Keuangan dan Kredit /  -

Temukan dan Ajukan Kredit Mobil Bekas | Baru (KKB/KPM)

Desember 6th, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-05-26 03:05

Taralite adalah suatu lembaga pembiayaan multiguna non bank dimana hampir seluruh kebutuhan anda siap dihandle perusahaan ini, mulai dari pembiayaan perobatan (biaya rumah sakit), biaya pernikahan, biaya atau tambahan modal usaha, biaya umroh dan kredit kendaraan bermotor  atau singkatnya KKB. Khusus untuk produk ini anda dapat mengajukan kredit mobil bekas  atau baru dengan bunga rendah

Untuk pembiayaan KKB terdiri dari roda dua, empat, sampai dengan roda dua belas serta produk baru maupun rekondisi (kendaraan bekas). Dari segi unit konsumen dibebaskan untuk memilih jenis maupun type kendaraan dan semua jenis merk. Anda dapat memilih sesuai dengan jenis dan merk yang kamu inginkan taralite siap membiayai secara penuh.

Seperti diketahui lembaga pembiayaan kepemilikan kendaraan sekarang cukup banyak mulai dari lembaga keuangan bank sampai dengan non bank, berikut sejumlah keuntungan bila mengajukan kredit kendaraan di taralite:

  • Konsumen bebas untuk memilih unit,
  • Tersedia kredit kendaraan bermotor roda dua sampai dengan roda 12.
  • Pembiayaan ada dua pilihan pembiayaan tanpa agunan dan kredit multiguna
  • Bunga pinjaman mulai dari 0,99/bulan. Berbeda dengan bila anda mengajukan kredit di leasing seperti adira, oto, MCF, dan lainnya  anda akan dibebankan suku  bunga pinjaman antara 28-30%/tahun dari total pembiayaan. Artinya bila anda mengajukan kredit selama 3 tahun hampir mendekati 100%. Coba bandingkan bila anda mengajukan kredit ditaralite, tinggal dikalikan 0,99  sampai 1,2 %/bulan X 12 bulan =11,88 sampai dengan 12,40%/tahun.
  • Masa cicilan/tenor disesuaikan dengan kemampuan konsumen mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan.

 

Sekedar informasi anda bisa mengajukan semua jenis pinjaman mulai dari biaya pernikahan, untuk modal usaha, biaya umro atau berwisata, baiya perobatan, baiya persalinan dan kredit kepemilikan kendaraan (mobil bekas – baru). Taralite siap melayani mulai dari hari senin sampai dengan jum’at. 09-17 wib

Persyaratan yang harus dipenuhi

Seperti dijelaskan diatas anda bisa mengajukan kredit dengan agunan maupun tanpa agunan berikut penjelasan

Tanpa agunan

Bila anda memutuskan kredit tanpa agunan berarti harus memiliki kartu kredit dengan limit minimal 6 juta dengan masa pemakaian aktif minimal sudah berjalan satu tahun.

dari Segi bunga pinjaman, anda akan lebih diuntungkan karena anda hanya dibebankan 0,99% flat/bulan, Selain itu anda juga harus melampirkan dokumen seperti berikut

  1. Identitas diri (KTP, KK, dan Akte nikah)
  2. Bukti penghasilan (slip gaji) untuk karyawan, 
  3. NPWP 21 dan 22 untuk perusahaa

Kredit multiguna

Untuk anda yang berniat mengajukan kredit mobil bekas berkualitaskredit kendaraan bermotor baik roda dua, empat enam dan seterusnya dengan menyertakan agunan dengan rincian seperti berikut

  • Besarnya bunga kredit dengan agunan BPKB mobil dan sertifkat kepemilikan rumah yakni 1%flat/tahun selama masa kredit selesai dan 2%flat/bln untuk jaminan BPKB motor sampai kredit lunas.
  • Estimasi pinjaman yang disetujui mulai dari 70 80% dari nilai agunan
  • Untuk tenor atau masa kredit mulai dari 1 tahun sampai dengan 5 tahun untuk agunan BPKB mobil dan sertifikat rumah, sementara untuk agunan BPKB motor maksimal 36 bulan (3 tahun).

Dokumen yang dubutuhkan sebagai berikut

Pengajuan dengan jaminan BPKB mobil/motor

  1. Identitas diri seperti KTP, KK, 
  2. Bukti penghasilan, (slip gaji)
  3. NPWP21 untuk perorangan NPWP22 untuk perusahaan (badan)
  4. Jaminan berupa BPKP mobil/motor

pengajuan kredit kendaraan bermotor dengan jaminan Sertifikat kepemilikan rumah sebagai berikut

  1. Identitas diri seperti KTP dan KK
  2. NPWP
  3. Bukti penghasilan (slip gaji)
  4. rekening listrik
  5. FC seritifikat agunan (SHM maupun SHGB)
  6. IMB dan
  7. PBB terakhir

*semua dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk foto copy

Selayang pandang

Pentingnya kendaraan

Secara umum fungsi kendaraan sebagai moda transfortasi yang bisa digunakan untuk mempersingkat waktu menuju tujuan tertentu, selain itu kendaraan baik motor maupun mobil dapat juga digunaka sebagai kegiatan usaha sebagai peningkatan prekonomian masyarakat.

Hampir 70 sampai dengan 90% pembelian kendaraan baik roda dua maupun empat dilakukan secra kredit melalui kredit kendaraan bermotor. Sebagai konsumen cerdas sudah seharusnya bisa menentukan vendor mana yang terbaik untuk dipercaya sebagai pembiayaan.

Hal yang mesti diketahui sebelum membeli kendaraan 

Kondisi baru

  1. Tentukan merk, jenis, teype kendaraan yang hendak debeli. Langkah ini merupakan hal yang penting, untuk menghindari penyesalan di kemudian hari dengan alasan unit tersebut tidak sesuai harapan ataupun alasannya lainnya alangkah baiknya bertanya kepada orang yang terlebih dahulu memiliki kendaraan type yang sama.
  2. Sesuaikan dengan kemampuan anda. Baiknya jangan terlalu memaksakan diri bila kemampuan kamu untuk mencicil sebesar 700.000/bln jangan memaksakan untuk mencicil kendaraan type sport. Hal tersebut akan memicu kredit gagal bayar yang berujung disita pihak pembiayaan (kreditur)
  3. Pastikan semua persyaratan (dokumen) sudah terpenuhi

Rekondisi (kredit mobil Bekas)

  1. Pastikan kendaraan tersebut bukan hasil dari krimininal seperti curian, atau rampasan.
  2. Untuk mengetahui keaslian dokumen kendaraan anda bisa mengirim pesan singkat (SMS) untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini

mobil bekas avanzamobil bekas

  • Kondisi fisik unit.  Ini juga tidak kalah penting dengan point diatas, perhatikan kondisi motor apakah masih layak, tanyakan apakah pernah atau sering mogok, terendam banjir dan sebagainya. Bila anda tidak berkompeten menilai kondisi motor atau mobil sebaiknya tanyakan orang yang dipercaya lebih berkompeten dibidangnya.
  • Harga, baik motor/mobil baru maupun rekondisi masing masing sudah memiliki harga pasaran, cuma bila motor/mobil bekas penilaiannya lebih kepada kondisi dan tahun dari unit tersebut. Cari tahu berapa harga pasaran kendaraan yang hendak dibeli, lakukan penawaran karena tawar menawar merupakan hal yang biasa dalam jual-beli motor/mobil bekas toyota.

Ingin take over kredit mobil, ketahui dulu apa untung ruginya

Memiliki kendaraan milik pribadi terlebih kendaraan roda empat maupun diatasnya merupakan impian kebanyakan orang. Pasalnya tidak sedikit keutungan yang diperoleh bila dibandingkan menumpang pada angkutan umum. Faktor kenyaman merupakan alasan yang paling tinggi ketika orang memutuskan memiliki kendaraan pribada, bayangkan bila anda tinggal dikota besar seperti jakarta misalnya mengandalkan angkutan umum , selain menunggu antrian anda juga harus rela berdesak desakan, sopir angkutan umum yang tidak jarang kita temukan.

Hampir setiap tahun permintaan terhadap roda empat ini selalu meningkat, itu artinya minat masyarakat untuk memiliki mobil pribadi masih tinggi. Mudah dan peraktis untuk memiliiki kendaraan faktor pendukung meningkatya roda empat khsusunya di kota kota besar. Selain sebagai moda transpostasi nyaman masyarakat memiliki beberapa tujuan memilik mobil pribadi diantaranya sebagai wadah investasi juga sebagai sarana pendukung bisnis/usaha yang digeluti.

Kredit kendaraan bermotor dapat dilakukan dua ofsi entah itu baru maupun, dibeli secara tunai dan dapat juga dilakukan secara kredit. Mungkin anda sudah memiliki bayangan bila memutuskan membeli mobil secara tunai, setidaknya anda harus menyediakan diatas 100 juta untuk mobil kelas menengah kebawah. Menabung hingga terkumpul senilai tersebut bukan perkara mudah kecuali anda memiliki penghasilan tinggi. Alternative kedua anda bisa membeli secara kredit baik itu dari showroom langsung maupun pembelian secara over kredit/take over kredit. Saat sekarang tidak sedikit yang menawarkan uang muka/debt payment dengan cicilan terjangkau jadi tidak ada salahnya bila anda membeli mobil secara kredit daripada anda menunggu uang terkumpul entah sampai kapan terkumpul.

KKB-take over kredit mobil

Memutuskan untuk over kredit memang hampir sama sekali tidak memiliki kerugian, namun sebaiknya anda memperhatikan beberapa kelemahan dibawah ini

⇒ Mengerti kondisi unit

Melakukan take over kredit artinya anda bukan orang yang pertama memiliki unit tersebut, diharapkan anda memiliki pengetahuan lebih terhadap kondisi mobil bekas baik dari segi mesin maupun kondisi luar selain dari mesin. Tidak bisa dipungkiri barang yang dipakai akan mengurangi nilai terhadap barang tersebut (penyusutan) disamping itu kemungkinan kurasakan atau sparepart mobil tersebut akan segera minta diganti. Seperti dijelaskan diatas bila anda tidak memiliki kompeten dalam ini anda bisa meminta bantuan kepada yang lebih mengerti dibidangnya.

⇒  Melibatkan beberapa pihak

Selain anda dan pihak penjual anda jg terlibat kepada pihak finance, untuk meminimalisir permasalah dikemudian hari, sebaiknya lakukan take over kredit secara resmi artinya pastikan pihak multifinance mengetahui bahwa beban tanggung jawab atas pelunasan kredit mobil tersebut sepenuhnya berada ditangan anda. Jangan sampai kredit kendaraan bermotor anda bermasalah dikemudian hari justru menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

⇒ Biaya balik nama

Yang namanya take over kredit pastinya barang bekas, artinya nama yang tercantung dalam dokumen/surat tanda kepemilikan kendaraan (STN) maupun BPKB otomatis pihak pemohon kredit pertama, mau tidak mau anda harus merogo biaya tambahan untuk biaya adm balik nama.
Keuntungan yang didapatkan kredit kendaraan bermotor secara take over kredit

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan kredit mobil bekas/baru bila dilakukan secara take over dimana keuntungan tersebut tidak didapatkan bila anda memutuskan membelu secara cash/tunai. Diantara keuntungan tersebut unit masih kredit berarti mobil tersebut masih termasuk baru artinya anda tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan (setidaknya anda lebih cermat dalam memilih unit)

Selain itu berikut sejumlah keuntungan yang didapatkan melalui take over.

⇒ Biaya perolehan lebih murah

Pada point ini saya yakin anda juga mengerti, umumnya orang yang menjual mobil secara take over ialah orang yang mengalami kesulitan keuangan. Tentu anda akan lebih leluasa dalam hal negoisasi harga. Kemungkinan besar harga yang anda dapatkan nantinya akan lebih rendah bila dibandingkan dengan harga pasaran saat ini.

⇒ Garasi kendaran masih tetap berlaku

Karena mobil tersebut masih tergolong baru secara otomatis anda tidak berlu khawatir menanggung kerusakan terhadap unit tersebut karena garansi mobil tersebut masih berlaku.

⇒ Premi asuransi lebih murah

Sebenarnya point ini agak mirip dengan diatas, mungkin anda sudah pernah dengar, premi asuransi yang dibayarkan untuk mobil yang memiliki usia lebih dari 5 tahun lebih mahal karena riisk/resiko yang ditanggung pihak insurance lebih tinggi. Karena mobil bekas yang diperoleh secara take over masih relative baru otomatis premi yang dibayarkan lebih murah.

⇒ Tenor/masa angsuran lebih singkat

Ya ialah secara mobil tersebut sudah terlebih dahulu diangsur pihak kedua (tangan pertama pemilik kendaraan). Misalkan tenor mobil tersebut selama 5 tahun dan sudah dibayarkan pemilik pertama selama 22 x angsuran , tentu anda hanya meneruskan cicilan selama 38 x angsuran.

Ilustrasi take over kredit mobil

Untuk anda pihak penjual hendak melakukan take over mobil bekas avanza, anda bisa memperhatikan contoh berikut untuk mengetahui besaran uang pengganti yang anda terima.

Tuan X (pemilik mobil) melakukan kesepakatan dengan mister untuk menjual mobilnya secara take over kepada Mr. Y. Tenor angsuran dari awal sampai lunas 48 bulan, sementara angsuran yang sudah dibayarkan Tuan X sudah berjalan 12 bln serta asuransi yang dibayarkan all risk sebesar 10 juta,

  • Biaya angusran/bln : 4,5juta
  • Sisa tenor: 36 bln
  • Bunga ciicilan sebesar :10%
  • Nilai jual mobil saat ini :150 jt
  • Biaya lain-lain seperti biaya modif sebesa : 3jt

Dari data diatas dapat disimpulkan besaran uang pengganti yang diterima Mr,Y sebagai berikut
Nilai jual saat ini + (bunga x nilai saat ini) + (lama asuransi x nilai asuransi) + biaya yg dikeluarkan untuk modif – sisa tenor

150jt + (10% x 150jt) + (¾ x 10jt) + 3jt
Selanjutnya dikurang dng sisa tenor 36bln

Demikian ulasan tentang kredit kendaraan bermotor /mobil bekas – baru ditaralite.

 

Credit:   https://www.cermati.com/artikel/over-kredit-mobil-inilah-untung-ruginya-dan-perhitungannya/

https://www.kaskus.co.id/thread/5134454e8227cfcc2800000a/cara-cek-stnk-melalui-sms-dan-online/

Komentar

5 comments on “Temukan dan Ajukan Kredit Mobil Bekas | Baru (KKB/KPM)