatu dan kaos kaki merupakan satu kesatuan yang secara berkala harus diperhatikan kebersihannya. Sepatu bisa saja menjadi sarang bakteri dan berkembang secara cepat bilamana jarang dibersihkan. Bila anda termasuk yang malas memperhatikan kebersihan sepatu maupun kaos kai sebaiknya anda harus merubah kebiasan tersebut bila ingin bebas dari bau kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *