Tips dan Cara /  -

Penyebab dan cara mengobati kutu air di telapak kaki | tangan

Februari 23rd, 2017 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-03-30 10:50
sample ads for wordpress theme

Obat kutu air – Kutu air atau bahasa ilmiahnya tinea pedis merupakan infeksi yang terjadi pada kulit disebabkan jamur parasit. Umumnya kutu air yang terjadi pada telapak kaki/sela jari kaki maupun tangan dikarenakan adanya kuman yang menempel hingga terasa amat gatal serta mengeluarkan bau kaki yang tidak sedap.

Kutu air bisa saja terjadi dibagian telapak kaki, sela sela jari kaki, kuku,tangan,muka muapun pada kulit kepada yang menimbulkan rasa gatal yang berlebihan yang disebabkan jamur  trichophyton rubum. Disarankan kepada anda untuk lebih menjaga kebersihan agar terhindari dari jenis jamur ini. Selain itu salah satu penyebab kutu air ialah memakai sepatu atau sendal dalam keadaan basah. Untuk lebih jelasnya lanjutkan terus untuk membaca untuk mengetahui gejalan, penyebab kutu air sampai dengan obat kutu air secara alami maupun dengan membeli salap ke apotik terdekat

Tanda/gejala kutu air

  • Adanya rasa gatal pada bagian kaki maupun sela jari kaki hingga mengelupas
  • Kulit kaki maupun tangan mengering bahkan bersisik
  • Untuk sebagian penderita akan terasa panas, nyeri terlebih kena air
  • Kuku kaki maupun tangan akan terlihat lebih tebal dari biasanya bahkan bisa berubah warna.
  • Bila semakin parah akan menimbulkan nanah dalam kulit yang terserang kutu air

Penyebab kutu air

  • Suhu yang lembab

Suhu yang lembab secara terus menerus memungkinkan jamur berkembang lebih cepat serta lebih beresiko terjangkit kutu air. Selain kondisi lembab jamur akan lebih cepat berkembang bila kondisi lembab dan hangat secara terus berganti

  • Menggunakan alas kaki yang basah

Penggunaan alas kaki baik sepatu, kaos maupun sandal dalam keadaan basah dapat menyebabkan terjadinya jamur dengan cepat yang memungkinkan timbulnya kutu air yang rentan terjadi bagian tubuh anda.

  • Menggunakan sepatu dalam waktu cukup lama

Memakai sepatu lebih dari 12 jam sehari dapat menimbulkan lembam yang memungkinkan jamur  tumbuh dan berkembang biak hingga menyebabkan terjadinya kutu air.

  • Kaki/tangan terlalu lama dalam keadaan basah dengan air bekas cucian

Air bekas cucian sangat beresiko berkembangnya jamur, air sabun yang menempel pada kulit rentan terjadinya kutu air seperti bekas cucian baju, atau piring, dan yang paling sering penderitanya petugas steam karena hampir tiap jam bersentuhan dengan air sabun bahkan air sabun sangat lama menempel pada telapak kaki maupun tangan mereka. Meski telah menggunakan obat kutu air akan tetapi kulit anda masih sering basah dengan air bekas cucian sepertinya sulit untuk sembuh.

  • Terkena air banjir

terkena air banjir atau genangan air sangat memungkinkan seseorang untuk menderita kutu air karena air yang kondisinya kotor meluap kedaratan sehingga sulit untuk dihindari terkecuali menggunkan pelindung kaki

Sistem Penularan

Kutu air merupakan penyakit kulit yang dapat ditularkan antara manusia dengan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh penularan secara lansung, bila anda menyentuh bagian kulit penderita tinea pedis maka anda akan tertularkan. Semetara penularan secara tidak langsung dapat ditularkan berupa benda benda yang digunakan bersama, misalkan penggunaan handuk secara bersama, kolam renang digunakan secara bersama, sepatu, sandal dan masih banyak lagi yang dapat ditularkan melalui benda. 

Untuk menghindari hal seperti di atas upayakan penggunaan benda secara bersama yang dapat menularkan tinea pedis.

Obat Kutu Air

Pengobatan terhadap kutu air dapat berupa salep, tablet, cream, shampo anti jamur maupun pengobatan secara tradisional. 

  • Salep kutu air

Ada beberapa jenis salep anti jamur tentunya dapat membasmi jamur dermatofita yang memicu terjadinya kutu air yakni miconazole, ketoconazole, clotrimazole, terbinafine, dan sulconazole. Untuk pemelihan jenis merk tergantung tingkat seberapa parah jenis penyakit
Andai penyakit tinea pedis yang diderita tergolong ringan anda bisa membeli ke anti jamir/tine pedis ke apotik terdekat, namun bila penyakit yg diderita disarankan untuk obat kutu air yang di resep dokter.

obat kutu air
tersedia dalam bentuk salep, krim, bedak dan gel

 

Bilamana tingkat penyakit yg kamu derita tergolong parah dapat menggunakan salep hidrokortison untuk mengurangi rasi sakit. Selain dapat mengurangi rasa sakit, hidrokortison dapat menghindari terjadinya iritasi dan peradangan. Akan tetapi perlu di ingat salep ini bukan untuk mengobati melainkan untuk menghilangkan rasa sakit dan iritasi, untuk menghilangkan gunakan anti jamur.

Obat kutu air secara tradisional

 Selain menggunakan obat kutu air yg berasal dari apotik maupun resep dokter andapun dapat mengobatinya sendiri secara tradisional, karena jenis penyakit tinea pedis sudah ada sejak lama dan dapat diobati secara tradisional. 

  •  Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu air yg terdapat pada sela-sela jari kaki, karena dalam minyak kelapa tersebut terdapat kandungan zat Asam laurat anti jamur dan anti inflamasi. Untuk cara pengobatannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa kepada kaki/tangan yang terkena kutu air.

  • Garam Dapur

Mungkin anda tidak tau kalau garam dapat mengobati kutu air, sebab garam memiliki anti antiseptik dapat membunuh jamur yang menempel pada kulit. Untuk cara pengobatannya sediakan air hangat di dalam baskom/wadah yang sudah dicampur dengan garam, selanjutnya silahkan rendah kaki/tangan yang terinfeksi kutu air selama 25-30 menit. Lakukan secara rutin selama 1- 2 minggu kutu air yang kamu derita akan sembuh.

  •  Bawang putih

Bawang putih merupakah rempah sekaligus obat kutu air herbal yang dapat dimanfaatkan untuk antiseptik, anti bakteri, serta anti inflamasi. Kandungan yang terdapat pada bawang putih dapat membunuh jamur  dan kutu air yang menempel bila di oleskan pada kulit. Dilain sisi kandungan anti inflasi didalamnya mampu menangkal rasa perih dan gatal. Cara penggunaannya silahkan haluskan 1 sampai 2 siung bawah putih lalu tempelkan pada kulit yang di terjangkit kutu air, upayakan membungkusnya dengan kain atau lainnya agar tetap menempel. biarkan selama 6 jam. Setelah itu lakukan hal yang sama sampai jamur yg ada pada kaki maupun tangan anda benar benar mati.

  • Pasta gigi

Pasti gigi juga dapat mengobati kutu air, cara cukup mudah, sebelum tidur tempelkan pasti gigi pada kulit yang terinfeksi kutu air secara rutin. Pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar.

  • Daun sirih

Daun sirih merupakan salah obat herbal yang memiliki antiseftik untuk menangkal sekaligus membasmi kuman yang menyebabkan kutu air. Cara pengobatannya, sediakan beberapa lembar daun sirih dan rebus jangan lupa dicampur dengan garam. Kombinasi antara garam dengan daun sirih sangat ampuh membunuh kuman/kutu air. Langkah selanjutnya rendam kaki/tangan atau kulit lainnya yang terinfeksi kutu air selama 2 – 3 jam.

  • Daun talas

Daun talas juga dapat digunakan untuk mencegah sekaligus membasmi jenis jamur yang menimbulkan kutu air. Selain itu daun talas juga mengandung zat antioksidan (polifenol) yang dapat menangkis jamur dan polifenol untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian tentang  obat kutu air dan cara mengobatinya baik secara alami maupun dengan membeli obat dari apotik

 

Komentar