Ini investasi yang paling menguntungkan
Investasi /  -

Ini investasi yang paling menguntungkan

Mei 25th, 2016 | Posted in Investasi | |
2017-07-21 04:34

Pada dasarnya investasi digolongkan manjadi dua kategori yakni investasi properti, jenis investasi ini memiliki wujud yaitu tanah maupun rumah sementara investasi tak berwujud atau lebih dikenal dengan sebutan investasi finance yang meliputi saham, emas, obligasi, deposito, sertivikat surat bank indonesia dan sejenis lainnya. Berbicara tentang investasi yang menguntungkan, dari dua jenis diatas sama sama memiliki tingkat keuntungan terlepas dari resiko yang mengikuti. Berikut ini saya akan membahas secara ringkas tetapi lengkap.

Investasi Properti

1). Investasi Tanah

Tanah bisa dikatakan jenis investasi aman, paling ideal dan menguntungkan selain nilainya tidak pernah disusutkan baik wujudnya maupun harga akibat pemakaian berulang-ulang, resiko berinvestasi tanah juga nyaris tidak ada kalaupun ada kemungkinan sangat kecil.

investasi yang menguntungkan
investasi tanah salah satu investasi yang paling aman

Keuntungan berinvestasi tanah

  • Satu satunya aset baik berwujud maupun non wujud yang tidak pernah disusutkan akibat pemakaian yang berulang-ulang.
  • Harga tanah semakin hari kian meningkat. Faktor yang mempengaruhi harga tanah terus meningkat yaitu jumlah tanah semakin hari semakin berkurang sementara kebutuhan akan tanah untuk membangun rumah maupun lainnya terus meningkat. Seperti point pertama diatas tanah tidak pernah disusutkan nilainya melainkan terus meningkat ini menjadi salah satu faktor harga tanah terus naik
  • Tidak ada biaya perawatan kalaupun ada hanya kecil kemungkinan. Dengan memilih tanah sebagai investasi anda tidak akan direpotkan pengeluaran sebagai biaya perawatan

Kelemahan berinvestasi tanah

Meski tanah merupakan investasi yang menguntungkan bukan berarti tidak memilik kelemahan

  • Modal yang tinggi. Tingginya harga tanah praktis yang sanggup membeli tanah lebih dominan kalangan ekonomi menengah keatas. Untuk kalangan ekonomi menengah kebawah rasanya sulit untuk memperolehnya. Salah satu cara untuk mendapatkan investasi ini dengan mencicil.
  • Tidak ada pemasukan rutin setiap bulannya. Membeli sebidang tanah tanpa mengembangkannya seperti membangun rumah kos-kosan, kontrakan atau lainnya anda tidak akan memiliki pemasukan bahkan kamu harus mengeluarkan biaya untuk menjaganya.
  • Kurang likuid. Hampir semua kelemahan berinvestasi tanah dipengaruhi harganya yang tinggi tidak terkecuali susah untuk dicairkan. seperti dijelaskan diatas orang yang kemungkinan menawar bila anda ingin menjual tanah yang kamu miliki kemungkinan besar yang sanggup membayarnya adalah kalangan ekonomi menengah keatas.

Tips ber investasi tanah agar menguntungkan

1). Perhatikan letak tanah

Letak tanah sangat mempengaruhi terhadap nasib investasi anda, sebaiknya dalam memilih lokasi tanah yang hendak dibeli pilih tempat tempat strategis seperti pusat bisnis, industri, kawasan permukiman, kawasan yang kemungkinan dalam jangka dekat berpotensi untuk berkembang karena berpeluang untuk dijadikan/dibangun kawasan pendidikan, kantor pemerintahan atau proyek pemerintah lainnya.

2). Kondisi/geografis tanah

Semangan menggebu gebu untuk membeli tanah boleh boleh saja akan lebih baik perhatikan letak geografis tanah yang akan dibeli misalkan rawan akan longsor, banjir ketika musim hujan maupun dari segi kerataan dan kepadatan tanah tersebut.

3). Harga tanah

Acuan dari pemerintah untuk menentukan nilai atau harga sebidang tanah yakni melalui Nilai jual obyek pajak (NJOP) yang ditentukan pemerintahsekali dalam setahun . Acuan tersebut saat ini praktis tidak digunakan mengingat tajamnya kenaikan harga tanah dalam hitungan bulan bahkan minggu orang yang ingin menjual tanahnya sesuka hatinya tanpa memperhatikan pasaran harga. Untuk menghindari hal tersebut cari tau berapa harga per-meter dilokasi tersebut diluar njop lalu lakukan negoisasi.

4). Legalitas tanah

Masalah legalitas kepemilikan tanah sangat riskan terjadinya sengketa terutama dari pihak ahli waris karena mereka mengklaim tanah tersebut milik mereka dan tidak pernah menjual sama siapa saja. Sebaiknya untuk menghindari hal tersebut pastikan anda mengecek ke BPN apakah tanah tersebut terdaptar dan siapa pemilik resmi dari tanah tersebut.

2). Investasi Rumah

Rumah merupakan bagian dari investasi properti. Membeli rumah lewat Kredit pemilikan rumah (KPR) maupun secara tunai tentunya dapat tanah karena rumah didirakan diatas sebidang tanah. Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang jadi tidak salah bila anda putuskan berinvestasi rumah.

Keuntungan investasi rumah

  1. Harga yang stabil bahkan lebih cendrung meningkat. Sebenarnya investasi rumah tidak berbeda jauh dengan investasi tanah kedua jenis investasi ini merupakan investasi yang menguntungkan karena harganya akan terus meningkat meski dipakai sekian lama.
  2. Selain dapat ditempati sendiri oleh pemiliknya dapat juga dijadikan sebagai penghasilan tambahan dengan menyewakannya.
  3. Dapat dicicil melalui Kredit kepemilikan rumah.

Kelemahan Investasi Rumah

  1. Untuk memiliki rumah yang harganya sangat tinggi memang tidak harus secara cash atau tunai dapat melalui KPR. Syarat membeli KPR harus memberikan Uang muka sebesar 20% karena bank atau lembaga pembiayaan hanya membeckup sebesar 80% selebihnya harus dibiayai sendiri oleh konsumen.
  2. Kurang likuid. Untuk penjelasan ini tidak berbeda jauh sama dengan diatas.

Tips berinvestasi rumah (KPR)

  1. Perhatikan letak dan georafis tanah dan bagunan. Bilamana anda membeli rumah dalam keadaan rekondisi upayakan bangunan rumah tersebut bangunannya masih kokoh dan tidak terendam banjir saat musim hujan maupun rawan akan longsor. Bila tidak memperhatikan kondisi tersebut jangankan mengharap investasi yang menguntungkan kerugian besar akan menimpa anda.
  2. Bila anda berniat menempati rumah tersebut upayakan sesuai dengan keinginan anda. Jarak dan akses yang jauh dari tempat kerja merupakan salah satu menjadi pertimbangan terlebih akses menuju lokasi rumah tersebut sangat susah.
  3. Mencicil lewat KPR. Tingginya harga sebuah rumah merupakan salah satu kendala ingin memiliki rumah impian, sebaiknya bila kamu tidak mampu membeli secara tunai pilihannya adalah kredit kepemilikan rumah meski cicilannya cukup lama hingga 20 tahun yang penting statusnya rumah sendiri.

Investasi Finance

I. Investasi saham

Saham merupakan salah satu investasi yang memiliki tingkat pengembalian yang berkali-lipat. Dengan membeli saham suatu perusahaan berarti anda telah memiliki hak terhadap kepemilkan baik perusahaan maupun produk yang dihasilkan.

Saat ini kemudahan untuk memproleh/membeli saham dapat secara online, berikut syarat dan cara membeli saham melalui online.

1). Pastikan anda memiliki/membuka rekening saham

Syarat pertama yang harus anda lakukan sebelum ber-investasi saham secara online kamu harus memiliki rekening saham di salah satu perusahaan sekuritas(perusahaan pilang maupun broker saham). Di indonesia sendiri cukup banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan berinvestasi saham dengan membuka rekening dengan saldo awal tidak terlalu besar yakni berkisar 5 jutaan. Sebaiknya untuk memastikan berapa besaran untuk saldo awal coba kamu contact perusahaan tersebut. Adapaun syarat untuk membuka rekening saham sebagai berikut:

  • FC identitas (KTP/Paspor)
  • Informasi tentang pekerjaan dan alamat tinggal
  • Data tentang ahli waris
  • FC buku tabungan
2). Tentukan saham mana yang akan dibeli

Langkah selanjutnya setelah membuka tekening saham yakni menentukan saham mana yang akan dibeli apakah perusahaan BUMN atau perusahaan swasta nasional yang dimiliki orang asing tergantung kepada anda sendiri. Tujuan pemilihan saham ini ialah untuk menganalisa saham mana yang layak dibeli dan tidak.

Dalam pemilihan saham yang baik sebaiknya anda harus mengerti tentang perusahaan yang hendak dibeli sahamnya misalnya kemampuan perusahaan dalam menciptakan laba, atau kondisi perusahaan itu sendiri apakah dalam keadaan sehat maupun dalam keadaan berkembang yang memiliki potensi keuntungan yang tinggi

3) Lakukan pembelian

Untuk mandapatkan/membeli saham dapat dilakukan dengan dua cara yakni sebagai berikut

  1. Dengan menghubungi pialang/broker saham. Kamu dapat meminta bantuan broker saham dimana anda membuka rekening saham tersebut baik melalui tatap muka maupun vie telp.
  2. Bisa secara langsung order pembelian saham dengan mengujungi trading order saham system. Pada umumnya perusahan pialang telah menyediakan fasilitas online untuk memudahkan para nasabah membeli maupun menjual sahamnya.

4). Menjual kembali saham

Ada saatnya kita harus melepas saham yang kita beli disaat harga saham yang kita miliki lebih tinggi dari harga jual dari pada harga beli awal/naik. Untuk itu sebagai pemain pasar saham anda harus memantau terus trend harga saham tersebutt

Langkah atau cara menjual saham yang ingin kita jual tidak berbeda jauh saat kita membeli saham tersebut bisa dengan menghubungi broker saham maupun mengunjugi trading order saham system.

Keuntungan berinvestasi saham

  • Tingkat return atau keuntungan yang berkali lipat.Saham merupakan salah satu investasi yang menguntungkan baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka menengah.
  • Likuid. Ketika anda merasa harga jual saham yang kamu miliki lebih tinggi dari harga saat pembelian seketika itu kamu dapat langsung menjualnya.
  • Tidak perlua ada biaya perawatan atau biaya lainnya.

II. Obligasi

Pengertian obligasi ialah peengakuan surat hutang yang diterbitkan perusahaan maupun pemerintah untuk jangka panjang dengan nilai nominal (nilai pari). Bila anda membeli saham perusahaan berarti anda memiliki hak atas perusahaan tersebut berbeda dengan obligasi merupakan pinjaman yang diberikan kepada perusahaan dengan mendapatkan kelebuhan berupa bunga ataupun lainnya. Jenis obligasi sendir dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut.

investasi yang menguntungkan

Jenis obligasi berdasarkan penerbit

  1. Obligasi yang diterbitkan pemerintah pemerintah pusat/Government Bond
  2. Obligasi yang diterbitkan perusahaan swasta nasional/Corporate Bond. dan
  3. Municipal Bond yakni obligasi yang diterbitkan pemerintah daerah untuk mendanai suatu proyek daerah

Jenis obligasi berdasarkan jaminannya

  1. Secured Bond yaitu obligasi yang dijaminkan berdasarkan kekayaan yang dimiliki penerbit obligasi atau bisa juga dengan menggunakan kekayaan pihak ketiga. jenis obligasi ini juga dibedakan atas tiga bagian yakni guaranteed bond adalah jenis obligasi yang penjaminnya pihak ketiga, mortgage bond yaitu obligasi dengan jaminan hipotik maupun aktiva tetap, dan collateral trust bond yaitu jenis obligasi berdasarkan jaminan efek yang dimiliki penerbit itu sendiri
  2. Unsecured Bond, merupakan kebalikan dari secured Bond

Tidak berbeda jauh dengan jenis investasi lainnya perlu investasi obligasi juga perlu analisa dan penilaian sebelum memutuskan membeli obligasi tertentu sebaiknya anda harus menganalisa terhadap perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut. Analisa dilakukan bertujuan untuk menghindari terjadinya gagal bayar obligasi tersebut.

Jenis obligasi berdasarkan penukaran

  1. Convertible Bond yaitu jenis obligasi yang dapat ditukarkan dengan saham penerbit obligasi. Artinya pemegang obligasi memiliki keuntungan bila ingin menukarkan dengan saham penerbit oblagisi tersebut.
  2. Exchangeable Bond yaitu jenis obligasi yang diberikan hak kepada pemegang obligasi untuk menukar saham perusahaan kesejumlah saham afiliasi penerbit obligasi
  3. Callable Bond yaitu, obligasi yang memberikan hak khusus kepada emiten untuk membeli kembali obligasi pada harga tertentu selama umur obligasi tersebut.
  4. Putable Bond yakni obligasi yang memberikan hak kepada pihak kedua/pemegang obligasi untuk mengharuskan emiten membeli kembali obligasi tersebut pada waktu tertentu.

