Contoh surat lamaran kerja | Daftar Riwayat Hidup (CV) 2017

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk  menilai karakter seseorang mulai dari gestur, cara berbicara, sampai dengan melalui tulisan orang yang bersangkutan. Begitu juga dalam hal surat lamaran kerja, HRD (human resource department) yang handla tentu sudah sangat paham betul mengenai karakter seseorang melalui curriculum vitae (CV) karena hal tersebut bukan hal yang asing lagi untuk seorang HRD.

Contoh surat lamaran kerja cukup banyak bertabur di internet mulai dari yang sederhana sampai dengan CV untuk posisi TOP Level Management. Biasanya surat lamaran kerja untuk posisi level staff berbeda dengan Top Level Manegement, ya jelas berbeda!!!…

Tips dalam penulisan kata pengantar surat lamaran kerja

Perlu diketahui, surat lamaran kerja merupakan surat yang sifatnya semi formal artinya memerlukan kerangka penulisan yang baik dan benar beda halnya dengan surat pribadi (non formal), berikut hal hal yang perlu anda ketahui dalam penulisan surat lamaran kerja yang dikutip dari lifestyle.kompas.com

  •  Gunakan bahasa/nada yang berbeda tiap perusahaan

Mungkin anda telah menulis satu contoh surat lamaran kerja untuk dikirim di beberapa perusahaan, sebaiknya hindari hal tersebut karena kemungkinan posisi yang anda lamar setiap perusahaan berbeda juga dinilai terlalu generik. Dari sini pihak perusahaan dapat menilai dari keseriusan anda.

  •  Yakinkan HRD perusahaan dengan pengalaman kerja yang kamu miliki

Memiliki segudang pengalaman kerja belum tentu menjadi nilai plus untuk anda bila pengalaman yang anda lampirkan tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar, Untuk  itu lampirkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang anda lamar saat ini.

  • Berbeda dengan yang lain

Setingkat HRD tentu lebih teliti dan selektive dalam menilai surat lamaran kerja yang masuk, karena HRD paham betul dengan tulisan copy paste dari internet dan tulisan yang anda buat sendiri.

  • Jangan menyebutkan kekurangan tentang diri anda

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan dan biasanya hal tersebut selalu ditanyakan pada saat inveterviwe. Lamaran kerja merupakan langkah awal yang mewakili diri anda sebaiknya jangan menyebutkan kekurangan, cukup saat interviwe nantinya anda sebutkan dan jangan lupa sebutkan solusi mengatasi kekurangan tersebut.

  • Panjang surat yang tepat

Ingat anda mengirim surat kepurasahaan agar anda dapat bergabung/diterima diperusahaan tersebut bukan mengirim surat kepada pacar, kerabat, hindari kata kata yang tidak perlu. Batasi surat lamaran anda dalam satu lembar terdiri dari 4 paragrap, pada paragrap pertama perkenalkan tentang diri anda, posisi yang anda lamar dan buat alasan yang tepat mengapa anda orang yang tepat mengisi posisi yang anda lamar tersebut.

Pada dua paragarap berikutnya diisi dengan pengalaman dan pencapaian pada posisi yang lamar, anda juga bisa menyebutkan bersedia pinda/berganti posisi lain nantinya.

Paragarap terakhir merupakan kalimat penekanan dalam surat pengantar diatas, mengapa anda bersemangat untuk posisi yang anda lamar serta kalimat penutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *