Peluang usaha *makanan dan minuman* modal kecil

Menangkap Peluang Usaha makanan & minuman sebaik mungkin

6 Contoh Ide Usaha Makanan – Anda ingin memulai usaha makanan? namun bingung memulai usaha makanan apa. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sebuah referensi bisnis yang berkaitan dengan kuliner yakni 6 contoh usaha makanan yang bisa di jalankan dengan modal kecil dan memiliki prospek dengan keuntungan yang besar.

Coba bayangkan berapa banyak dalam sekali lulusan baik tingkat SMU sederajat muapun S1.Berapa %yang memutuskan untuk melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, berapa banyak yang memutuskan untuk  mencari kerja keperusahaan, berapa banyak memilih berwira usaha dan untuk mereka yang lulusan starata satu berapa % yang memutuskan kuliyah kembali (magister), berapa % yang memutuskan mencari kerja keperusahaan maupun melanjutkan propesi (guru, dosen, lawyer, dokter dll).

Menurut saya dari sekian banyak perbandingan yang saya utarakan diatas persentase yang paling minim adalah berwiras usaha dan persentase yang paling tinggi ialah mereka yang memilih mencari keja diperusahaan terutama yang sudah menyelesaikan strata satu (S1). Terus hubungannya apa dengan topik yang sedang dibahas! jelas berkaitan yakni sulitnya mencari pekerjaan diperusahaan. Tingginya permintaan untuk bekerja diperusahaan sementara pertumbuhan perusahaan tidak berbanding lurus dengan jumlah pekerja, memaksa anda pencari kerja harus siap dengan persaingan tingkat tinggi, tidak ayal perusahaan-perusahaan memberikan persyaratan yang begitu tinggi bila ingin bergabung diperusahaannya. Dalam hal ini perusahaanlah yang lebih diuntungkan dan sampai kapanpun perusahaan itu selalu diiuntungkan sementara pekerja bagi mereka hanya sebatas aset yang nilai residunya semakin hari semakin berkurang yang pada akhirnya mereka memutuskan mencari aset yang lebih menguntungkan lagi. Untuk itu sudah sebaiknya kita memutuskan berwirausaha dengan melirik beberapa peluang usaha, seperti peluang usaha makanan dan minuman misalnya

Untuk kesekian kalinya saya katakan peluang itu tidak datang dengan sendirinya melainkan kita cari maupun kita ciptakan sendiri. Kalau jujur sih mencari peluang usaha itu tidak semudah mengucapkan dan menulisnya tetapi sebagai manusia yang diberi kelebihan dibandingkan makhluk ciptaan tuhan lainnya untuk berpikir sebisa mungkin. Melirik peluang usaha makanan maupun minuman biasanya terbagi kedalam dua jenis yakni usaha musiman (hanya sewaktu waktu tertentu usaha tersebut lancar) dan usaha abadi (dibutuhkan sepanjang waktu). Untuk memulai suatu usaha tidak bisa dipungkiri pastinya membutuhkan modal meski dengan modal sekecil mungkin, walaupun banyak yang menulis usaha tanpa modal kurang yakin rasanya. Usaha seperti apa yang tidak membutuhkan modal disaat sekarang ini. Oftimis memang harus tetapi harus realistis.

Peluang usaha makanan dan minuman musiman

Seperti dijelaskan diatas usaha musiman itu berjalan lancar disaat saat waktu tertentu saja dan tidak akan bertahan lama. Meski sifatnya hanya sesaat tidak ada salahnya kesempatan tersebut anda ambil. berikut ini beberapa contoh usaha makanan yang sifatnya musiman

  • Usaha takjil dibulan ramadhan

Bulan ramadhan merupakan ritual tahunan bagai umat islam dan tidak sedikit yang mengais reziki dibulan suci tersebut. Taksjil bukan hal yang asing lagi, seharian penuh menahan rasa lapar dan haus membuat orang beramai – ramai berburu takjil. Usaha seperti apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil? cukup banyak misalnya aneka gorengan, kolak martabak dan masih banyak lagi. Selain dagang takjil seperti yang disebutkan diatas mungkin bisa kamu lirik dagangan lainnya misalnya dagang kurma, buah-buahan dan aneka minuman dingin.

  • Dagang Es ketika musim panas dan dagang jas hujan ketika musim hujanusaha makanan

Memang saat sekarang musim bisa dikatakan sudah tidak menentu akibat dari beberapa faktor, biasanya pada bulan september sampai dengan  januari lebih condong kepada curah hujan yang tinggi tapi untuk saat ini sudah tidak lagi.Tetapi untuk anda yang berjiwa kreative itu merupakan tantangan kecil yang harus dilalui karena mau musim hujan atau panas sama-sama dapat mendatangkan rezeky yakni dagang aneka minuman dingin ketika musim panas dan dagang jas hujan ketika musim hujan.

Peluang usaha makanan dan minuman yang berkelanjutan (terus menerus)

Berbeda halnya dengan usaha yang sifanya sementara yang lebih cendrung dipengaruhi musim dan moment-moment tertentu, usaha yang berkelanjutan biasanya akan dicari banyak orang dan tidak bergantung pada faktor diatas melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi secara berkelanjutan.

  • Dagang kopi dan aneka cemilan lainnyapeluang usaha makanan

Dagang kopi kedengarannya spele, tetapi bagi anda penikmat kopi tentu mengerti betapa menguntungkan usaha tersebut tentunya  tidak sepahit dengan kopi hitam yang dijual pedagangnya. selain dagang kopi ada baiknya diselingi dengan aneka gorengan, mie instan dan aneka jus lainnya karena  gorengan sangat  bersahabat dengan kopi.

  • Roti bakar maupun Martabak

peluang usaha makanan

Mengapa harus roti bakar maupun martabak! sebenrnya kamu bebas memilih salah satu yang mana menurut kamu lebih prospek dijalankan. Roti bakar merupakan aneka cemilan yang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat sebagai pengganti makanan utama. Roti bakar bukan merupakan usaha musiman hanya berjalan lancar sesaat saja karena saat musim panas dan hujan tetap saja enak untuk disantap dan permintaannya juga sangat tinggi, sementara martabak hampir semua orang tau mau musim apa saja dagangan tersebut bisa dikatakan lancar jaya. Dari kedua aneka dagangang tersebut memang sudah cukup banyak yang menggelutinya bukan berarti anda tidak memiliki peluang untuk mengabil peran didalamnya. Yang pasti kedua-duanya sama sama memiliki penikmat tersendiri yang amat tinggi.

  • Bubur kacang hijau

Terinspari dengan kisah sukses dalam semangkuk bubur yang dimuat detik.com, mang edi yang tinggal dikawasan lebak bulus memiliki usaha bubur kacang hijau yang tidak begitu luas hanya mengandalkan kios yang ia sewa 4 X 10 M dengan harga sewa 3,5 juta perbulan. Usaha tersebut sudah ia geluti kurang lebih 25 tahun dan sukses menyekolahkan anaknya tingkat SMU dan sekolah sekolah tinggi akuntansi negara (STAN). Mang edi salah seorang dari sekian banyak yang sukses menjalankan usaha bubur kacang hijau dikawasan jakarta selatan.

  • Dagang nasi goreng

Kali ini nasi goreng kembali saya tulis merupakan peluang usaha makanan yang cukup menguntungkan dan memiliki prosepek jangka panjang karena usaha nasi goreng merupakan usaha makanan yang berkelanjutan tanpa memintingkan musim dan moment. Sebenarnya tentang nasi goreng sudah diulas dipostingan terdahulu silahkan lihat postingan terdahulu bila ingin tau lebih lanjut.

Tips sukses menjalankan peluang usaha makanan maupun minuman

  1. Bila anda ingin menjalankan usaha makanan yang sifatnya musiman lihat usaha apa yang pas untuk dijalankan meski sifatnya hanya sementara  tetapi bisa mendatangkan keuntungan yang begitu tinggi dan sebaliknya bila memutuskan usaha makanan pilih jenis makanan yang banyak diminati orang secara berkelanjutan.
  2. Lakukan promosi. Dalam melakukan apromosi, sebenarnya tidak perlu modal yang tinggi bisa dengan memasang iklan disosial media (fb,twitter, dll) maupun iklan gratis dimedia online.
  3. Kebersihan dan kerapihan. Ingat kebersihan tempat maupun makanan yang anda tawarkan hal yang paling penting anda perhatikan, bisa jadi orang datang ketempat usaha anda tetapi karena melihat kebersihan kurang memadai bisa jadi mereka kabur dan mengurungkan niat mereka untuk membeli dagangan anda.
  4. Berbeda. jenis usaha makanan boleh saja sama satu dengan yang lainnya, sebaiknya anda harus berikan pembeda dengan pedangang lainnya yang bisa menarik perhatian pengunjung
  5. Oftimis dan evaluasi. Setiap peluang usaha makanan maupun usaha lainnya harus dilakukan secara oftimis akan sukses, oftimis merupakan salah satu bagian dari motivasi untuk terus melakukan evaluasi mana mana yang harus diperbaiki kedepannya.

Sekian tentang peluang usaha makanan dan minuman, semoga jiwa berwirausaha tumbuh dihati kita semua agar tidak menjadi karyawan perusahaan yang selalu dipusingkan akan target dan terget lagi seakan dunia ini tidak lepas dengan kata kata targettttttttttt.