Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi dan Contohnya

Migrasi Vs Imigrasi

Meskipun migrasi dengan imigrasi tampaknya terkait erat, ada banyak Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi dalam hal penggunaannya. Migrasi dan Imigrasi keduanya adalah kata benda. Migrational adalah kata sifat yang berasal dari migrasi. Imigrasi adalah kata yang berarti pindah kesuatu negara, disisi lain, migrasi adalah sebuah kata yang berarti pindah ke suatu tempat untuk sementara waktu. Inilah salah satu perbedaan antara dua kata imigrasi dengan migrasi. Karena keduanya berbicara tentang gerakan, sekarang mari kita perhatikan dengan seksama setiap persyaratan, migrasi dan imirgrasi, untuk melihat perbedaan keduanya:

Arti IMigrasi

Imigrasi berasal dari bahasa latin imirare, yang berarti “masuk kedalam”. Makna masuk kedalam , adanya gerakan secara permanen/tetap. Pengertian Imigrasi adalah perpindahan ke suatu negara karena menginginkan kondisi kehidupan maupun penempatan kerja yang lebih baik. Imigrasi dikendalikan oleh beberapa peraturan perundang-undangan yang ketat karena setiap negara ingin mengetahui maksud dan tujuan untuk melakukan imigrasi kengara lain. Oleh karena itu peraturan dan perundang-undangan sangat ketat mengatur tentang imigrasi, Tidak seperti migrasi yang merupakan fenomena alam, imigrasi tidak begitu alami namun berkaitan dengan keputusan warga negara.

Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi

Arti Migrasi

Menurut makna yang telah dijelaskan diatas, ada pergerakan semetara dalam hal migrasi. Selain itu tidak seperti imigrasi dimana anda pergi kenegara lain secara permanen, anda bermigrasi ketempat lain hanya sementara, baik dalam hal pekerjaan atau sebagai tempat persingahan. Arti kata migrasi Dalam kamus inggris Oxpord adalah “ pergerakan musiman hewan dari satu daerah ketempat lain” .

Burung umumnya bermingrasi dari tempat lain selama musim khusus karena menginginkan kondisi kehidupan dan mangsa yang lebih baik. Burung tersebut burung migran. Menarik untuk dicatat bahwa burung ber-migrasi  dari astralia, serbia dan negara lain selama beberapa musim dan kembali ketempat asalnya setelah menghabiskan beberapa ditempat lain. Selanjutnya tidak seperti imigrasi, imigrasi tidak dikendalikan metode hukum atau peraturan hukum, migrasi cukup alami.

Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi

Faktor pendukung terjadinya migrasi

  • Makin berkurangnya sumber-sumber alam
  • Menyempitnya lapangan kerja ditempat asal, akibat masuknya teknologi modern menggunakan mesin-mesin
  • Adanya tekanan-tekanan dan diskriminasi politik, agama, maupun ditempat asal
  • Tidak cocok lagi dengan adat/budaya/kepercayaan setempat
  • Bencana alam baik itu banjir, kebakaran, gempa bumi, musim kemarau panjang, maupun adanya wabah penyakit
  • Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi

Imigrasi merujuk pada relakasi/pergerakan ke suatu negara, migrasi  mengacu pada pegerakan dari suatu tempat/wilayah ke wilayah lain baik dalam negara atau lintas batas negara. Sebagai contoh ada migrasi orang-orang yahudi dari eropa  keberbagai belahan bumi, albert enstein bermigrasi  ke amerika serikat.  Sementara  imigrasi biasanya mengacu pada individu  atau keluarga, migrasi  mengacu pada pergerakan populasi yang lebih besar . sementara migrasi  juga bisa digunakan dalam konteks hewan seperti burung dan lain sebagainya.

  • IMigrasi adalah kata yang berarti pindah kesuatu negara. Disisi lain, migrasi adalah sebuah kata yang berarti pindah kesuatu tempat untuk sementara waktu atau sesaat.
  • Ada pergerakan secara permanen dalam kasus migrasi, disisi lain seseorang bermigrasi  ke tempat lain  untuk sementara baik dalam hal untuk mendapatkan pekerjaan atau hanya sebagai tempat persinggahan.
  • Migrasi juga berarti pergerakan musiman hewan dan satu wilayah ke daerah lainnya.
  • Migrasi tidak dikendalikan oleh perundang-undang/hukum, sebaliknya imigrasi dikendalikan hukum atau peraturan perndang-undangan.
  • Dengan demikian dapat dipahami bahwa sifat gerakan berbeda dalam Imigrasi dan migrasi meskipun keduanya menggambarkan pergerakan.

Demikian tentang Perbedaan Migrasi dengan Imigrasi, silahkan kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *