Taralite /  -

Keuntungan | kelemahan KTA online – Konvensional

September 9th, 2016 | Posted in Taralite | |
2017-03-30 10:48
sample ads for wordpress theme

Cekkembali-Anda pasti sudah pernah mendengar atau bahkan pernah menggunakan produk kredit (KTA online maupun Multiguna) yang ada di bank. Ya, secara sederhana produk kredit yang ada di lembaga keuangan seperti bank merupakan jasa peminjaman dana kepada masyarakat. Namun tentu tidak se simpel itu, untuk bisa memperoleh pinjaman dana dari bank Anda harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang di berikan oleh bank. Selain itu ada tahap- tahapan pula yang harus Anda lewati. Produk kredit sekarng ini memang sudah banyak sekali di tawarkan dan juga di minati oleh semua lapisan masyarakat. sebenarnya bukan hanya mereka yang mencari hutang karena ekonomi lemah saja, namun para pengusaha- pengusaha banyak memanfaatkan produk kredit bank tersebut untuk menambahkan modal pada usahanya agar dapat berkembang dan sukses. Jadi, sebenarnya siapa pun yang membutuhkan uang atau sokongan dana dengan tujuan apapun asalkan sesuai dengan ketentuan bank bisa saja mengajukan kredit ke bank.

kta online

Membahas mengenai produk kredit, bank memiliki dua tipe atau jenis kredit yang di tawarkan berdasarkan pada agunan. Pertama, Kredit dengan agunan. yaitu jenis kredit yang di berikan oleh bank kepada nasabah berupa dana tunai dengan syarat harus ada aset sebagai jaminan atas pinjaman yang di perolehnya. Kedua, Kredit tanpa agunan. yaitu jenis kredit yang di berikan oleh bank kepada nasabah berupa dana tunai tanpa harus menyertakan aset sebagai jaminan atas pinjaman tersebut. Dengan penjabaran singkat tersebut tentu Anda mengetahui di mana letak perbedaan dari kedua jenis kredit tersebut. Jenis kredit yang kedua ini lah yang sering di lirik oleh masyarakat. Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi pilihan banyak orang karena kelebihan dan keunggulannya. Produk ini menjadi incaran masyarakat yang membutuhkan sokongan dana termasuk dalam keadaan yang darurat. Seperti yang di ketahui bahwa kelebihan dari produk KTA ini adalah mempunyai persyaratan yang cukup mudah dan mempunyai jangka waktu pencairan dana yang cukup cepat sehingga sangat cocok jika di gunakan untuk keperluan- keperluan mendesak.

Berbicara tentang KTA, sekarang ini banyak lembaga keuangan khususnya bank menyediakan produk- produk kredit berupa KTA. Mengapa? Karena produk kredit yang satu  ini telah menjadi pilihan tepat bagi masyarakat dalam mengatasi kesulitan keuangan yang di alami. Bahkan karena semakin majunya teknologi yang ada produk kredit seperti Kredit Tanpa Agunan ini bisa di akses dan di gunakan oleh masyarakat melalui online atau menggunakan internet. Banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan ketika semua dapat di permudah salah satunya inovasi untuk menggunakan media internet sebagai pelayanan atas nasabah yang ingin melakukan kredit. Produk KTA online malah menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang tidak  mampu untuk menggunakan KTA konvensional misalnya tidak mempunyai waktu lebih atau pun yang enggan untuk menjalani serangkaian tahapan dari pihak bank. Supaya Anda dapat memperoleh gambaran mengenai KTA konvensional dan KTA Online ini berikut kami berikan ulasan berupa kelebihand dan kekurangan dari dua jenis KTA tersebut.

Keuntungan KTA Konvensional

Berikut adalah beberapa kelebihan KTA Konvensional:

  1. Limit kredit atau besarnya pinjaman yang di tawarkan bisa mencapai Rp 100 juta. Hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan KTA Online. Pihak bank tidak berani untuk memberikan kredit dengan limit tersebut.
  2. Tingkat suku bunga yang di bebankan cukup rendah. Kelebihan lainnya yaitu suku bunga yang ditawarkan termasuk cukup rendah.
  3. Tenor atau jangka waktu pembayaran cukup lama. Di KTA konvensional, Anda dapat mengajukan pinjaman dengan tenor hingga 3 tahun bahkan bisa 5 tahun. Tetapi tentu dengan persyaratan dan ketentuan tertentu.
  4. Di naungi OJK. OJK merupakan institusi remi dari pemerintah yang bertugas menaungi dan mengawasi seluruh lembaga keuangan termasuk bank. Jadi jika di awasi oleh OJK bisa di katakan aman.

Kelemahan KTA Konvensional

  1. Syarat cukup banyak. Yang di maksud syarat adalah mengumpulkan dokumen- dokumen seperti fotokopi KTP atau paspor, fotokopi NPWP, fotokopi rekening koran, dan slip gaji.
  2. Harus punya kartu kredit. Persyaratan ini juga di rasa merepotkan dan memberatkan nasabah karena tidak semua orang mempunyai kartu kredit.
  3. Biaya dan denda keterlambatan. Kekurangan kredit tanpa agunan Konvensional lainnya adalah adanya biaya- biaya dalam pengajuan KTA ini seperti, biaya provisi, biaya administrasi, biaya materai, dan biaya lain. Ada pula denda yang Anda terima jika terlambat dalam membayar angsuran.
  4. Pemrosesan aplikasi lebih lama dari KTA Online.
  5. Ada minimal gaji yang harus di penuhi yaitu biasanya Rp 3 juta per bulan.

 

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan dari KTA Konvensional, maka selanjutnya bandingkan dan simak kelebihan dan kelemahan dari KTA Online.

 Kelebihan KTA Online

KTA Online juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti halnya KTA Konvensional. Berikut kami berikan ulasannya sebagai perbandingan Anda.

  1. Proses pencairan dana termasuk cepat. Biasanya kredi tanpa agunan Online bisa melakukan proses pencairan dana hanya dengan waktu 1 minggu saja.
  2. Persyaratan cukup mudah. Untuk kredit tanpa agunan Online, Anda biasnaya hanya cukup mengumpulkan syarat dan dokumen seperti scan KTP dan slip gaji saja berbeda dengan kredit tanpa agunan Konvensional.
  3. Tidak wajib punya kartu kredit. kredit tanpa agunan Online biasnaya tidak mewajibkan Anda untuk memiliki kartu kredit. Jadi jika Anda tidak mempunyai kartu kredit tidak menajdi masalah asalkan penghasilan Anda memenuhi syarat.
  4. Biaya- biaya di bagi rata. Maksud dari di bagi rata adalah biaya- biaya yang di bebankan kepada Anda seperti biaya provisi biaya asuransi dan lain- lain sama halnya KTA Konvensional namun di bayar dengan cara di bagi rata yang kemudian di tambahkan di dalam angsuran per bulan.
  5. Di awasi OJK. KTA online pun juga di awasi oleh OJK sama dengan KTA Konvensional, yang membuat anda lebih aman dan nyaman dalam menggunakan kredit.

Kelemahan KTA Online

Lalu apa kelemahan dari KTA Online, berikut ulasannya:

  1. Limit kredit atau besar pinjaman yang di tawarkan oleh bank maksimal hanya Rp 10 juta. Namun memang ini tergantung juga pada masing- masing bank dalam menentukannya. Hal ini di karenakan kredit tanpa agunan Online dilakukan tidak secara langsung.
  2. Biaya atau denda keterlambatan per hari. Biasanya jika Anda mengalami keterlambatan pembayaran maka Anda akan di kenakan denda yang di hitung berdasarkan hari.
  3. Tidak ada asuransi. Biasanya pada KTA Online, pihak bank tidak memberikan Anda asuransi yang menjamin kelancaran pembayaran Anda.

Kedua jenis Kredit tanpa agunan ini sebenarnya hampir sama, hanya saja mekanisme yang berbeda yang satu harus datang langsung dan yang satu bisa di lakukan hanya dengan ponsel pintar. Tentu keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Semoga bermanfaat.

Komentar

One comment on “Keuntungan | kelemahan KTA online – Konvensional