Mengenal Tentang Deposito Valas Dan Manfaat-nya

Mengenal Tentang Deposito Valas Dan Manfaat-nya Ada banyak bentuk investasi yang bisa dilakukan masyarakat untuk sekarang ini. Salah satu bentuk investasi yang terkenal dan paling aman yaitu deposito. Perubahan nilai tukar mata uang yang tidak menentu membuat sebagian orang lebih memilih untuk melakukan investasi dalam bentuk valas. Berdasarkan fluktuasi nilai tukar rupiah yang tidak menentu, investasi dalam bentuk valas ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari berinvestasi . Oleh sebab itu, banyak bank yang memberikan penawaran investasi deposito valas saat ini .

deposito valas

Hampir sama dengan deposito konvensional, deposito valas mempuyai beberapa aturan dan sistem yang sama, yakni anda harus menaruh uang di bank dalam jangka waktu tertentu dan tidak dapat diambil sebelum jatuh tempo.  Kemudian sebagai imbalannya, bank akan memberikan suku bunga yang sangat tinggi kepada para nasabah. Perbedaannya ada pada mata uang yang digunakan dalam deposito. Deposito valas hanya menerima dana dalam bentuk mata uang asing atau luar negeri , misalnya saja USD, HKD, EUR, SGD, JPY, GBP, dan mata uang asing yang lainnya berdasarkan dengan ketentuan bank. Suku bunga yang ditawarkan oleh biasanya lebih rendah dibanding deposito rupiah.Jenis  Deposito  bisa dimiliki oleh perseorangan maupun perusahaan dengan jangka waktu yang fleksibel atau berubah-ubah. Pada umumnya, deposito ini adalah suatu bentuk investasi untuk nasabah, hampir sama dengan deposito konvensional. Namun ada beberapa manfaat dari valas yang tidak dimiliki oleh deposito konvensional. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa manfaat dari deposito valas ;

Pertama yaitu Tidak Dikenakan Biaya Administrasi

Sama halnya dengan deposito konvensional, umumnya bank akan memberikan kebebasan biaya administrasi kepada pemilik deposito. Hal tersebut tentu akan menguntungkan sebab dana yang Anda taruh tidak akan berkurang , sehingga keuntungannya juga akan menjadi lebih besar.

Kedua yaitu Bebas  Dari Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing memang rendah dan terkadang sering tidak stabil. Oleh karena itu, memang sulit untuk dapat memprediksi bagaimana fluktuasi nilai tukar Rupiah dengan mata uang asing. Mempunyai deposito valas membuat keuangan Anda tetap aman dari fluktuasi nilai tukar rupiah. Dengan menaruh dana berupa valas ke dalam deposito, Anda tidak perlu khawatir lagi saat nilai tukar Rupiah sedang mengalami pelemahan , sebab uang yang ada di deposito berupa valas. Disamping itu, valas ini akan sangat berguna untuk Anda yang mempunyai rencana untuk memberikan pendidikan maupun liburan ke luar negeri. Karena dana deposito Anda berupa valas,maka perubahan nilai tukar rupiah tidak terlalu berpengaruh untuk Anda.

Ketiga yaitu Jangka Waktu Lebih Fleksibel

Semakin populernya deposito valas di kalangan masyarakat membuat bank saling memberikan penawaran program yang menarik untuk para nasabah. Salah satunya yaitu dengan memberikan kebebasan dalam memilih jangka waktu deposito. Oleh karena itu , Anda  dapat merencanakan keuangan Anda di masa depan dengan lebih aman dan mudah .

Keempat yaitu Keuntungan Suku Bunga Berupa Valas

Mengacu dengan  prinsip deposito pada umumnya, nasabah akan menerima keuntungan dari suku bunga ketika jatuh tempo. Walaupun suku bunga pada deposito valas ini lebih kecil dibanding dari deposito Rupiah, namun Anda akan merasakan keuntungannya dalam bentuk valas juga,oleh karena itu nilai tukarnya lebih stabil dan menguntungkan bagi anda .

Kelima yaitu Investasi  Yang Menguntungkan

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang ingin memberikan gaji dalam bentuk valas. Apabila Anda merupakan karyawan atau bekerja di perusahaan yang memberikan gaji berupa valas, maka Anda  dapat menikmati keuntungan lebih dengan menggunakan deposito valas. Dibandingkan dengan menukarkan mata uang tersebut ke dalam nilai tukar rupiah atau menaruh di tabungan valas biasa, Anda akan mendapat keuntungan yang lebih bila menaruh uang tersebut di deposito valas. Sebab nilai tukar mata uang rupiah yang cenderung lemah dan suku bunga deposito valas lebih tinggi dibandingkan tabungan valas.

Keenam yaitu Perpanjangan Jangka Waktu Otomatis

Sebagian bank memberikan fasilitas berupa perpanjangan jangka waktu otomatis , maksudnya adalah dana deposito Anda akan secara otomatis diperpanjang saat lewat dari masa jatuh tempo. Dengan fasilitas tersebut , Anda tidak perlu bingung untuk memasukkan dana tersebut ke deposito.

Lihat juga Investasi reksadana

Keinginan orang untuk menjalankan investasi sering terkendala karena takut mengalami kerugian. Jika Anda merupakan tipe orang yang seperti itu, menggunakan deposito untuk berinvestasi dapat menjadi solusi bagi Anda. Dengan deposito yang merupakan bentuk investasi paling aman, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian . Keuntungan yang lebih besar bisa anda dapatkan dengan menggunakan deposito valas sebab terlindung dari fluktuasi nilai tukar Rupiah sehingga uang Anda akan lebih stabil.  Deposito adalah  salah satu produk dari lembaga keuangan atau perbankan yang memberikan layanan penyimpanan dana dalam jangka waktu tertentu tanpa ditarik dan sebagai imbalannya akan diberikan suku bunga yang lebih tinggi dari suku bunga tabungan konvensional . Perbedaan antara deposito dan tabungan  yaitu terdapat pada fleksibilitas dalam penarikan dananya.

Dana yang tersimpan dalam tabungan dapat ditarik kapan saja , namun hal tersebut tidak berlaku pada deposito. Prinsip dari deposito adalah tabungan dengan tenor atau jangka waktu tertentu yang mana selama tenor, dana Anda di deposito tidak dapat ditarik atau Anda akan menanggung resiko penalti . Deposito juga sering disebut sebagai alternatif tabungan yang aman dari penarikan tunai. Hal tersebut akan membantu para nasabah untuk mengatur keuangan pribadi terutama untuk kebutuhan jangka panjang. Pada umumnya, untuk jenis penyimpanan dana dalam bentuk deposito ini akan dikenakan bunga yang lebih tinggi daripada bunga untuk tabungan. Bunga tinggi dalam deposito yang sifatnya tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu ini membuat deposito termasuk dalam golongan investasi, sama halnya dengan reksa dana , saham, dan juga obligasi.

Keuntungan yang diberikan dari deposito valas bisa dibilang lebih baik sebab tidak ada risiko kerugian yang mungkin terjadi dan menimpa nasabah. Oleh karena itu tidak heran jika deposito ini sering digunakan sebagai portofolio investasi. Pada umumnya dana minimal yang dibutuhkan untuk membuat deposito sekitar  8 sampai 10 juta rupiah. Akan tetapi kebijakan setiap bank berbeda-beda, bahkan ada bank yang menetapkan dana minimal untuk membuat deposito hanya sekitar satu juta rupiah . Semakin lama jangka waktunya, bunga yang diberikan akan semakin tinggi secara proporsional. Deposito valas juga merupakan alternatif investasi yang aman dengan sedikit terjadinya kerugian. Selain karena tidak ada risiko kerugian atau kehilangan, keamanan deposito yang diberikan oleh bank terjamin dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS .  Akan tetapi , untuk memperoleh deposito yang berada dalam lindungan Lembaga Penjamin Simpanan , ada beberapa syarat yaitu  jumlah uang maksimum yang disimpan dalam tabungan dan deposito valas suatu bank tidak boleh lebih dari batas jaminan LPS yakni sekitar dua miliar dan bunga deposito tidak boleh melebihi suku bunga penjaminan.