pendidikan /  -

Contoh pidato singkat | Peringatan hari guru nasional

Desember 25th, 2016 | Posted in pendidikan | |
2017-05-28 10:35

Ulasan kali ini saya mencoba menulis contoh pidato singkat dengan tema peringatan hari guru nasional. Guru  ialah pahlawan tanpa tanda jasa. Ia memberikan ilmunya untuk di berikan kepada anak- anak bangsa. Dengan kesabarannya, ketelatenannya mengajarkan tentang ilmu dan pengetahuan. Tidak hanya itu, menjadi seorang guru di tuntut untuk bisa menjadi panutan yang baik bagi murid- muridnya. Hal tersebut tidak lah mudah untuk di lakukan. Harus menahan emosi dan amarah ketika muridnya melakukan kesalahan. Karena guru bukan sosok yang harus memarahi muridnya ketika melakukan kesalahan, melainkan memberikan pengajaran dan nasihat yang baik bagi muridnya untuk tidak melakukannya lagi.

contoh pidato singkat
contoh pidato singkat

Menjadi guru juga harus bisa menjadi orang tua kedua bagi anak- anaknya di sekolah. Karena tugas buru tidak hanya mengajari muridnya untuk bisa membaca, menulis dan berhitung melainkan juga mendidiknya supaya menjadi pribadi yang berakhlak baik. Hal ini lah yang sulit. Mengapa? Jika mengajari murid untuk bisa membaca dan menulis adalah hal yang biasa, namun untuk mendidiknya menjadi seorang yang berakhlak mulia adalah tanggung jawab yang berat.

Tanggung jawab yang berat itu harus di emban oleh seorang guru. Dan bukan hanya satu atau dua orang saja, melainkan mereka mempunyai murid yang sangat banyak untuk di bimbing dan di bina. Karena jasa- jasanya yang begitu luar biasa dan pengabdiannya kepada bangsa, setiap tanggal 25 November kita memperingati Hari Guru Nasional. Peringatan hari guru nasional ini di laksanakan sebagai wujud rasa apresiasi dan rasa terima kasih kami sebagai anak bangsa kepada jasa- jasa yang telah di berikan guru. Peringatan- peringatan di laksanakan di setiap sekolah- sekolah yang ada. Baik dari mulai Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan tingkatan pendidikan lain semua mengadakan peringatan hari guru nasional ini.

Ada yang memperingatinya dengan mengadakan upacara bendera, ada pula yang mengadakan sederet lomba- lomba seperti lomba membaca puisi dan berpidato dengan tema hari guru nasional. Lomba- lomba tersebut di adakan untuk menghargai jasa- jasa pahlawan tanpa tanda jasa yaitu para Guru di seluruh Indonesia. Di harapkan dengan adanya peringatan dan lomba- lomba tersebut, setiap anak bangsa di ajarkan untuk bisa menghargai dan menghormati para guru yang telah mengajarinya ilmu dan pengetahuan yang sangat luas. Untuk puisi, kami telah bahas di artikel sebelumnya dan untuk artikel kali ini kami akan membahas mengenai pidato- pidato dengan tema pendidikan hari guru nasional. Berikut beberapa contoh pidato Singkat yang bertemakan Hari Guru Nasional.

Contoh Pidato Singkat Dengan tema Hari Guru Nasional

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat.

Bapak / Ibu Kepala SMP N 06 Surakarta,

Kepada yang terhormat.

Bapak / Ibu Guru serta para Staff SMP N 06 Surakarta

Tak lupa siswa siswi yang saya cintai di SMP N 06 Surakarta.

Juga untuk para tamu undangan yang telah memperkenankan hadir di acara yang berbahagia ini yaitu peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 25 November.

Pertama- tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja serta puji syukur kita kepada Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat hadir dan berkumpul bersama di acara memperingati Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2016.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Sudah kita ketahui bahwa di negara kita tercinta Indonesia ini sering kali mengganti kurikulum dan sistem pendidikan yang di gunakan setiap tahunnya. Tentu hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini. Memang, meskipun jika di bandingkan dengan negara- negara lain kit masih jauh tertinggal, namun hal itu tidak menjadi suatu hal yang tidak baik.

Dengan adanya upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini bukan hanya melalui perbahan kurikulum saja, melainkan juga meningkatkan kualitas para pendidik alias guru yang mengajarkan anak- anak bangsa. Guru menjadi seorang yang sangat memiliki peran penting dalam kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, sebuah kurikulum dan sistem pendidikan yang baik tidak bisa tercapai atau tercipta tanpa adanya tenaga pendidik yang berkualitas.

Jadi, untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ini, guru juga harus ikut andil dalam melakukannya. Karena tidak bisa di pungkiri bahwa guru lah yang selalu bertatap muka dengan murid- muridnya. Guru lah yang mengetahui bagaimana perilaku dan sikap dari murid- muridnya. Menjadi seorang guru yang baik dan berkualitas memang lah tidak mudah. Membutuhkan perjuangan dan harus mampu menyampaikan apa yang menjadi tujuan dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini.

Hadirin yang berbahagia,

Guru menjadi ujung tombak dalam perjuangan suatu Negara. Karena Guru lah yang bertugas untuk mempersiapkan dan membentuk calon penerus- penerus bangsa di masa yang akan datang. Kita tentu tahu bahwa tidak semua guru yang ada di negeri ini sudah sejahtera dan memiliki nasib yang baik. mereka yang mengajarkan dan mengabdikan dirinya mengajar di daerah terpencil patut untuk di hargai dan di apresiasi. Kita tahu bahwasannya tidak mudah mengajar di daerah terpencil dengan fasilitas yang seadanya dan akses yang tidak mudah untuk di jangkau.

Di daerah timur Indonesia misalnya, pendidikan yang ada di sana cukup memprihatinkan. Tidak semua daerah terdapat sekolah yang di gunakan untuk belajar. Kalau pun ada, sekolah berdiri dengan fasilitas yang terbatas dan dengan tenaga pendidik yang terbatas pula. Mereka yang hidupnya masih kurang sejahtera, di tuntut untuk mau mengajar tanpa ada bantuan dengan sekian lamanya dan tidak berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Tentu ini menjadi perjuangan yang berat dan butuh pengorbanan.

Hadirin yang berbahagia,

Maka dari itu, melihat begitu besarnya jasa dan pengorbanan yang di berikan oleh guru dan seluruh tenaga pendidik di Indonesia. Marilah kita semua mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kita kepada para guru- guru kita yang telah mengorbankan tenaga dan waktunya untuk mendidik kita. Jika tanpa mereka kita tidak tahu tentang aksara, menulis dan membaca. Wahai Bapak dan ibu guru yang kami hormati, semoga engkau selalu di limpahkan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semoga engkau senantiasa dalam lindunganNya agar bisa menjalankan tugas dan pengabdian mu kepada negara untuk mendidik dan menciptakan para penerus bangsa yang berprestasi, berkualitas dan berakhlak mulia. Aamiin..

Sampai di sini pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dalam peringatan Hari Guru Nasional pada hari ini mengingatkan kita betapa berjsanya seorang guru dalam kehidupan kita. Jika ada salahnya saya mohon maaf, atas kehadiran dan perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah salah satu contoh pidato singkat yang bertemakan Hari Guru Nasional. Selamat hari Guru Nasional.

Komentar

2 comments on “Contoh pidato singkat | Peringatan hari guru nasional