Perbedaan Pengetahuan dan Keahlian/ Kemampuan

Perbedaan Pengetahuan dan Kemampuan, keahlian serta keterampilan merupakan┬ápertanyaan sederhana, tapi satu yang segera membedakan perbedaan antara ‘pengetahuan ‘keterampilan dan kemampuan’. Kata-kata ini sering digunakan secara bergantian, tapi apa perbedaannya?

Pengetahuan dan keterampilan adalah dua kata yang sering membingungkan meski ada perbedaan yang jelas antara dua kata tersebut. Pertama mari kita definisikan pengetahuan. Ini mengacu pada informasi atau kesadaran yang didapat melalui pendidikan atau pengalaman. Misalnya, saat kita membaca buku atau membaca koran kita mendapatkan informasi. Ini bisa dianggap sebagai pengetahuan. Keterampilan, bagaimanapun, mengacu pada kemampuan bahwa kita harus melakukan berbagai tugas.

Keterampilan komputer, keterampilan presentasi adalah beberapa contoh seperti itu. Keterampilan sebagian besar dikembangkan saat kita mendapatkan pengalaman baru atau paparan praktis. Oleh karena itu, perbedaan utama antara pengetahuan dan keterampilan adalah pengetahuan diperoleh melalui pendidikan, tidak seperti keterampilan yang berkembang dengan latihan.

Apa itu pengetahuan

Kamus Oxford mendefinisikan pengetahuan sebagai informasi atau kesadaran yang diperoleh melalui pendidikan atau pengalaman. Ada banyak cara untuk memperoleh pengetahuan. Misalnya dengan membaca buku, melalui surat kabar dan browsing internet, kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang berbagai mata pelajaran. Selain itu, sekolah, perguruan tinggi dan universitas juga tempat dimana pengetahuan ditanamkan ke siswa.

Pengetahuan mencakup berbagai aspek informasi teoretis yang kita pelajari dalam suatu subjek. Misalnya, dalam psikologi, ada banyak teori, konsep, dan pendekatan. Ini dianggap sebagai pengetahuan ilmiah. Sekarang mari kita lihat apa yang dilambangkan dengan keterampilan.

Apa itu Keterampilan?

Keterampilan adalah kemampuan yang kita miliki untuk melakukan sesuatu dengan baik. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan kita bisa menjadi tugas yang agak membosankan karena membutuhkan banyak latihan. Di berbagai bidang, ketrampilan yang berbeda sangat menonjol. Misalnya mengorganisir keterampilan, kemampuan presentasi, keterampilan teknis adalah beberapa contohnya.

perbedaan pengetahuan dan keahlian

Bila seseorang dilengkapi dengan pengetahuan teoritis, dia bisa menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan ketrampilannya. Mari kita pahami ini melalui sebuah contoh dari psikologi. Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, psikologi adalah disiplin akademis yang menghasilkan pengetahuan ilmiah.

Seseorang yang mempelajari psikologi dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan ketrampilannya sebagai konselor. Di sini, pengetahuan bahwa individu telah diperoleh ditransformasikan menjadi keterampilan yang akan membantunya dalam situasi praktis. Teori yang telah dia pelajari, berbagai perspektif, dan pendekatan diberi makna praktis. Misalnya, dalam psikologi, kita belajar konsep yang disebut empati, yang memungkinkan kita memahami sudut pandang orang lain. Orang tersebut harus mengembangkan ini sebagai keterampilan konseling jika dia ingin menjadi efektif. Seperti yang bisa Anda lihat, pengetahuan dan keterampilan adalah dua konsep yang berbeda walaupun ada hubungan di antara keduanya.

Apa itu kemampuan

Kemampuan adalah kualitas mampu melakukan sesuatu. Kemampuan seringkali alami atau inbuilt; Mereka juga bisa menjadi kombinasi genetika dan pembelajaran. Kemampuan adalah bagian dari kualitas individu dan mempengaruhi kemampuannya untuk menjadi terampil saat mempelajari sebuah tugas baru. Sebagai contoh, seorang ahli bedah harus memiliki kemantapan tangan dan koordinasi multi-anggota badan dan seorang pembalap harus memiliki kemampuan seperti stamina, presisi kontrol, waktu reaksi, dll.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *