Ingin investasi jadi aman dan menguntungkan pilih deposito

Nasabah simpanan kini lebih di mudahkan dan di untungkan dengan berbagai jenis produk simpanan yang ada di bank. Seperti yang di ketahui bahwa biasanya orang menabung di bank ya hanya sekedar menabung saja. tujuannya ialah menyimpan uang atau dananya pada lembaga keuangan agar lebih aman. Atau jika tidak, fasilitas menabung di bank di manfaatkan karena tidak pandai dalam menyimpan uang sendiri atau secara manual maka dari itu perlu jasa perbankan untuk menyimpankan uangnya agar tidak boros dan mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Namun sekarang, berbagai produk simpanan telah banyak di tawarkan oleh bank- bank bukan hanya dalam bentuk tabungan biasa saja, namun juga bisa dalam bentuk produk lain yaitu deposito. Tentnunya sekarang ini lebih di minati oleh para nasabah karena mempunyai keuntungan yang lebih dari tabungan biasa. Sebenarnya antara tabungan mempunyai fungsi yang sama ialah sama- sama produk simpanan yang bisa di gunakan oleh nasabah kreditur untuk menyimpan uangnya. Namun perbedaannya hanya pada jangka waktunya saja.

deposito

Deposito merupakan produk simpanan yang di tawarkan oleh bank di mana untuk penarikan dan penyetorannya hanya dapat di lakukan dalam jangka waktu tertentu saja. seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa deposito ini memiliki jangka waktu. Jadi, ketika Anda ingin melakukan setoran dana maupun melakukan penarikan dana tidak bisa sewaktu- waktu Anda lakukan. Karena jika Anad melakukannya pasti pihak bank akan memberikan pinalti kepada Anda karena di tarik sebelum waktunya. Yang membuat deposito ini lebih di minati adalah suku bunganya yang lebih tinggi dari pada produk tabungan. Semakin besar saldo atau jumlah simpanan Anda maka biasanya bunga yang di tawarkan juga akan semakin besar.

Deposito ini bisa di katakan sebagai tabungan berjangka, maka dari itu banyak juga orang yang memanfaatkannya sebagai sarana berinvestasi. Mengapa demikian? Deposito merupakan produk simpanan yang tak memiliki resiko dan memberikan keuntungan yang lumayan. Jika di bandingkan dengan produk investasi lainnya, deposito ini ternyata lebih aman karena kemungkinan kerugian atau kehilangannya kecil di bandingkan dengan investasi lain seperti investasi saham maupun investasi reksa dana. Bahkan untuk keuntungan produk deposito ini cukup bersaing dengan keuntungan pada produk investasi lainnya. Itu berarti peluang keuntungan pada produk deposito ini dari tahun ke tahun dan menarik untuk di coba.

Ciri dan Karakter Deposito

Untuk lebih mengena lebih jauh mengenai produk simpanan sekaligus investasi ini kita juga perlu mengetahui bagaimana karakter dan ciri deposito. Berikut ini ciri dan karakter.

Setoran Minimal

Hampir sama dengan produk simpanan lainnya, yaitu ketika Anda membuka rekening di bank maka biasanya bank akan memberikan batasan setoran minimal yang harus Anda penuhi. Namun perbedaannya ialah setoran minimal dari produk deposito ini cukup besar daripada produk tabungan biasa. Jika tabungan biasa, cukup dengan Rp 100 ribu Anda sudah bisa membuka rekening dan mendapatkan fasilitas ATM, untuk produk deposito ini Anda membutuhkan setoran awal yang cukup besar yaitu rata- rata Rp 5 juta.

Jangka Waktu

Seperti halnya yang di sampaikan sebelumnya bahwa jenis tabungan ini memiliki jangka waktu simpanan. Jangka waktunya biasanya mulai dari 3, 6, 12, 24 bulan, namun ini juga tergantung pada kebijakan masing- masing bank. Anda perlu mempertimbangkan mengenai jangka waktu ini karena ini berkaitan dengan kebutuhan Anda. jika dana tersebut tidak akan segera Anda gunakan sih bisa- bisa saja memilih jangka waktu yang panjang. Namun jika dana tersebut sudah Anda rencanakan untuk di  gunakan maka sebaiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk menggunakan dana tersebut.

Ingat bahwa bank bisa memberikan Anda pinalti jika Anda mengambil dana Anda sebelum jatuh tempo. Produk deposito ini sangat pas dan cocok bagi Anda yang susah untuk berhemat karena Anda tidak bisa menggunakan dana Anda sesuka hati dan boros.

Bunga Deposito

Bunga yang di berikan bank kepada Anda ini termasuk cukup besar jika di banding bunga di produk tabungan biasa. Bunga yang anda peroleh akan semakin besar jika jumlah dana yang Anda simpan pun juga besar. Anda bisa menggunakannya sebagai sarana investasi menguntungkan.

Risiko Rendah

Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa produk ini termasuk produk simpanan dan investasi yang rendah resiko. Mengapa? Karena produk ini termasuk juga ke dalam produk yang di jamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Maka jika nsabah mengalami kerugian atas dana yang di simpannya, maka nasabah bisa mengadukannya ke LPS yang selanjutnya akan di lakukan langkah- langkah untuk mengembalikan kerugian yang Anda alami. Untuk jumlah simpanan yang di jamin oleh LPS ialah kurang dari Rp 2 milyar dengan suku bunga maksimal 7,5%.

Dapat di gunakan Sebagai Jaminan.

Mungkinkah deposito di gunakan sebagai jaminan? Ya, munkin, ternyata investastasi ini termasuk salah satu aset yang bisa di gunakan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Akan tetapi, ada pula bank yang tidak bersedia menerima jaminan berupa deposito.

Produk Kena Pajak

Untuk kekurangan dari produk ini ialah  merupakan produk kena pajak. Artinya, keuntungan yang Anda terima berupa bunga tersebut tidak bisa Anda terima secara utuh melainkan harus di potong terlebih dahulu untuk pajak yaitu sekitar 20% dari jumlah keuntungan.

Lalu Bagaimana Menghitung Keuntungan Deposito?

Contoh perhitungan .

Pak Ahmad adalah nasabah di bank X dengan jumlah dana Rp 50 juta dengan jangka waktu 12 bulan. Bunga di tetapkan sebesar 5% dan pajak sebesar 20%.

Bunga = Suku bunga x Nominal uang yang ditanamkan x Hari / 365

= 5% x Rp 50 juta x 360 / 365

= Rp 2.465.753, 42

Pajak = Tarif pajak x bunga

= 20% x Rp 2.465.753, 42

= 493.150,6

Pendapatan bersih

= Rp 2.465.753, 42 – Rp 493.150,6

= Rp 1.972.602, 82

Jadi, jika Anda menyimpan uang Anda dalam deposito sebesar Rp 50 juta dengan bunga 5% dengan jangka waktu 12 bulan atau satu tahun maka keuntungan yang bisa di terima ialah Rp 1.972.602, 82.  Memang terlihat sedikit keuntungan yang di peroleh, namun jika Anda menyertakan atau menyimpan uang dalam jumlah yang lebih banyak maka keuntungan yang di dapatkan juga pasti lebih banyak. Jadi, selain Anda bisa menyimpan uang Anda dengan aman, Anda juga bisa berinvestasi dengan keuntungan yang menjanjikan seperti halnya investasi pada umumnya. Produk ini menarik dan patut juga Anda coba. Semoga Bermanfaat.