Pengertian disleksia, gejala, tanda – tanda dan pengobatan

Pengertian Disleksia adalah sebuah gangguan dalam perkembangan tulis-baca yang umumnya terjadi pada anak di usia 7 hingga 8 tahun. Ditandai dengan kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami meskipun normal diatas rata-rata. Ini termasuk kesulitan dalam penerapan ilmu fonologi, kemampuan bahasa/pemahaman verbal. dyslexia adalah kesulitan belajar yang paling umum dan gangguan membaca yang paling dikenal. Ada kesulitan kesulitan dalam membaca namun tidak berhubungan dengan dyslexia (wikipedia)

Disleksia adalah masalah belajar umum yang mempengaruhi kemampuan membaca dan keterampilan lainnya. Periset berpikir gen dan fungsi otak mungkin berperan dalam disleksia. Cari tahu apa yang bisa menyebabkan disleksia.

Gejala Disleksia pada anak

Gen dan keturunan

Periset yang melihat peran genetika dalam dyslexia mengatakan dapat berjalan dalam keluarga. Jika anak Anda menderita disleksia, kemungkinan Anda atau saudara lain mungkin memilikinya juga. (Entah itu diidentifikasi secara formal). Sekitar 40 persen saudara kandung dari orang dengan dyslexia mungkin memiliki masalah membaca yang sama. Para ilmuwan juga menemukan beberapa gen yang terkait dengan masalah membaca dan pemrosesan bahasa.

disleksia
pengertian disleksia, tanda tanda disleksia, gejala dan pengobatan diisleksia

Anatomi otak

Otak setiap orang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang menderita dyslexia. Cara berbagai bagian otak mereka berinteraksi dan terhubung satu sama lain mungkin tidak efisien. Banyak ahli percaya bahwa masalah orang dengan pengalaman dyslexia bukanlah hasil dari bagaimana otak mereka terstruktur. Sebaliknya, ini lebih tentang bagaimana fungsi otak mereka.

Fungsi otak

Saat kita membaca, otak menerjemahkan simbol yang kita lihat di halaman menjadi suara. Kemudian menggabungkan suara tersebut menjadi kata-kata yang bermakna. Biasanya bidang otak kita yang bertanggung jawab untuk kemampuan bahasa bekerja dengan cara yang dapat diprediksi. Jika anak Anda menderita disleksia, area tersebut tidak bekerja sama dengan cara yang sama. Anak-anak dengan masalah membaca akhirnya menggunakan area otak yang berbeda untuk memberi kompensasi.

Sebagai peneliti fokus pada pemahaman yang lebih baik penyebab biologis dyslexia, mereka juga belajar bagaimana otak bisa berubah. Konsep ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Setelah seseorang penderita dyslexia menerima instruksi membaca yang efektif, studi MRI menunjukkan pola aktivasi otak yang berbeda.

Apa artinya ini bagi anak anda? Dengan bantuan yang tepat, anak Anda dapat melakukan perbaikan kemampuan membaca yang nyata dan langgeng. Jendela bagaimana otak “rewires” itu sendiri juga bisa membantu menghasilkan lebih banyak cara untuk membantu anak-anak disleksia di tahun-tahun mendatang.

Membaca bisa jadi sulit bagi seluruh keluarga. Jika anak Anda sedang berjuang, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu alasannya. dyslexia adalah penyebab paling umum untuk membaca, menulis dan mengeja kesulitan. Ini adalah ketidakmampuan belajar yang dapat mempengaruhi anak laki-laki dan perempuan, dan lebih sering terjadi pada anak-anak yang orang tuanya juga mengalami kesulitan membaca dan menulis.

Anak-anak mengalami dyslexia dapat menjadi pembaca yang sukses, tapi penting untuk mendapatkan bantuan ekstra lebih awal!

