Manfaat dan efek samping mengkonsumsi kopi
Manfaat /  -

Manfaat dan efek samping mengkonsumsi kopi

Januari 1st, 2017 | Posted in Manfaat | |
2017-07-21 04:47

Cek kembali – Siapa yang tidak mengenal kopi mulai dari yang muda sampai dengan orang tua menyukai kopi, berwarna hitam, rasanya agak kepahit-pahitan dan baunya yang khas. Hampir disetiap negara ada kopi termasuk indonesia salah satu penghasil kopi terbaik dunia, jenisya pun cukup beragam hampir disetiap daerah memiliki cita rasa tersendiri.

Dengan segelas kopi dapat mempererat hubungan dan menambah suasana lebih hangat, tidak jarang seharian waktu mereka dihabiskan mengobrol diselingi kopi. Bahkan orang yang sudah candu, sehari tanpa kopi akan merasa kehilangan dan rasanya kurang lengkap.

manfaat kopi

 Manfaat kopi

Tidak selamanya orang yang mengkonsumsi kopi hanya mendapatkan efek samping seperti yang dikatakan banyak orang dapat merusak kesehatan, akan tetapi dengan mengkonsumsi kopi memiliki sejumlah manfaat yakni sebagai berikut:

# Dapat meningkatkan adrenalin

 Orang yang memiliki badan lesuh dan tidak memiliki semangat dalam bekerja ada baiknya kamu mengkonsumsi kopi dengan begitu semangat kamu akan kembali dan kamupun siap menjalani aktiviitas kamu lebih bersemangat

# Terhindar dari yang naman penyakit diabetes

Sangat jarang terdengar seseorang yang penikmat kopi mengidap penyakit diabetes, meski kopi yang didalam gelas memiliki kandungan yang tinggi. Ini terbuktu dengan penilitian yang dilakukan Departmen Nutrisi di Harvard School’ orang yang gemar mengkonsumsi kopi sangat kecil kemungkinan terkena penyakit diabetes. Selain itu kopi juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit  kardiovaskular

 # Dengan mengkonsumsi kopi, terasa lebih ber-energi

Meski kopi bukanlah salah mimuman berenergi seperti yang ada dalam kemasan pada umumnya, akan tetapi kopi dapat meningkatkan energi seseorang. Selain itu kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan reaksi seseorang terhadap waktu, memori sampai dengan fungsi kognitif.

# Dapat mencegah penyakit Alzeimer dan Parkinson

Alzeimer adalah salah satu penyakit kelainan ditandai dengan berkurangnya daya ingat, serta berkurangnya kemampuan dalam berpikir dan juga dalam berbicara. Selain itu sipenderita kerap terjadi perubahan dalam perilaku akibat adanya gangguan dalam otak. Sekali lagi ini merupakan salah satu keuntungan mengkonsumsi kopi.

# Dapat mengurangi rasa setres dan depresi

Penelitian yang masih datangya dari Harvard tentang kopi dan resiko terjadinya bunuh diri. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan  orang yang gemar mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terjadinya bunuh diri hingga 50% karena orang yang meminim kopi akan terus bersemangat dan dapat menurunkan depresi hingga 10%, jadi bila anda sedang depresi karena tekanan dalam pekerjaan maupun alasan lainnya disarankan untuk mengkonsumsi kopi.

 # Dapat memperpanjang umur.

Entah benar atau sekedar mitos dengan mengkonsumsi kopi dapat menambah umur seseorang. Tapi yang pasti kopi dapat terhindar dari penyakit kolestrol, dan tekanan darah tinggi.

#Terhindar dari obesitas

Sebenarnya anda tidak perlu repot membeli suplemen untuk pembakar lemak, karena dalam suplemen tersebut terdapat kafein, selain dapat menghemat uang anda juga dapat menikmati betapa nikmatnya kopi.

# Suka nongkrong bareng

Seperti dijelaskan diatas orang yang suka minum kopi akan memiliki pergaulan yang lebih luas. Baik miskin-kaya, tua-mudah kalau sudah ngumpul semua jadi satu, tidak ada perbedaan diantara mereka. Itulah hebatnya secangkir kopi

 # Mengkonsumsi kopi merupakan suatu prestasi

Mungkina anda bertanya prestasi apa yang didapatkan dengan minum kopi. Misalkan pasa saat orang bermalas-malasan atau tidur dikasur pada saat itu anda sudah bangun dan meminum kopi.

Efek samping mengkonsumsi kopi

Diatas telah dijelaskan manfaat kopi, kini saya akan menjelaskan bahaya/efek samping bila terlalu sering mengkonsumsi kopi.Untuk itu jangan terlalu senang dulu bisa jadi bahayanya lebih tinggi bila dibandingkan dari manfaat yang diperoleh.Berikut resiko mengkonsumsi kopi secara berlebihan:

# Jantung berdetak lebih tinggi

Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkat detak jantung lebih cepat dan tinggi, sebaiknya kurangin mengkonsumsi kopi secara berlebihan

# Dapat mengakibatkan penyakir asam lambung

Mengkonsumsi kafein terlalu banyak dapat meningkatkan asam lambung yang beresiko pada penyakit maag.

# Daya tahun tubuh menjadi berkurang

 Masih berbicara soal kafein, kandunan mineral, vitamin hingga cairan dalam tubuh terserap oleh kefein hingga mengakibatkan daya tahan tubuh anda melemah.

#Insomni

Kebanyakan orang sudah mengerti orang yang gemar konsumsi kopi tidak jauh dengan begadang. Efek dari kafein tadi membuat susah tidur.

#Tidak baik bagi kesehatan janin dan ibu hamil:  Dibawah akan di ulas lebih mendalam tentang bahaya mengkonsumi kopi bagi wanita hamil.

#Dapat merusak Gigi

Selain rokok, kopi juga dapat mengakibatkan gangguan pada gigi seperti gigi berkat, karang gigi, hingga menyebabkan gigi berlubang

# Sering gelisah

# Gangguan hipertensi

# Meningkatkan produk urin

# Dapat mengakibatkan kemandulan

# Osteoporosis

# Beresiko terhadap kanker kandung kemih serta ovarium

# Dapat merusak sel mulut

# Mengakibatkan pembesaran pembulu darah

# Otot kram

#Mengakibatkan perubahan terhadap hormon hingga menjadi tidak stabil

# Merusak nafsu makan

#Dapat merusak keseimbangan lemak tubuh 

# Dan masih banyak lagi.

Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Wanita Hamil

Penikmat kopi tidak datang hanya dari kaum lelaki saja, akan tetapi tidak sedikit kaum hawa gemar minum bahkan wanita yang sedang hamil nekat mengkonsumsi kafein ini. Salah satu alasan Bahaya yang ditimbulkan mengkonsumsi kopi secara berlebihan terhadap wanita hamil karena kopi dapat dengan mudah menembus plasenta ibu hamil dan dapat berdampak buruk terhadap jantung janin yang dikandung. Meski anda sudah untuk tidak mengkonsumsi setidaknya anda dapat membatasinya paling banyak dua cangkir/hari.

Diatas telah dijelaskan beberapa dampak negative mengkonsumsi kopi secara berlebihan insomnia, gangguan pencernaan dll, hal serupa juga terjadi kepada wanita hamil. Berikut sejumlah dampak dari mengkonsumsi kopi bagi wanita hamil

# Dapat mengakibatkan keguguran kandungan

# Ketika masa kelahiran berat baya tidak proporsioal ( berat bayi amat rendah)

# Kelahiran meninggal

#  Wanita hamil biasanya akan mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati dan 

# Anemia

Sekian tentang manfaat kopi serta efek sampingnya bagi kesehatan tubuh

Komentar

One comment on “Manfaat dan efek samping mengkonsumsi kopi