Peluang Usaha /  -

Tetap Produktif Dengan 5 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

November 3rd, 2016 | Posted in Peluang Usaha | |
2017-05-27 02:25

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga – Setelah menikah, wanita terkadang bingung harus menentukan menjadi wanita karir atau hanya menjadi seorang ibu rumah tangga. Jika menjadi wanita karir, harus meninggalkan rumah dan keluarga untuk bekerja namun keuntungannya bisa menghasilkan pendapatan atau penghasilan sendiri. Menjadi wanita karir membuat Anda menjadi lebih mandiri karena tidak tergantung pada penghasilan yang di berikan oleh suami. Namun memang juga harus di pertimbangkan mengenai kurangnya waktu untuk anak dan keluarga.

Sedangkan menjadi ibu rumah tangga Anda mempunyai waktu yang lebih bagi keluarga dan juga anak-anak. Mempunyai waktu yang luang menjadikan Anda lebih dekat dengan keluarga Anda. Namun sayangnya menjadi ibu rumah tangga menjadikan Anda sibuk dengan urusan keluarga dan tidak bisa bekerja di luar rumah sehingga Anda harus bergantung pada penghasilan dari suami karena Anda tidak mempunyai penghasilan sendiri. Ya, tentu kedua pilihan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing- masing tergantung bagaimana Anda memilih.

Namun, sebenarnya selain Anda harus memilih salah satu keduanya, akan lebih baik jika Anda menggabungkan antara keduanya. Maksudnya adalah meskipun Anda menjadi seorang ibu rumah tangga namun tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Banyak jenis- jenis pekerjaan atau usaha yang bisa di jalankan di rumah di sela- sela waktu Anda mengurus keluarga. Jadi, meskipun Anda menjadi ibu rumah tangga, Anda tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri. Nah, Bagaimana caranya untuk merealisasikannya? Lalu apa saja jenis pekerjaan yang bisa di lakukan di rumah oleh ibu rmah tangga?

Pekerjaan yang bisa di lakukan di rumah bisa di tentukan dari hobi, kemampuan atau bakat dan juga kesediaan kondisi dan lingkungan Anda sendiri. Pertama, coba Anda lihat apakah hobi Anda dan apakah hobi tersebut bisa Anda rubah sebagai peluang bisnis. Jika dapat, maka Anda bisa memanfaatkan hobi Anda tersebut sebagai sarana Anda mendapatkan penghasilan. Kedua, Anda juga bisa melihat kemampuan yang Anda miliki. Misalnya saja Anda berbakat membuat kerajinan tangan, maka coba lah untuk memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Dan terakhir adalah melihat kondisi dan keadaan. Coba lihat peluang usaha di sekitar lingkungan Anda. Misalnya Anda tinggal di daerah kos- kos an. Maka Anda bisa membuka usaha laundry atau warung makan sebagai pekerjaan sambilan.

Berikut beberapa usaha yang bisa di lakukan oleh seorang ibu rumah tangga di rumah atau bisnis rumahan yang bisa di coba.

Bisnis Tanaman Hias.

Sudah di katakan sebelumnya bahwa jenis usaha bisa di tentukan dari hobi. Nah, jika Anda adalah orang yang suka dan hobi berkebun dan merawat tanaman maka hobi tersebut bisa Anda ubah menjadi peluang usaha yaitu usaha tanaman hias. Anda hanya membutuhkan lahan kosong yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat tanaman. Bisnis ini termasuk bisnis yang menguntungkan karena Anda di rumah bisa merawat tanaman dan bisa menawarkannya ke teman, tetangga, atau kerabat.

binis tanaman hias

Selain itu, Anda juga bisa menawarkannya melalui media sosial atau internet. Anda bisa dengan mudah menawarkannya melalui internet dengan cara foto kemudian promosikan melalui internet. Jika masih kurang, Anda juga bisa mengikuti pameran tanaman hias. Anda bisa sharing dengan pelaku bisnis tanaman lainnya sehingga bisa menambah pengetahuan Anda. Hal- hal tersebut bisa Anda lakukan untuk dapat memperoleh keuntungan dari bisnis atau usaha tanaman hias ini.

Usaha Katering

Jika usaha sebelumnya adalah usaha dari hobi maka, jenis usaha selanjutnya adalah usaha berdasarkan kemampuan atau bakat. Jika Anda termasuk orang yang suka memasak maka Anda bisa membuka usaha katering. Memang usaha katering ini tidak bisa langsung jalan karena berjalannya usaha ini tergantung pada kepercayaan dan testimonial dari pelanggan- pelanggan yang menggunakan usaha katering. Anda bisa mengawalinya dengan menawarkan jasanya kepada keluarga dan kerabat dekat. Selain Anda mendapatkan fee Anda juga akan mendapatkan saran dari keluarga karena pasti sebagai keluarga mereka menginginkan usaha Anda sukses dan berkembang.

peluang usaha katering

Jika anda bisa mempertahankan dan menjalankan bisnis ini maka penghasilan yang dapat Anda peroleh cukup besar. Anda bisa merekrut beberapa orang untuk menjadi karyawan dan membantu usaha Anda tersebut.

Usaha Kerajinan Tangan.

Bisa membuat kerajinan tangan merupakan suatu bakat dan kemampuan yang bisa di manfaatkan sebagai ladang memperoleh penghasilan. Banyak sekali jenis kerjaninan tangan yang bisa Anda produksi. Tentu hal itu juga tergantung pada kemampuan anda. Misalnya membuat kerajinan tangan seperi gantungan kunci, atau merangkai bunga atau kerjainan tangan lainnya. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai sarana Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

peluang usaha

Sama dengan usaha lainnya, Anda bisa memasarkannya melalui media online seperti instagram, facebook dan media sosial lainnya yang bisa membuat produk Anda di kenal dan menarik minat pembeli. Semakin unik hasil karya tangan Anda maka semakin menarik pula produk tersebut. Jika sudah semakin besar usahanya maka Anda bisa mengembangkan usaha Anda dan menerima pesanan seperti untuk souvenir pernikahan dan lain sebagainya.

Usaha Konveksi.

Jika Anda hobi dan berbakat dalam hal konveksi, maka Anda bisa mencoba usaha rumahan yang satu ini. usaha konveksi memang tidak sembarangan orang menjalankannya, karena jenis usaha ini merupakan usaha berdasarkan kemampuan yang di miliki. Jika Anda memiliki bakat dalam hal konveksi maka Anda termasuk orang yang beruntung karena tidak semua orang memiliki bakat tersebut, terlebih lagi kemampuan Anda tersebut bisa di manfaatkan dan mendapatkan penghasilan.

usaha rumahan

Hanya dengan bermodalkan kemampuan menjahit dan mesin jahit Anda sudah bisa menjalankan jenis usaha ini. Anda bisa memulainya dengan menyediakan jasa jait ke tetangga, kelurga dan kerabat dekat. Denga menjalankan bisnis ini Anda bisa tetap berada di rumah namun tetap menghasilkan penghasilan tambahan.

Menjalankan Bisnis Online

Jika Anda sulit untuk menjalankan usaha atau bisnis yang di sebutkan sebelumnya maka Anda bisa mencoba untuk usaha atau bisnis yang mudah di jalankan ini yaitu bisnis online. Sekarang ini media sosial menjadi tempat yang mudah untuk menawarkan produk. Nah, Anda bisa menjual dan menwarkan produk dengan memanfaatkan media sosial ini. Jika Anda tidak mempunyai produk yang bisa Anda hasilkan sendiri maka Anda bisa menggunakan strategi reseller dan dropship untuk lebih modalnya.

Dengan menjual produk orang lain Anda tidak perlu ribet menentukan akan memproduksi barang tersebut. Anda hanya berfungsi sebagai penjual tangan kedua dari agen atau produsen tangan pertama. Anda juga tidak perlu menyetok barang atau produk tersebut karena menggunakan strategi dropship yaitu Anda membelinya jika Anda mendapatkan pesanan dari konsumen saja. Jadi, kerugian karena barang tidak laku menjadi rendah.

             Jadi, sebenarnya bagi ibu rumah tangga, untuk mendapatkan penghasilan tidak harus dengan bekerja di kantor. Karena pada dasarnya Anda hanya membantu suami dalam hal keuangan jadi tidak masalah dalam menjalankan peluang usaha, pendapatan yang Anda hasilkan tidak besar. Semoga bermanfaat.

Komentar