Tanda-tanda umum

Jika tanda-tanda ini mengingatkan Anda pada anak Anda, berbicaralah dengan guru anak Anda untuk mengetahui bantuan ekstra yang dapat mereka tawarkan. Jika kesulitan terus berlanjut, bicarakan dengan kepala sekolah tentang mendapatkan evaluasi gratis untuk anak Anda.

Prasekolah

  • Mungkin sulit mengucapkan kata-kata
  • Mungkin lambat menambahkan kata kosa kata baru
  • Mungkin tidak bisa mengingat kata yang tepat
  • Mungkin kesulitan mempelajari alfabet, angka, hari dalam seminggu, warna, bentuk, cara menulis namanya
  • Mungkin tidak dapat mengikuti petunjuk multi langkah atau rutinitas
  • Mungkin mengalami kesulitan untuk menceritakan dan / atau menceritakan kembali sebuah cerita dalam urutan yang benar
  • Sering mengalami kesulitan untuk memisahkan suara dalam kata-kata dan mencampur suara untuk membuat kata-kata

Taman kanak-kanak/TK

  • Mungkin lambat belajar koneksi antara huruf dan suara
  • Mungkin membingungkan kata-kata kecil – di / ke, berkata / dan, apakah / pergi
  • Membuat kesalahan membaca dan ejaan yang konsisten
  • Mungkin sulit mengingat fakta
  • Mungkin lambat belajar keterampilan baru; sangat bergantung pada menghafal tanpa pengertian
  • Mungkin impulsif dan rentan terhadap kecelakaan
  • Mungkin sudah susah payah merencanakan
  • Seringkali menggunakan pensil secara canggung/tidak seperti biasa layaknya anak yg lain
  • Mungkin sulit belajar memberitahukan waktu

Pengobatan

  • Banyak kalangan profesional dapat membantu anak-anak dengan tantangan membaca dan bahasa.
  • Instruksi multisensor biasanya digunakan untuk mengajar anak-anak dengan dyslexia untuk membaca. Banyak, tapi tidak semua, membaca program untuk disleksia menggunakan pendekatan ini.
  • Sekolah dapat menyediakan akomodasi, serta instruksi eksplisit, untuk anak-anak dengan disleksia.
  • Mengetahui bahwa anak Anda menderita dyslexia memungkinkan anak Anda menjalani perawatan yang dapat membantu dalam penyembuhan. Kalangan Profesional baik di dalam maupun di luar sekolah memiliki cara kerja yang berbeda pada anak dyslexia untuk membantu membangun keterampilan membaca dan bahasa.
  • Tidak ada obat untuk dyslexia. Tapi pengobatan bisa menjadi pengobatan untuk masalah lain yang sering terjadi bersamaan dengan dyslexia. Ini termasuk Attention-Deficit / Hyperactivity Disorder (AD / HD), kecemasan dan depresi. Penting juga untuk mengetahui bahwa terapi penglihatan belum terbukti efektif mengobati disleksia.

Pelajari berbagai strategi dan terapi yang dapat membantu anak-anak disleksia.

Instruksi dan Dukungan untuk Disleksia

Anak-anak dengan dyslexia memerlukan instruksi khusus dalam membaca. Mereka bisa mendapatkannya di sekolah, sebagai bagian dari pendidikan khusus atau intervensi instruksional. Mereka juga bisa mendapatkannya bekerja dengan spesialis membaca pribadi.

Sejumlah program membaca dirancang untuk membantu anak-anak dyslexia. Banyak yang didasarkan pada pendekatan yang disebut Orton-Gillingham (OG).

Nama resmi untuk jenis instruksi ini adalah pendidikan bahasa terstruktur multisensori . Program yang menggunakannya sangat multisensori, sangat terstruktur dan berurutan. Para ahli sering menganggap instruksi multisensori sebagai standar emas untuk mengajar anak-anak dengan dyslexia untuk membaca.

Instruksi multisensor juga memberi anak-anak banyak kesempatan untuk “mempelajari” materi. Hal ini terjadi melalui pengulangan. Hal ini juga terjadi oleh siswa yang menggunakan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks yang berbeda.

Program ini memiliki nama yang berbeda dan menggunakan bahan yang berbeda. Tapi mereka semua memiliki pendekatan terstruktur yang eksplisit, sistematis dan kumulatif. Programnya intensif dan diajarkan satu lawan satu atau dalam kelompok kecil. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan keterampilan bahasa lisan dan tulisan.

Banyak teknik multisensori ini juga bisa digunakan di rumah.

Instruksi khusus bukanlah satu-satunya cara sekolah membantu anak-anak dyslexia. Jika anak Anda memiliki rencana IEP atau rencana 504, dia mungkin mendapatkan akomodasi formal, seperti waktu tambahan untuk tes atau salinan catatan guru. Jika dia tidak memiliki rencana IEP atau rencana 504, gurunya mungkin memberinya dukungan informal.

Anak Anda mungkin juga mendapatkan teknologi bantu untuk membaca. Dua contoh adalah perangkat lunak text-to-speech dan buku audio.

Terapi untuk Disleksia

Disleksia adalah masalah dengan bahasa. Masalah sering dimulai dengan kesadaran fonologis, keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dibaca.

Anak-anak dengan kesadaran fonologis yang buruk memiliki masalah dalam mengenali dan bekerja dengan suara dalam kata-kata. Mereka cenderung berjuang dengan belajar membaca.

Sejumlah jenis spesialis bisa mengajari anak-anak penderita disleksia untuk mengenali suara kata. Selain itu juga dapat membantu mereka dengan teks-huruf phonics-menyambung dengan suara, memecah kata menjadi suara, dan memadukan suara menjadi kata-kata.

Bersama-sama, keterampilan ini memungkinkan anak mengucapkan kata-kata yang tidak mereka ketahui. Proses itu dikenal sebagai decoding, dan ini penting untuk dibaca.

Kalangan Profesional yang menyediakan jenis terapi ini termasuk psikolog, guru, spesialis bacaan, spesialis pembelajaran dan ahli bahasa bicara (SLP) yang fokus pada masalah belajar. Mereka bekerja di sekolah dan juga di lingkungan pribadi.

Pakar dapat menggunakan banyak strategi untuk membangun kesadaran fonologis dan kemampuan membaca lainnya. Mereka mungkin bekerja pada berima, misalnya. Mereka dapat membantu anak-anak mengenali suku kata dengan meminta mereka bertepuk tangan atas nama mereka.

Pengobatan dengan penderita yang sama

Banyak anak dengan disleksia juga memiliki ADHD. Beberapa juga memiliki kecemasan atau depresi. Mengobati kondisi lain dengan pengobatan dan terapi perilaku kognitif tidak akan langsung membantu dyslexia. Tapi itu bisa membuka jalan bagi anak-anak untuk mendapatkan keuntungan dari instruksi yang mereka dapatkan untuk masalah membaca.

Terapi perilaku kognitif dapat membantu kecemasan dan depresi. Terapi perilaku dapat membantu ADHD. Dan ada obat yang efektif untuk ADHD, kecemasan dan depresi.

 Membantu Disleksia di Rumah

Ada banyak tip, alat dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk membantu anak Anda di rumah. Lihat aplikasi dan game yang mempermudah pembacaan. Pelajari tentang perangkat lunak yang dapat membantu anak-anak membaca masalah. Dan dapatkan tip untuk mengajari anak-anak penderita disleksia untuk belajar melihat kata-kata.

Psikolog, guru, spesialis bacaan, spesialis pembelajaran, dan ahli patologi bahasa, pidato dapat membantu anak-anak dengan bahasa dan masalah membaca.

Anda bisa menggunakan teknik multisensori untuk membantu anak Anda menderita disleksia di rumah.

Tidak ada obat yang mengobati disleksia, namun pengobatan dapat membantu anak-anak dengan masalah bersamaan seperti ADHD atau kecemasan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *