Perbedaan am dan pm | Pembagian Waktu Siang dan Malam

Perbedaan am dan pm ===>> Tidak sedikit yang bingung tentang am dan pm, bahkan ketika seseorang untuk mengajak janjian untuk keperluan  panggilan kerja maupun, atau janjian sama teman maupun pacar, di belakang waktu yg ditulis di ikuti tanda am maupun Pm.

Apasih perbedaan am dan pm?

 AM singkatan dari ante meridiem, yang berarti sebelum tengah hari, sedangkan PM singkatan dari post meridiem, yang berarti setelah tengah hari. Makanya, dari pukul 12.00 (tengah malam) sampai pukul 12.00 (siang), waktunya ditulis sebagai AM, sedangkan dari pukul 12:00 (siang) sampai 12:00 (tengah malam) ditulis sebagai PM.

perbedaan am dan pm

Hal pertama yang kita pelajari tentang waktu adalah bahwa ada 24 jam dalam sehari. Setiap jam kemudian dibagi menjadi 60 menit, masing-masing menit kemudian berdurasi 60 detik. Hari 24 jam dibagi menjadi dua segmen 12 jam untuk kenyamanan kita. Segmen 12 jam ini disebut AM dan PM.

AM singkatan dari ante meridiem, sementara PM singkatan dari post meridiem. Istilah ‘meridiem’ adalah bahasa Latin, yang berarti ‘tengah hari’. Sedangkan ‘ante’ berarti ‘sebelum, dan’ post ‘berarti setelah. Makanya, ante meridiem, yaitu AM secara harfiah berarti sebelum siang hari, sementara post meridiem, yaitu PM berarti setelah tengah hari.

Perbedaan waktu ini sebenarnya bukan fenomena baru. Jam 12 jam itu berkembang sejak pertengahan milenium kedua SM. Selama 4000 tahun yang lalu, jam telah disetel dengan baik dan akhirnya terbentuk dalam bentuknya yang sekarang di abad ke-16 Masehi.

Hari sebenarnya dimulai pada tengah malam, yaitu pukul 00.00 seperti yang dikenal pada jam 24 jam. Pada jam 12 jam, ini menjadi 12:00 am. 12 jam pertama mulai pukul 12:00 tengah malam, pukul 12.00 tengah hari, yang kita sebut pukul 12:00 WIB. Siklus 12 jam kedua dimulai dari pukul 12:00 sampai akhir hari, yaitu tengah malam yang juga dikenal pada pukul 12:00. Makanya, dari pukul 12.00 (tengah malam) sampai pukul 12.00 (siang), waktunya ditulis sebagai AM, sedangkan dari pukul 12:00 (siang) sampai 12:00 (tengah malam) ditulis sebagai PM.

Siklus 12 jam datang melalui siang / malam. Secara historis, 12 jam pertama terjadi di siang hari, dimana waktu itu terus menggunakan bayangan matahari. Paruh kedua hari terjadi pada malam hari ketika waktunya tetap menggunakan posisi bulan dan bintang. Ini juga mengapa banyak orang saat ini berpikir bahwa AM adalah saat sedang terang di luar, sedangkan PM saat sedang gelap di luar. Namun, ini bukan masalahnya, terutama karena seperti yang diketahui nenek moyang kita, tidak ringan di luar selama 12 jam, sama juga tidak gelap selama 12 jam. Bergantung pada tempat tinggal Anda, lebih banyak jam dalam sehari mungkin memiliki cahaya, atau lebih banyak waktu dalam sehari mungkin terasa gelap. Ada tempat di dekat kutub dimana cahaya untuk semua 24 jam dalam sehari, atau kegelapan untuk semua 24 jam sehari.

itu sekilas tentang perbedaan am dan pm

lihat artikel berikutnya:

Perbedaan Pengetahuan dan Keahlian/ Kemampuan

Perbedaan Cuaca dan Iklim, Faktor yang mempengaruhi | contoh

Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *