Ingin Terbebas dari jerawat? ni Cara Menghilangkannya

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit, dimana pori-pori kulit tertutupi/tersumbat yang menyebabkan timbulnya kantung nanah yang meradang. Jerawat bagi sebagian orang merupakan masalah besar dan harus dibasmi dan banyak dari mereka merasa malu dan minder dengan kondisi yang mereka alami. Umumnya jerawat tumbuh ketika memasuki usia remaja atau memasuki masa pubertas, masa menstruasi, saat mengkonsumsi pil KB dan saat saat stress yang berlebihan.

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

ilustrasi gambar via -www.asalberbagi.com-

PENYEBAB TIMBULNYA JERAWAT

Sebelum berbicara terlalu jauh bagaimana cara menghilangkan jerawat ada baiknya kita membahas penyebab timbulnya jerawat. Terkadang secara tidak disadari kita telah melakukan penyebab timbulnya jerawat baik dalam beraktivitas maupun dari segi pola makanan yang kita konsumsi berikut ini penyebab timbulnya jerawat.

  • Produksi minyak yang berlebihan

Timbulnya jerawat bisa dari luar maupun dari dalam tubuh, banyak beranggapan tumbuhnya jerawat semata kurangnya menjaga kebersihan pada bagian muka, padahal jerawat disebabkan ganggunan kelenjar minyak belebihan yang mengakibatkan penyumbatan dibagian saluran folikel, rambut maupun kulit

  • Sel kulit mati

yang paling sering penyebab timbulnya jerawat adalah kelenjar minyak yang berlibihan yang diproduksi hormon endrogen kemudian bercampur dengan sel kulit mati.  Saat sel tersebut bercampur dengan debu maupun kotoran sudah banyak menyebabkan cairan yang tebal & lengket menutupi/menyumbat mengakibatkan timbulnya bintik hitam maupun bintik puith.

  • Bakteri

Bakteri diyakini salah satu penyebab timbulnya jerawat, bakteri yang menempel pada kulit biasa disebut dengan P.acne yang secara terus menerus berkembang biak pada sebaceous yang tertutupi/tersumbat serta menghasilkan zat-zat menyebabkan iritasi pada daerah sekitar. Hal ini memicu kelenjar membengkat bahkan pecah selanjutnya akan menyebar pada daerah sekitar. Biasanya akan menyebabkan timbulnya jerawat batu yang dapat meninggalkan pigmentasi jangka panjang.serta bekas luka yang terlihat secara permanen.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan kortikosteroid secara berlebihan mengakibatkan kondisi tubuh melemah menjadi salah satu penyebabnya tumbuhnya jerawat dikarenakan aktivitas bakteri patogen semangkin meningkat.

  • Kosmetik

Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori seringkali dikarenakan bedak maupun kosmetik mengandung minyak yang  mengakibatkan bedak menyumbat pori-pori

  • Handphone/telepon gengam

Mungkin adan tidak pernah terpikirkan handphone yang sehari hari dapat memicu datangnya jerawat. Pada bagian permukaan telpon yang anda gunakan sehari-hari bisa saja media yang subur bakteri dan berkembang. Sebaiknya bersikan telepon seluler anda setiah hari menggunakan alkohol dan saat menelpon jangan sampai menempel pada bagian pipi.

  •  Stress

Sebetulnya, setres tidak secara langsung menyebabkan timbulnya jerawat tetapi pada saat seseorang mengalami setress ada hormon yang keluar yang memungkinkan tumbuhnya jerawat, disisi lain orang yang banyak mengalami cendrung mengkonsusi makanan yang banyak mengandung lemak dan manis”sekedar pelarian”

Jenis-Jenis jerawat

Jerawat bisa tumbuh selain dibagian muka tetapi jerawat juga dapat tumbuh dibagian tubuh lainnya seperti bagian punggung. Jerawat juga dikategorikan menjadi tiga bagian yakni jerawat biasa, jerawat batu dan komedo

  • jerawat biasa

jenis jerawat ini tidak susah mengenalnya umumnya berbentuk tonjolan-tonjolan kecil dan berwarna kemerahan. jerawat ini tumbuh dikarenakan tersumbatnya pori-pori oleh jenis bakteri yang bernama propionibacterium acne. Jenis babakteri ini biasanya terdapat pada bagian saluran kelenjar sebaceous yang tertutupi/tersumbat yakni dimana asam lemak ada pada bagian kantung kelenjar tesembunya dibagian pori-pori kulit.

  • Jerawat batu/Cystic acne

Jerawat ini biasanya lebih mudah ditemukan pada bagian muka dan tumbu begitu besar. Salah satu faktor tumbuhnya jerawat batu yaitu gen, umumnya orang yang mengalami jerawat ini terjadi juga dengan keluarga dekat mereka. secara genentik orang yang mangalami gangguan jerawat batu memiliki gen seperti berikut

  1. Kelenjar minyak yang terlalu over aktif membanjiri pori-pori
  2. Pertumbuhan sel kulit terjadi tidak secara normal (tidak secepat pertumbuhan kulit normal)
  3. Memiliki respon yang begitu tinggi terhadap peradangan sehingga menyisakan bekas pada kulit.
  • Komedo

Timbulnya komedo dikarenakan tersumbatnya pada pori-pori kulit dan bisa dalam keadaan terbuka(terlihat tampak pori-pori membesar & menghitam)  maupun tertutup (kulit yang tumbih diatas pori-pori yang tertutup/terseumbat sehingga menyebabkan tenjolan kecil berwarna putih. Secara garis besar timbulnya komedo dikarenakan sel kulit mati.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

perlu untuk diketahui bagian tubuh yang baling sering dihampiri jerawat adalah bagian muka. Mengingat kulit bagian muka begitu sensitive baiknya ada harus berhati-hati melakukannya. Meski bahan-bahan yang saya dipaparkan dibawah kesemuanya tergolong alami dan mudah ditemukan, tapi kalau anda tidak cermat bisa berdampak negative, sekali lagi lakukan dengan benar dan teliti.

  • ES BATU

ES batu diyakini dapat mengurangi bahkan menghilangkan peradangan pada kulit yang membengkak yang ditimbulkan jerawat. Selain itu es batu juga dapat membantu menghilangkan pembekuan pada pori-pori yang terbuka lebar, membasmi bakteri serta menghilangkan minyak yang menumpuk pada bagian muka serta menghilang kotoran yang menempel pada kulit. Cara melakukannya cukup mudah dan sederhana yakni membungkus es batu tersebut dengan kain tipis dan bersih lalu usapkan secara perlahan pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat.

  • MADU

Madu merupakan salah satu obat herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki zat anti biotik mencegah terjadinya inveksi dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit (jerawat). Cara penggunaannya

  1.  Oleskan madu menggunakan tissue muka
  2. Oleskan kapas yang sudah dilumuri dengan madu tersebut pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat
  3. Biarkan menenmpel selam kurang lebih 30menit
  4. Bilas dengan dengan air bersih
  5. lakukan hal yang sama untuk beberapa kehari kedapan

Selain itu anda juga dapat mencapur madu dengan putih telur, caranya ambil putih telur dan maduh lalu campur hingga rata dengan takarannya kurang lebih setengah sendok makan. caranya melakukannya juga cukup mudah yakni dengan mengoleskannya pada bagian muka yang ditumbuhi jerawat.

  • JERUK NIPIS

jeruk nipis merupakan salah satu produk kecantikan secara alami serta dapat menghilangkan jerawat. Memperoleh jeruk nipis tergolong mudah karena cukup banyak dijual dipasar. cara menggunakannya sebagai berikut

  1. Potong menjadi 2 bagian lalu peras hingga mencapai 1-2 sendok makan.
  2. Campur dengan madu dengan ukuran 1-2 sendok makan
  3. Oleskan pada kulit muka yang ditumbuhi jerawat
  4. Diamkan selama 15-25 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  • LEMON

Tidak berbeda jauh dengan jeruk nipis, lemon dipercaya salah satu cara menghilangkan jerawat yang membandal. Buah lemon dapat mengeringkan jerawat yang tumbuh karena buah leman terdapat kandungan vitamin C. Sebaiknya gunakan buah lemon yang masih segar bukan yang sudah kering atau layu. Cara penggunaannya tidak berbeda jauh dengan jeruk nipis.

  • BUAH TOMAT

Buah tomat mungkin tidak asing lagi bagi semua orang, yakni sebagai bahan pelengkap dalam masakan, tetepi selain sebagai pelengkap masakan tomat juga dapat digunakan sebagai pencegah dan menghilangkan jerawat, cara penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan memotong-motong tomat secukupnya kemudian oles/tempelkan pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat, tunggu selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. buah tomat juga mempunyai khasiat yakni mengencangkan bagian kulit seperti kulit bagian wajah.

  • BAWANG PUTIH

Kehidupan dimasa dulu, teknologi dan orang-orangnya tidak semaju sekarang, tetapi orang dulu lebih jarang terserang penyakit dikarenakan mereka pola makan mereka belum tersentuh bahan kimia, meski terserang penyakit mereka cukup memanfaatkan bahan bahan alami seperti tomat madu buah pisang dan lainnaya. Tidak ketinggalan bawang putihnya yang memiliki anti dioksida mampu menangkal virus, jamur, antiseptik yang berfungsi mempertahan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. kandunan zat sulfur yang terdapat pada Bawang putih ampuh menghilangkan jerawat yang membandal. Cara pemakaian sebagai berikut.

  1. Potong 1 siung menjadi dua bagian
  2. Gosok pada bagian jerawat yang membandal dan diamkan selama 15-20 menit
  3. Bilas dengan air bersih
  4. Lakukan hal yang sama secara rutin untuk beberapa hari.
  • LIDAH BUAYA

Sebagian besar orang yang mengetahui kegunaan lidah buaya untuk kesehatan rambut, namun lidah buaya juga mampu melawan/mengurangi efek peradangan  jerawat pada kulit. Lidah buaya juga dapat mengurangi/menghilangkan minyak yang menyebabkan tumbuh subur jerawat yang terdapat pada kulit. Cara pemakaian sebagai berikut

  1. Iris lidah buaya secukupnya hingga yang tersisa dagingnya saja
  2. Setelah mendapatkan daging lidah buaya tersebut buat menjadi gell dan oleskan pada jerawat yang membandel
  3. Diamkan selama 30 50 menit
  4. Bilas dengan air bersih
  5. Lakukan hal yang sama untuk beberapa hari kedepan
  • BUAH MENTIMUN

Buah mentimun seringkali digunakan banyak orang terutama kaum wanita sebagai masker untuk mendapatkan kulit halus. Namun disisi lain buah mentimun juga ampuh mengobati jerawat serta memberikan efek peradangan pada jarawat, cara menggunakannya sebagai berikut

  1. Iris buah mentimus segar secukupnya
  2. Tempelkan pada jerawat yang membandel
  3. Diamkan selama 40 menit
  4. Bilas dengan air bersih
  5. Lakukan hal yang sama untuk beberapa hari kedepan
  • DAUN PEPAYA

Tak banyak yang mengetahui daun pepaya sangat cocok untuk melawan pertumbuhan sekaligus cara menghilangkan jerawat, karena kebanyak orang daun pepaya digunakan sebagai obat yang terjangkit penyakit malaria. Daun pepaya dapat melawan jerawat karena dalam daun tersebut terdapat kandungan anti oksidan yang dapat memberikan efek pada kulit. Cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Ambil sebanyak 4-5lbr lalu keringkan
  2. Seteleh kerik haluskan  dengan cara menumbuk maupun dengan cara lainnya dan campur sedikit air
  3. Setelah halus dan terlihat seperti pasta oleskan pada bagian jerawat yang membandel
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  6. Lakukan hal yang sama secara rutin untuk beberapa hari kedepan
  • PENGUAPAN

Cara Menghilangkan jerawat dengan  uap memang belum begitu diketahui banyak orang khususnya diindonesia, tetapi dinegara kawasan eropa uap telah dimanfaatkan untuk kesahatan dan kecantikan. Tidak terkecuali dalam membasmi jerawat sebab uap dapat membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Selain itu uap juga dapat menghilangkan minyak yang terdapat pada bagian wajah, menghilangkan bakteri serta kotoran yang menempel pada pori-pori kulit. cara pemakain sebagai berikut:

  1. Isi wadah dengan air panas dengan suhu diatas 180°
  2. Posisikan wajah diatas wadah tersebut
  3. Tunggu selama 5 – 10 menit
  4. Bersikan dengan air hangat
  5. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal oleskan pelembab yang bebas minyak

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Seperti dijelaskan dibagian terdahulu jerawat timbul bisa dengan berbagai cara seperti pola hidup yang kurang bersih atau dari makan yang banyak mengandung lemak dan minyak berikut tips menghilangkan jerawat dengan cara pola hidup sehat.

  • Mencuci muka 2 X dalam sehari

perlu Untuk diketahui penyumbang terbesar tumbuh suburnya jerawat ialah produksi minyak yang berlebihan pada kulit, bakteri, sel kulit mati dan pori-pori kulit tersumbat. Untuk itu sebaiknya untuk anda yang memiliki kuit sensitive sebaiknya bersikan dengan mencuci muka 2 x dalam sehari.

  • Sebaiknya kurangi/hindari pemakain kosmetik yang berlebihan
  • Sering beraktivitas yang dapat mengeluarkan kringat seperti berolah raga
  • Hindari aktivitas memencet komedo maupun jerawat hal ini dapat memicu pembengkakan dan inveksi
  • Hindari stress yang berlebihan
  • gunakan pelindung yang agak longgar
  • Minum air putih yang cukup
  • Lebih sering mandi dari biasanya

MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN OBAT

Sebenarnya lebih disarankan lebih baik mencegah dari pada mengobati, tetapi bila jerawat sudah terlanjur tumbuh subur mau tidak mau kita harus membasmi melalui obat pembasmi jerawat berikut sejumlah obat yang dapat membasmi jerawat.

  1. Benzoil proksida
  2. asam salisilat
  3. Isotretinoin
  4. Retin-A

Sekian tips cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa efek samping, semoga anda mendapatkan kulit halus dan bebas jerawat.