Kumpulan Contoh Pidato Pendidikan #Singkat

Pidato Pendidikan #Singkat

Contoh Pidato pendidikan

Pidato merupakan  suatu kegiatan yang disampaikan didepan khalayak untuk menyampaikan pesan, maksud dan tujuan tertentu. Pada umumnya pidato dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu, pidato formal, non formal dan semi formal. Pembahasan tentang jenis pidato dilain waktu akan dibuat pembahasan tersendiri. Untuk kali saya memfokuskan pembahasan contoh pidato pendidikan yang merupakan  jenis pidato formal.

Dalam penyampaian pidato, tidak semua orang dapat melakukannya di depan umum dikarenakan beberapa faktor seperti tidak percaya diri, tidak menguasai bahan, atau takut hasil dari pidato yang disampaikkan mengecekan (mau ditaruh dimana muka..!!!!). untuk itu diperlukan teknik dan persiapan sebelum acara dimulai.

Lihat teknik dalam berpidato yang baik

Anda pasti menginginkan pidato tentang pendidikan yang Anda bawakan itu bermakna dan bisa berkesan di hati pendengar. Maka, perlulah mengumpulkan dan mempelajari beberapa contoh pidato pendidikan singkat yang berkarakter. Sehingga, apa yang Anda bicarakan tidak sia-sia dan memberikan efek positif bagi para pendengar. Terlebih lagi jika Anda berprofesi sebagai kepala sekolah, harus bisa menyesuaikan tema pidato pendidikan dengan acaranya.

Selain Anda membaca buku-buku tentang pidato, Anda bisa mencari di mesin pencari. Tulislah apa yang ingin Anda baca, mulai dari contoh pidato pendidikan agama, pendidikan anak SD, Pendidikan Era globalisasi dan sebagainya. Nah, berikut ini kami merangkum contoh pidato tentang pendidikan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika berpidato nanti :

Contoh Pidato Pendidikan Singkat dengan tema Era Globalisasi

Pembukaan

Assalamua’alaikum wrb, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Hadirin yang saya homati,

Pada hari yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa. Karena atas karunia serta nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita dapat hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Isi Pidato pendidikan

Hadirin yang berbahagia.

Ilmu itu tidak akan datang sendiri, kecuali kita mencarinya. Ada ungkapan, carilah ilmu sampai ke negeri China. Hal ini berarti seberapa jauhnya ilmu itu kita harus berusaha untuk mempelajarinya. Mengingat begitu banyak peran ilmu dalam kehidupan kita. Tapi, dalam menuntun ilmu kita juga harus sadar bahwa tidak ada yang berilmu selain Allah swt. Ilmu itu titipan, bukan sesuatu yang perlu disombongkan dan menjadikan kita merasa paling hebat.

Bahkan dalam mencari ilmu, Allah pernah menguji para Malaikat-Nya. Sebagian dari ilmu yang kita miliki ini merupakan titipan Allah yang harus diamalkan kepada orang lain.  Tidak akan barokah dan bermanfaat ilmu kita jika tidak dibagikan kepada orang lain. Allah pun mengecam siapa saja yang tidak membagikan ilmunya dan tidak menyukai perilaku tersebut.

Hadirin yang terhormat

Keutamaan orang mencari ilmu yakni dimudahkan serta dibimbing dengan jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang untuk menuntut ilmu, sehingga memperoleh pengetahuan yang luar biasa dan berguna untuk kehidupannya. Dalam hal ini peranan tenaga pengajar sangatlah penting. Tanpa guru sabar, kita tidak bisa menjadi seseorang yang rajin dan disiplin. Tanpa guru yang membimbing kita, kita tidak akan tahu mana yang benar dan salah.

Allah pun lebih menyukai orang-orang yang duduk menimba ilmu pengetahuan meski hanya satu jam daripada mereka yang beribadah seribu tahun. Terlebih lagi, di era globalisasi seperti sekarang ini, semua serba cepat dan mudah. Jangan sampai generasi penerus kita justru malas yang bisa menjadikan mereka terjerumus dalam hal-hal yang buruk. Pada zaman ini perang orang tua pun sangat diperlukan dalam menjaga anak-anaknya.

