Investasi /  -

Ingin Berinvestasi Saham? Pahami Dulu Hal-hal Dasar Berikut Ini

September 27th, 2016 | Posted in Investasi | |
2017-04-23 17:44

Investasi sekarang ini sudah mulai di kenal dan di lakukan oleh banyak orang. Namun memang tidak semua orang tertarik dan melakukannya. Hal tersebut bisa jadi di karenakan banyak dari mereka yang belum paham dan mengerti apa sebenarnya investasi itu sendiri. Masyarakat Indonesia sepertinya belum sepenuhnya ‘percaya’ akan sistem dari investasi. Yang apabila di katakan bahwa dengan melakukan investasi, modal yang di sertakan bisa berkembang dengan sendirinya.

Memang jika di lihat dan di amati hal tersebut masih kurang meyakinkan mereka tentang keuntungan dari investasi itu sendiri terlebih dalam bentuk investasi saham. Ada pula sebagian masyarakat yang menilai bahwa kegiatan investasi bukan lah pilihan tepat bagi mereka masyarakat dengan ekonomi lemah dan pas- pas an. Yang tepat melakukan investasi hanya lah kalangan pengusaha dengan segudang harta yang di milikinya dengan cara ‘memutar’ dan memanfaatkan harta kekayaannya yang ada kemudian dapat untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

investasi saham

Tetapi sebenarnya, persepsi dan penilaian seperti itu adalah salah. Karena bukan hanya masyarakat yang kaya dan banyak harta saja yang dapat melakukan investasi, namun masyarakat dengan ekonomi pas-pas an atau sederhana pun juga dapat melakukan kegiatan investasi ini. Mengapa? Karena melakukan investasi khususnya investasi saham ini tidak harus dengan modal yang besar. apalagi di tambah dengan kebijakan dari bursa saham yang mempermudah masyarakat untuk dapat melakukan investasi dengan melakukan penurunan jumlah per 1 lot, yang sebelumnya 1 lot adalah 500 lembar saat ini menajdi 1 lot adalah 100 lembar saham. Tentu kemudahan tersebut juga bisa membantu masyarakat yang ingin melakukan investasi namun tidak mempunyai modal yang besar. Anda hanya dengan membeli 1 lot saham saja pada sebuah perusahaan, maka Anda sudah termasuk berinvestasi.

Sebenarnya sekarang ini sudah cukup mudah untuk melakukan kegiatan investasi khususnya saham. Hanya saja kita harus sedikit merubah paradigma- paradigma yang berkembang dalam masyarakat. Investasi bisa di lakukan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja dan tidak harus dengan modal yang besar. Namun sebelum itu, untuk bisa memulai melakukan investasi, tentu orang tersebut harus lah memiliki pengetahuan lebih mengenai apa itu investasi dan bagaimana cara menjalankannya. Minimal kedua hal itu harus Anda ketahui terlebih dahulu. karena untuk menjalankan investasi, Anda harus mengetahui hal mendasar yang berkaitan dengan kegiatan investasi tersebut. pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai investasi saham. Berikut ini beberapa hal hal mendasar yang berkaitan dengan investasi saham agar Anda bisa mengetahui. Selamat menyimak.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai lebih lanjut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu saham dan apa itu investasi saham? Untuk pengertian dari saham itu sendiri adalah berupa surat berharga. Sedangkan yang di maksud dengan investasi saham merupakan suatu kegiatan penyertaan modal dengan tujuan untuk memberikan dana kepada suatu kegiatan dan mendukung arus ekonomi sehingga dapat memberikan keuntungan bagi para investor. Secara gambaran sederhananya, infestasi saham adalah ketika investor melakukan penanaman modal di suatu perusahaan yang modal tersebut di gunakan untuk mengembangkan usahanya yang dapat menghasilkan keuntungan kepada para investor itu sendiri. memang, dalam menjalankan investasi saham ini tidak semudah teori yang di berikan. Harus juga mempunyai strategi- strategi jitu agar investasi saham yang di jalankan berjalan dengan lancar. Seorang investor saham juga perlu mengetahui dan memperhatikan pergerakan harga saham yang di milikinya untuk menentukan keputusan apa yang tepat untuk di ambil dalam mengatasi pergerakan saham tersebut sehingga membuahkan hasil yang menguntungkan. Akan tetapi, kembali lagi bahwa kemampuan dan pengetahuan sangat di perlukan untuk menjadi seorang investor yang hebat. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai investasi saham, berikut kami juga berikan sedikit informasi mengenai jenis- jenis investasi saham. Selamat menyimak.

Jenis- jenis Investasi Saham

Ketika membahas mengenai investasi saham, untuk mereka yang belum mempelajari investasi ini lebih lanjut maka tidak mengetahui bahwa investasi atau saham itu sendiri memiliki beberapa jenis. Jenis- jenis saham tersebut juga di gunakan para investor. Namun bagi mereka yang sudah berlalu lalang di dunia investasi saham ini pasti mengetahui dan paham mengenai jenis- jenis investasi saham ini. untuk saham itu sendiri pada umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu Pertama Saham Biasa, Kedua Saham Preferen. Kedua saham ini memiliki perbedaan dalam karakteristiknya.

Lihat juga investasi yang menguntungkan jangka waktu panjang dan menengah

Ciri atau karakteristik dari saham biasa yaitu para investor atau para pemegang saham biasa ini memiliki hak suara antara lain untuk memilih dean komisaris, termasuk dalam perseroan terbatas dan yang karakteristik yang paling menonjol dan di anggap menguntungkan adalah untuk pemberian hak lebih di dahulukan atau di utamakan apabila perusahaan menerbitkan saham baru di banding dengan saham preferen. Sedangkan untuk karakteristik dari saham preferen antara lain karakteristik yang di miliki saham preferen mempunyai berbagai tingkatan dan karakteristik yang berbeda, selain itu saham preferen memiliki keistimewaan yaitu dapat di tukar menjadi saham biasa, dan kelebihan saham preferen ini adalah bahwa saham preferen lebih di utamakan dalam hal pembagian deviden. Keuntungan lainnya adalah dividen bisa di akumulasikan, jadi jika pada periode pertama pemegang saham preferen ini belum memperoleh deviden sebagai haknya, maka pada periode kedua pemegang saham preferen tersebut akan di berikam keuntungan double yaitu keuntungan periode saat ini dan keuntungan periode sebelumnya. Itu merupakan jenis saham pada umumnya, sedangkan jenis saham berdasarkan kinerja perdagangan maka saham dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis- jenis saham tersebut.

  • Income stocks, yaitu jenis saham emiten yang terkenal dengan kemampuan memberikan atau membayar deviden lebih tinggi dari rata- rata deviden sebelumnya.
  • Blue chip stocks adalah termasuk dalam saham biasa yang memiliki reputasi tinggi sebagai pemimpin dalam industri atau perusahaan.
  • Speculative stocks adalah jenis saham yang dapat konsisten atau stabil memperoleh penghasilan dan di masa mendatang dapat di mungkinkan untuk memperoleh penghasilan yang tinggi.
  • Defensive stocks adalah jenis saham yang mampu untuk dapat stabil dan menetap dalam kurun waktu satu periode atau dalam keadaan yang tidak pasti.
  • Cyclical stocks adalah jenis saham yang sulit bahkan bisa dikatakan tidak dapat terpengaruh dengan kondisi ekonomi makro.
  • Growth stocks adalah jenis saham berupa kumpulan saham yang terkenal dan yang kurang terkenal.
  • Emerging growth stocks adalah saham yang di terbitkan perusahaan tercatat cukup kecil dan stabil atau seimbang meskipun dalam keadaan ekonomi yang sedang bergejolak.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi saham maka sebaiknya Anda menguasai beberapa hal mengenai investasi saham tersebut. pengetahuan juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan investasi yang Anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Perlu pinjaman KTA di taralite aja

Komentar