ketahui manfaat dan efek samping Mandi malam hari

Mandi pada malam hari merupakan hal yg tidak lazim dilakukan! akan tetapi ada sebagian orang, aktivitas tersebut sering dilakukan dengan berbagai alasan. Sebenarnya boleh tidak mandi malam hari dan kira-kira apa manfaat dan efek samping bila hal tersebut dilakukan secara terus menerus?…

Kebanyakan orang mengatakan mandi pada malam hari sangat berbahaya trhd kesehatan terlebih hal tersebut sudah menjadi rutinitas dan mandi menggunakan bukan air hangat, akan tetapi pernyataan tersebut belum sepenuhnya benar, sebab belum ada satu diantara sekian penelitian yang mengatakan secara gamblang menyangkut bahaya mandi pada malam hari. Namun , meski begitu bukan berarti mandi pd malam hari bebas dilakukan terutama pd anak bayi.

mandi malam

Manfaat manda pada malam hari

Artikel ini disajikan khusus orang dewasa bukan tidak berlaku untuk bayi & anak-anak.

  • Menyembuhkan alergi dan penyakit asma

Aktifitas yang padat maupun jam kerja kantor tinggi yang mengharuskan pulang lebih lambat membuat mereka sampai dirumah malam hari, hal ini menjadi dilema apakah sesampai dirumah masih menyempatkan untuk mandi atau tidak! untuk sebagian masih menyempat-kan mandi akan tetapi sebagian dari mereka mengurungkan dengan berbagai alasan seperti capek, dingin dan lainnya.

Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit asma, alergi terhadap debu dan ruam kulit, dianjurkan mandi pada malam hari. Menurut Dr. Amy Shah, debu yang menempel pada kulit dan rambut dpt menyebabkan timbulnya penyakit asma dan alergi (liputan6com).

 Mungkin anda tidak pernah membayangkan perlengkapan tubuh yang anda gunakan seperti body lotion, minyak rambut maupun minyak wangi bila tidak dibersihkan dengan cara mandi kemungkinan besar produk kecantikan yang menggunakan bahan kimia akan menempel pd kulit yg bisa memperburuk  ruam maupun jerawat yang kamu miliki.

Manfaat lain yang diperoleh mandi sebelu tidur dapat membawa dampak baik terhadap tubuh anda, akan tetapi air yang digunakan sebaiknya air hangat, sebab mandi dengan air hangat dapat menenangkan otot-otot yg letih seharian.

  • Bila waktu-nya tepat manda pada malam hari dapat membuat tidur lebih pulas

Masih dari liputan6com sebuah penelitian dilakukan, mandi pada malam hari 1/2  jam sebelum waktu tidur, sementara waktu yang dibutuhkan untuk mandi kurang lebih 20 menit dan maksimal 1  jam, sehingga menjelang tidur tubuh terasa lebih dingin dan bersih.

Suhu cukup berpengaruh untuk memperoleh tidur yg nyenyak, suhu yang dingin sehabis mandi muncul keinginan untuk tidur. Ketika pagi hari hingga siang haru suhu tubuh secara alami meningkat sementara pada sero hari akan menurun. Bilamana suhu tubuh menurun itu pertanda rasa ngantuk akan datang sementara suhu tubuh masih tinggi dapat mengganggu/susah tidur. (lihat: efek samping kurang tidur)

  • Terhindar dari penyakit kulit

Selain dapat menghilangkan asma dan alergi manda pada malam hari juga bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah kulit. Aktivitas seharian yang tinggi memungkinkan kuman/kotoran yang menempel pada kulit dapat menimbulkan bibit-bibit jamur seperti panau maupun sejenis penyakit kulit lainnya. Sekali lagi upayakan mandi dengan air hangat

  • Dapat memperlancar aliran darah

Percaya atau tidak Mandi dengan air hangat pada malam hari juga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat otot otot lebih rileks.

 Efek samping mandi malam hari

Selain memiliki manfaat mandi pada malah hari yang tidak tepat, dapat menimbulkan masalah baru maupun penyakit lama manjadi kambuh, berikut sejumlah bahaya mandi malam hari yang sudah kami rangkum.

  • Dapat menyebabkan rematik

Rematik/ autoimun adalah penyakit yang timbul akibat radang persendian akibatnya seseorang yang menderita akan terasa nyeri pada sendi. Sampai sekarang penyebab timbulnya rematik belum jelas, akan tetapi menurut sebagian ahli penyakit rematik timbul karena adanya kelainan genentik menyerang orang yang telah memiliki usia tua.

Berikut beberapa gejala rematik

  1. Terasa nyeri pd persendian
  2. Terdapat warna kemerah-merahan pada sendi
  3. Sendi kuku pada pagi hari
  4. bagi penderita fungsi persendian akan menurun

Meski rematik bukan termasuk penyakit yang berbahaya akan tetapi sipendirita cukup tersikisa, sebaiknya segera menghubungi dokter.

  • Menyebabkan penuan dini.

Sebagian orang yang tidak dapat menerima rangsangan dingin yg berdampak metabolisme tubuh meningkat sehingga memicu penuaan dini. Utk itu tubuh membetuhkan suply kalori dan oksigen yang lebih tinggi untuk menstabilkan tubuh kembali. Sebaiknya bila memang menghendaki mandi malam hari sebaiknya menggunakan air hangat.

  • Menimbulkan asam urat

Penyebab utama terjadinya penyakit asam urat ialah tingginya  konsumsi zat purin dlm tubuh manusia, sehingga kadar asam urat dlm tubuh meningkat hal ini membuat ginjal tdk dpt menampung maupun membuang zat tersebut.

  • Dapat membuat metabolisme tubuh menurun

Dampak lain yang ditimbulkan manda pada malah hari membuat metebolisme tubuh terganggu dikarenakan suhu tubuh pada malam hari cendrung melemah dan membutuhkan istrahat yang cukup. Disisi lain mandi dengan pori-pori terbukan juga dapat menyebabkan gangguan pada hormon tubuh.

  • Menyebabkan masuk angin
  • memicu demam
  • Memicu nyeri pada otot-otot.

Dari ulasan diatas mandi malam hari memiliki dua sisi yang berlainan bila air yang digunakan bukanlah air hangat. Mandi menggunakan air hangat memiliki sejumlah manfaat seperti dijelaskan diatas, begitu juga sebaliknya dampak yang ditumbulkan mandi pada malah hari bukan dengan air hangat.