Yang perlu kita lakukan adalah tidak menjadi orang tua yang galak, melainkan menjadi teman bagi anak-anak kita. Dengan begitu, kita lebih bisa berbaur dengan mereka, menjaganya dan mengetahui apa saja yang mereka inginkan dan lakukan sehari-hari.

Penutup pidato pendidikan

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda saya meminta maaf.

Wassalamu’alaikum wrb

Itulah contoh pidato pendidikan di era globalisasi yang singkat dan mudah dimengerti. Sekarang, menuju ke contoh pidato pendidikan berkarakter bagi remaja. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini!

Contoh Pidato Pendidikan dengan tema Pendidikan Berkarakter

Contoh pidato pendidikan berkarakter remaja, tentu beda dengan pidato untuk para orang tua. Anda harus memilih kata-kata yang mudah meresap di hati dan pikiran mereka. Kata dengan bahasa sehar-hari akan membuat mereka nyaman dan ingin terus mendengarkan pidato Anda. Inilah hal-hal yang bisa Anda sampaikan kepada kelompok usia remaja.

Pembukaan 

Assalamu’alaikum Wrb. Salam sejahtera bagi kita semua

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang mana telah memberikan kita kenikmatan tiada tara, sehingga masih bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat.

Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu serta para adik-adik sekalian yang kami banggakan dalam acara pendidikan karakter remaja pagi ini. Semoga apa kita lakukan pada hari ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya pada adik-adik yang hadir dalam acara ini.

Isi Pidato 

Hadirin yang terhormat dan para adik-adik yang berbahagia,

Usia remaja merupakan usia peralihan dan mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan masa depan nantinya. Oleh karena itu pada usia remaja ini, kalian harus bisa memilih pergaulan yang baik dan pendidikan yang tepat. Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia dan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebaiknya, kita menggunakan usia remaja untuk mempersiapkan diri menyambut masa depan.

Sebab, masa depan cerah atau suram yang menentukan adalah kalian sendiri adik-adik. Bukan Orang tua ataupun guru. Ada banyak faktor yang mempengaruhi remaja dalam menentukan karakter untuk usia dewasa. Faktor tersebut adalah lingkungan dan pergaulan. Jadi, pastikan adik-adik sekalian berada di lingkungan yang positif bersama orang-orang yang baik dan berakhlak mulia. Selain itu, pilihlah pergaulan yang bisa membawa adik-adik mencapai kesuksesan bukannya keterpurukan.

Para hadirin dan adik-adik yang saya sayangi,

Salah satu yang bermanfaat di usia remaja yaitu dengan mengikuti kegiatan pendidikan karakter. Dimana pendidikan ini nantinya bisa membentuk kalian semua agar mempunyai kehalian dan bakat sebagai bekal hidup kalian kelak. Pendidikan karakter ini juga bisa melahirkan banyak nilai positif terhadap diri kalian yakni sifat dan budi pekerti yang terpuji. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menyongsong masa depat dengan memanfaatkan waktu remaja dengan benar.

Sehingga, apa yang ingin kalian dan orang tua raih bisa terpenuhi serta menjadikan kalian hidup bahagia dan sejahtera setelah dewasa. Mengingat persaingan yang begitu keras, maka didiklah diri kalian supaya menjadi pribadi yang disiplin, mandiri dan cerdas dalam segala hal.

Penutup pidato

Hadirin sekalian dan adik-adik yang saya banggakan,

Demikianlah kata-kata yang saya sampaikan pada hari ini. Semoga, apa yang saya ucapkan dapat menjadi motivasi serta penyemangat hidup bagi kita semua, khususnya bagi para remaja generasi bangsa yang hadir dalam acara ini. Saya ucapkan terima kasih dan apabila ada kesalahan dalam pengucapan kata yang tidak berkenan di hati Anda, saya meminta maaf.

Wassalamu’alaikum Wrb.

Demikianlah contoh pidato pendidikan singkat bagi remaja yang bisa Anda pergunakan sebagai contoh dalam menyampaikan pidato. Sehingga, Anda bisa berbicara dengan lancar dan tidak kehabisan kata-kata saat berpidato. Semoga, ulasan mengenai pidato pendidikan karakteri ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Contoh Pidato Singkat dengan tema Hari guru nasional

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat.

Bapak / Ibu Kepala SMP N 06 Surakarta,

Kepada yang terhormat.

Bapak / Ibu Guru serta para Staff SMP N 06 Surakarta

Tak lupa siswa siswi yang saya cintai di SMP N 06 Surakarta.

Juga untuk para tamu undangan yang telah memperkenankan hadir di acara yang berbahagia ini yaitu peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 25 November.

Pertama- tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja serta puji syukur kita kepada Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat hadir dan berkumpul bersama di acara memperingati Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2016.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Sudah kita ketahui bahwa di negara kita tercinta Indonesia ini sering kali mengganti kurikulum dan sistem pendidikan yang di gunakan setiap tahunnya. Tentu hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini. Memang, meskipun jika di bandingkan dengan negara- negara lain kit masih jauh tertinggal, namun hal itu tidak menjadi suatu hal yang tidak baik.

Dengan adanya upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini bukan hanya melalui perbahan kurikulum saja, melainkan juga meningkatkan kualitas para pendidik alias guru yang mengajarkan anak- anak bangsa. Guru menjadi seorang yang sangat memiliki peran penting dalam kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, sebuah kurikulum dan sistem pendidikan yang baik tidak bisa tercapai atau tercipta tanpa adanya tenaga pendidik yang berkualitas.

Jadi, untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini, guru juga harus ikut andil dalam melakukannya. Karena tidak bisa di pungkiri bahwa guru lah yang selalu bertatap muka dengan murid- muridnya. Guru lah yang mengetahui bagaimana perilaku dan sikap dari murid- muridnya. Menjadi seorang guru yang baik dan berkualitas memang lah tidak mudah. Membutuhkan perjuangan dan harus mampu menyampaikan apa yang menjadi tujuan dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini.

Hadirin yang berbahagia,

Guru menjadi ujung tombak dalam perjuangan suatu Negara. Karena Guru lah yang bertugas untuk mempersiapkan dan membentuk calon penerus- penerus bangsa di masa yang akan datang. Kita tentu tahu bahwa tidak semua guru yang ada di negeri ini sudah sejahtera dan memiliki nasib yang baik. mereka yang mengajarkan dan mengabdikan dirinya mengajar di daerah terpencil patut untuk di hargai dan di apresiasi. Kita tahu bahwasannya tidak mudah mengajar di daerah terpencil dengan fasilitas yang seadanya dan akses yang tidak mudah untuk di jangkau.

Di daerah timur Indonesia misalnya, pendidikan yang ada di sana cukup memprihatinkan. Tidak semua daerah terdapat sekolah yang di gunakan untuk belajar. Kalau pun ada, sekolah berdiri dengan fasilitas yang terbatas dan dengan tenaga pendidik yang terbatas pula. Mereka yang hidupnya masih kurang sejahtera, di tuntut untuk mau mengajar tanpa ada bantuan dengan sekian lamanya dan tidak berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Tentu ini menjadi perjuangan yang berat dan butuh pengorbanan.

Hadirin yang berbahagia,

Maka dari itu, melihat begitu besarnya jasa dan pengorbanan yang di berikan oleh guru dan seluruh tenaga pendidik di Indonesia. Marilah kita semua mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kita kepada para guru- guru kita yang telah mengorbankan tenaga dan waktunya untuk mendidik kita. Jika tanpa mereka kita tidak tahu tentang aksara, menulis dan membaca. Wahai Bapak dan ibu guru yang kami hormati, semoga engkau selalu di limpahkan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semoga engkau senantiasa dalam lindunganNya agar bisa menjalankan tugas dan pengabdian mu kepada negara untuk mendidik dan menciptakan para penerus bangsa yang berprestasi, berkualitas dan berakhlak mulia. Aamiin..

Sampai di sini pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dalam peringatan Hari Guru Nasional pada hari ini mengingatkan kita betapa berjsanya seorang guru dalam kehidupan kita. Jika ada salahnya saya mohon maaf, atas kehadiran dan perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah salah satu contoh pidato singkat yang bertemakan Hari Guru Nasional, pendidikan berkarakter dan era globalisasi. Selamat hari Guru Nasional.

Lihat juga : Kumpulan puisi pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *