Kartu Kredit? Membantu Atau Malah Membuat Seseorang Terjerat Hutang?

Ketika terjadi masalah keuangan dan membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan, umumnya seseorang akan melakukan beberapa cara agar kebutuhan tersebut bisa di penuhi. Cara yang bisa di lakukan untuk memenuhi kebutuhan itu pula juga bermacam- macam. Salah satu cara yang di lakukan ketika tidak mempunyai dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah melakukan pengajuan pinjaman. Pengajuan pinjaman bisa di lakukan di beberapa tempat, bisa melakukan pinjaman ke personal bisa keluarga atau kerabat dekat, mengajukan pinjaman ke tempat pinjam uang cepat, atau bisa juga melakukan pengajuan pinjaman ke bank baik melalui Kredit tanpa agunan (KTA) maupun secara kredit multiguna  Produk dan fasilitas yang terdapat di bank sekarang ini beragam dan bervariasi. Apalagi produk kredit atau pinjamannya. Produk pinjaman atau kredit yang ada di bank difungsikan untuk membantu menyelesaikan masalah keuangan yang ada di masyarakat. masalah keuangan bisa terjadi pada siapa saja dan tidak melihat waktu dan keadaan. Jadi, hadirnya produk- produk perbankan khususnya pinjaman ini di rasa sangat membantu masyarakat. bukan hanya dalam bentuk pinjaman secara tunai, bank juga memiliki semacam produk kredit namu tidak berupa uang atau dana secara tunai. Contohnya adalah produk kartu kredit / credit card.

kartu kredit

Sekarang ini gaya hidup masyarakat menginginkan semua serba instant. Bahkan dalam melakukan pembayaran menghendaki prosesnya yang instant. Sepertinya pembayaran dengan menggunakan credit card sudah menjadi pilihan dan gaya hidup masyarakat kita. Namun, sebelum mengulas lebih dalam mengenai credit card, harus di ketahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya credit card. Kartu kredit merupakan suatu alat pembayaran berbentuk kartu yang di keluarkan suatu bank dan lembaga keuangan sejenis yang memberikan kemudahan bagi seesorang ketika membayar saat membeli seseuatu barang dengan cara kredit atau tidak cash. Jika di baca mengenai pengertian dari kartu kredit maka Anda bisa membayar pembelian sesuatu melalui credit card tanpa menggunakan uang tunai. Perlu di ketahui bahwa prosesnya berbeda jika melalui kartu debit. Karena jika debit, Anda sudah mempunyai tabungan untuk bisa membayar tagihan tersebut. Sedangkan untuk credit card, Anda membayarnya dengan hutang atau pinjaman dana tanpa adanya dana yang Anda simpan. Jadi, ketika Anda menggunakan credit card pasti setiap bulan pihak bank akan memberikan Anda sebuah tagihan sebesar jumlah penarikan Anda. Tagihan tersebut di maksudkan agar Anda membayar tagihan tersebut kepada bank yang bersangkutan. berbeda dengan kartu yang hanya berupa jumlah saldo yang ada di kartu debit Anda tersebut. Namun untuk kartu kredit sendiri mempunyai limitnya sendiri yang bisa bank berikan. Lalu apa saja sih manfaat dari penggunaan credit card itu sendiri?

Pertama, Membantu pembayaran. Credit card ini di harapkan bisa membantu masyarakat jika ingin membeli dan memenuhi kebutuhan tetapi  tidak memiliki cukup uang. Jadi, Anda bisa menggunakan credit card ini sebagai media pembayaran secara kredit, selain itu juga memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran.

Kedua, Praktis. credit card merupakan alat pembayaran yang praktis dan bisa dibawa kemana saja. terlebih lagi sekarang ini kebanyakan tempat pembelanjaan telah menyediakan fasilitas pembelian atau pembayaran menggunakan credit card. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi jika ongin membeli sesuatu bisa menggunakan fasilitas kredit ini.

Ketiga, Lebih aman. Jika di cermati pula bahwa dengan kartu kredit Anda tidak perlu membawa uang cash. Mengapa lebih aman? Maling atau pencuri biasanya jarang yang menyasar seseorang yang hanya memiliki kartu kredit. Sasaran para maling adalah uang cash atau benda- benda yang terlihat mencolok seperti perhiasan dan permata. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk membawa uang cas, cukup Anda membawa credit card sudah bisa Anda gunakan dan manfaatkan sebagai alat pembayaran. Jika pun terjadi hal seperti di rampok dan kartu kredit Anda hilang, Anda bisa langsung menghubungi pihak bank untuk melaporkan hal tersebut dan meminta pihak bank untuk memblokir kartu kredit tersebut. jadi, sangat aman asalkan Anda cekatan dan langsung menghubungi pihak bank untuk melaporkannya.

Manfaat keempat, Untuk cadangan dana darurat. Apakah bisa credit card digunakan sebagai cadangan dana darurat? Ya, tentu. Anda bisa memanfaatkan fasilitas credit card ini sebagai cadangan dana darurat yang Anda miliki. Ketika terjadi hal yang sidatnya mendesak dan memerlukan sejumlah dana maka Anda bisa menggunakan credit card ini untuk membayarnya. Misalnya saja ketika tiba- tiba keluarga ada yang sakit dan membutuhkan biaya berobat ke rumah sakit padahal saat itu Anda tidak memiliki uang tunai maka kartu kredit bisa Anda gunakan sebagai pengganti dari uang tunai yang bisa di manfaatkan ketika kebutuhan darurat. Jika Anda mengatakan ini hampir sama dengan kartu ATM juga bisa namun sekali lagi, jika kartu debit atau ATM di mungkinkan jika Anda mempunyai saldo tabungan. Berbeda dengan credit card ini yang sifatnya lebih mengarah pada pinjaman secara langsung atau hutang. Dengan menggunakan credit card ini Anda bisa membayar jumlah tagihan tersebut ketika akhir bulan. Biasanya untuk pembukaan credit card ini Anda harus mencantumkan atau memiliki rekening yang di gunakan sebagai media pembayaran penghasilan yang Anda terima. Jadi, sistemnya ketika Anda menerima penghasilan dari perusahaan Anda bekerja, maka bisa secara otomatis saldo Anda terpotong untuk membayar sejumlah tagihan dari kartu kredit seperti tagihan kredit tanpa agunan (KTA) maupun tagihan bentuk lainnya

Manfaat terakhir, selain bisa Anda gunakan sebagai untuk cadangan dana darurat, juga bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan- tagihan rumah tangga yaitu seperti tagihan listrik, tagihan wifi, dan tagihan telepon. Anda akan lebih praktis dengan memanfaatkan kartu kredit untuk membayar tagihan- tagihan tersebut. Anda tidak perlu harus datang ke tempat terkait misalnya untuk tagihan listrik Anda tidak perlu membayarnya dan datang langsung ke PLN. Jadi lebih memudahkan dan juga lebih efisien. Untuk keuntungan yang satu ini memang lah bukan keuntungan atau manfaat secara umumnya namun bisa di katakan sebagai keuntungan tambahan. Karena terkadang ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas credit card dengan memberikan potongan atau discount tertentu karena melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Biasanya tempat- tempat tersebut seperti mall dan supermarket sudah berkerja sama dengan pihak bank terkait untuk keuntungan atau potongan tersebut.

Tetapi, setiap produk pasti lah memiliki kekurangannya masing- masing. Anda juga perlu memperhatikan kekurangan tersebut untuk pertimbangan. Untuk credit card itu sendiri memiliki bebeapa kekurangan, diantaranya yaitu mengenai waktu pembayaran dan tagihan. Sama dengan produk kredit lainnya yang mengenakan denda keterlambatan bagi mereka yang membayar tagihan melebihi dari waktu yang telah di tentukan. Selain itu limit kartu kredit juga wajib untuk di perhatikan. Biasanya pihak bank memberikan limit kredit ini juga sesuai dengan kemampuan nasabah dalam membayarnya. Nah, kelebihan atau manfaat dan kekurangan yang telah di sebutkan di atas sekiranya bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan apakah akan menggunakan kartu kredit atau tidak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *