Tips dan Cara /  -

Efek Samping Kurang Tidur | Insomnia & Cara mengatasinya

Januari 12th, 2017 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-04-23 17:47

Cek kembali – Bagi orang mengalami susah tidur merupakan hal yang tidak menyenangkan terlebih keesokan harinya harus beraktivitas penuh. Susah tidur atau biasa dikenal dengan sebutan insomnia merupakan suatu adanya permasalah/ganguan psikologis. Kebutuhan istrahat (tidur) dalam sehari untuk orang dewasa yakni mulai dari 7 sampai 9 jam. Jadi kebayang-kan bila malam hari sama sekali gak tidur sementara esokan harinya harus bertempur dengan tumpukan pekerjaan. Untuk itu sebaiknya ketahui cara mengatasi susah tidur tersebut serta gejala/penyebab.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Penyebab susah tidur

Insomnia bukan merupakan suatu penyakit akan tetetapi suatu gejala yang timbul akibat beberapa faktor seperti gelisah yang berkepanjangan, adanya kelainan fisik, sering mengkonsumsi obat-obatan, resah, ketakutan, cemas, setress akibat memikirkan peristiwa yang akan datang, terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur lagi, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, tidur siang, pola hidup dan lain sebagainya

Efek Samping Kurang Tidur

Umumnya orang yang kurang atau tidak tidur sama sekali akan mudah terbawa susah mengendalikan emosioanalnya layaknya orang yang cukup tidur. Memang secara medis insomnia tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan anda, meski berdampak langsung terhadap kesehatan sebaiknya jangan diabaikan hal seperti ini. berikut efek samping akibat kurang tidur:

  • Penuan dini

Saat anda tertidur pulas, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dimana hormon tersebut yang berperan untuk pertumbuhan pada masa anak-anak. Setelah mengalami proses pendewasaan hormon tersebut berubah fungsi menjadi perkuat tulang, mempertebal kulit, pembesaran otot dan lainnya. Akan tetapi ketika anda mengalami kurang tidur tentu tubuh anda tidak mendapatkan hormon yang cukup.

Sebaliknya bila kurang tidur justru tubuh akan melepaskan hormon setres disebut kortisol yang dapat memecah kologen, protein dalam tubuh yang berperan untuk menjadi agar kulit tetap  halus & elastis. Akibat hal tersebut kebanyakan yang kurang tidur akan terlihat kulit yg pucat, garis hitam yang terdapat dibawah kedua mata dan muka tampak kusam.

  •  Daya ingat menurun

Ketika mendapatkan tidur yang cukup otak manusia akan berproses & menguatkan daya ingat kita. Begitu juga sebaliknya ketika anda kurang tidur daya ingat tersebut tidak tersimpan dgn baik bahkan ingat bisa saja hilang ketika kurang tidur.

  • Susah berpikir jernih

Selain daya ingat mengalami penurunan,  orang yang tidak cukup tidur akan lebih susah untuk berpikir jernih. Biasanya dalam membuat suatu keputusan saat kurang tidur cendrung kurang tepat. Selain itu kejadian teledor seperti lupa menempatkan barang-barang dompet maupun HP

  • Emosional menjadi tidak stabil

Salah satu penyebab orang mudah marah yakni kurang tidur, hal ini dipicu adanya penuruna fungsi otak. Kontrol otak yang tidak stabil membuat seseorang cepat marah/emosi padahal merupakan hal spele.

  • Darah tinggi

Keseringan tidak tidur malam hari dapat memicu hipertensi/tekanan darah tinggi meningkat yang menyebabkan pembuluh darah tidak dapat bekerja dengan baik tentu ini sangat beresiko fatal baga penderi darah tinggi.

  • Sistem imun menurun

Efek samping kurang tidur yang paling sering dialami ialah malas bergerak suka bermalas malasan ditempat tidur. Selain itu dampak yang ditimbulkkan penurunan sistem imun yang berakibat penyakit dengan mudah menyerang.

  • Depresi

Depresi sangat erat hubungannya dengan ganguan tidur, kurang tidur dpt memicu sesorang menjadi depresi sementara depresi bisa membuat anda sulit tidur.

  • Pemicu obesitas.

Ketika kurang tidur, mut makan justru bertambah dan kembali cepat lapar. Hal ini disebabkan adanya kiriman leptin yang menyebankan otak memiliki nafsu makan yang tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi pada tengah malah merupakan pemicu terjadinya peningkatan berat badan/obesitas. Perlu untuk diketahui orang yang mengalami keberatan berat badan dapat memicu penyakit jantung, ginjal & stroke.

  • Tidur siang yang berlebihan

Secara otomatis bila semalam suntuk anda tidak bisa tidur tentu siang harinya akan terasa kantuk yang berlebihan. Hal seperti ini dapat membuat tubuh anda mengalami perubahan fungsi terutama dalam memproduksi hormon dan sistem kekebalan tubuh.

  • Gairah seks menurun

Baik prempuan maupuan laki-laki bila mengalami ganguan tidur yang berkepanjangan akan menurunkan libido & keinginan untuk melakukan seks berkurang. Selain itu Kadar testosteron pada pria memungkinkan menurun bilamana mengalami gangguan apnea tidur (gangguan pernapasan yg disebabkan krn terhentinya pernafasan beberapa kali saat tidur sehingga tubuh & otak kekurangan oksigen

  • Menggangu kesuburan

Seperti dijelaskan diatas kurang tidur  dapat memicu tubuh akan kekurangan hormon dan kekebalan tubuh menurun. Selain kekurangan hormon hormon yang diproduksi tingkat kesuburannya akan terganggu. Jd bila ingin cepat mendapatkan keturunan perbaiki pola tidur anda

  • Pemicu penyakit yg serius hingga menyebabkan kematian mendadak

kurang tidur dapat memicu komplikasi penyakit seperti diabeters, hipertensi, serangan jantung, stroke dan lainnya yng kesemuanya kapan saja dapat merenggut nyawa anda.

Cara Mengatasi susah tidur

Setelah mengetahui penyebabnya tentu kita akan lebih mudah mengatasinya. Umumnya penyebab susah tidur diatas lebih kepada pola hidup yang kurang sehat 

  • Hindari tidur pada siang hari

Berbeda dengan orang yang memiliki berat badan biasanya akan lebih mudah tidur meski pada siang hari tidur, akan tetapi bila anda termasuk orang yang suah tidur pada malam hari upayakan pada siang hari jangan tidur. Hal ini dapat meningkat rasa ngantuk yang begitu tinggi pada malam hari.

  • Kurangi konsumsi kafein 

Meski sebagian orang kopi tidak berpengaruh untuk tidur malam, sebaiknya kurangi konsumsi kafein, Ketergantungan terhadap kopi sangat memicu susah tidur, anda bisa menggantinya dengan air putih maupun teh hangat

  • Olahraga

Dengan berolahraga pada siang hari dapat membuat tubuh anda menjadi lelah pada malam hari. Lakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh anda lelah  pada malam hari seperti jalan santai, bersepeda, renang dan lain sebagainya.

  • Mandi air hangat

Bila tips diatas belum juga bisa membuat anda tidur sebaiknya mandi air hangat. Dengan mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi rilex dan lebih nyaman.

  • Padamkan semua electronik

Sebaiknya semua peralatan elektronic anda seperti HP, TV maupun komputer dalam keadaan OFF. Cahaya yang berasal dari electronik diatas masuk ke ke retiina sehingga dapat membuat bingung kerja otak untuk membedakan siang hari & malam hari.

  • Gunakan kaus kaki

Mengenakan kaus kaki dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat sehingga kamu akan terasa lelap dan nyaman saat tidur

  • Hindari makan berat pada malam hari

Perut kosong dapat membuat suah tidur, begitu juga sebalik makan berlebihan pada malam hari juga memicu untuk susah tidur. Hindari makan berlebihan sepeti nasi mie, roti. Seperti dijelaskan diatas makan yang berlebihan tengah malam dapat memicu obesitas yang tidak baik untuk kesehatan.

  • Atur alarm

Stel alarm saat ingin tidur, dengan seperti ini diharapkan dapat mengembalikan jadwal tidur anda menjadi normal seperti biasa.

  • Kurangi cahaya lampu

Cahaya lampu yang terang dapat menggangu tidur, sebaiknya gunakan lampu yang memiliki intensitas cahaya redup.

Demikian tentang cara mengatasi susah tidur, semoga anda bisa tidur dengan nyenyak setelah mempraktekkan semua yang ada diatas.

Komentar