Jenis obligasi berdasarkan pembayaran bunga

  1. Zero Coupon Bond yaitu sistem pembayaran bunga dan pokok pinjaman dilakukan sekali gus ketika jatuh tempo bukan secara periodik
  2. Coupon Bond yaitu sistem pembayaran yang dilakukan secara periodik sesuai dengan ketentuan penerbit obligasi
  3. Fixed Coupon Bond yaitu obligasi yang dibayarkan berdasarkan tingkat kupon bunga yang telah ditetapkan pada awal penawaran serta dibayarkan secara periodik
  4. Floating Coupon Bond obligasi dengan tingkat suku yang dibayarkan sebelum jangka waktu tertentu berdasarkan suatu acuan/benchmark

Jenis obligasi berdasarkan nilai nominal

  1. Konvensional Bond yaitu obligasi yang nilai nominal umumnya 1M/lot
  2. Retail Bond yaitu merupakan kebalikan dari Konvensional Bond/lebih kecil

Jenis obligasi berdasarkan perhitungan imbal hasil

  1. Konvensional Bond yaitu obligasi yang sistem kerjanya berdaskan konvesional/bunga
  2. Syariah Bond yaitu obligasi sistem kerjanya berdasarkan syariah

Keuntungan berinvestasi obligasi

  1. Memberikan keuntungan/pendapatan yang tetap berupa cupon, salah satu keuntugan membeli investasi berupa obligasi yakni mendapatkan bunga secara rutin selama obligasi tersebut berlaku. Tingkat suku bunga obligasi umumnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan deposito dan SBI
  2. Keuntungan atas penjualan obligasi (capital gain). Selain mendapatkan bunga secara rutin pemegang obligasi dapat menjual obligasi tersebut. Bilamana pemegang obligasi menjual obligasi diatas harga beli merupakan keuntungan selisih keuntungan tersebut biasa disebut dengan capital gain

Cara dan tempat mendapatkan obligasi

  1. pasar primier, Merupakan perdagangan obligasi saat diterbitkan. Syarat untuk diperjual belikannya obligasi yaitu harus terdaftar dibursa efek surabaya sekarang bursa efek indonesia.
  2. Pasar Sekunder yaitu tempat tempat diperdagangkannya obligasi setelah diterbitkan dan dicatat Dibursa BES perdagangan dilakukan secara Over the Counter (OTC), yang artinya tidak dapat diperdangkan secara fisik pembeli maupun penjual obligasi berinteraksi melalui perangkat elektronik seperti perangkat komputer, by email maupun online trading.

III Sertivikat Bank Indonesia/SBI

Sertivikat bank indonesia disingkat BSI ialah Surat hutang yang dikeluarkan bank indonesia dengan jangka waktu tertentu. SBI bisa dikatakan Investasi yang menguntungkan dan bebas resiko kerugian karena SBI sendiri diterbitkan oleh pemerintah lewat bank indonesia.

sertifikat bank indonesia
sumber gambar sangpemimpi12.wordpress.com

SBI sendiri masih kurang dikenal ditengah masyarakat luas sebagai investasi karena instrumen ini lebih sering dilakukan bank untuk kepentingan bank itu sendiri

Cara dan tempat membeli SBI

  1. Sertivikat bank indonesia diperdagang setiap hari kamis dengan jatuh tempi 28hr dengan jatuh tempo pada hari kamis ke4 berikutnya
  2. Proses pembelian/mendapatkan SBI dilakukan secara lelang pada hari rabu sehari sebelum transaksi oleh bank yang ada di indonesia bisa juga broker-broker
  3. Bila anda ingin mendapatkan SBI anda harus menghubungi bank yang menawarkan produk ini.
  4. Pada hari rabu sore bank indonesia akan mengumumkan siapa yang menjadi pemenang lelang serta nilai yang diperoleh dalam lelang tersebut.

III. Investasi Emas

Untuk info lebih lengkap tentang investasi emas silahkan klik dibawah ini

Butuh Pinjaman KTA, Ajukan di taralite aja.

Komentar

16 comments on “Ini investasi yang paling menguntungkan