Emas Perhiasan VS Investasi Emas Batangan

emas batangan

Investasi emas sekarang ini memang sudah menjadi salah satu bentuk investasi yang paling terkenal dan banyak diminati oleh banyak kalangan pada masyarakat kita . Harga yang bisa dikatakan sangat stabil dan juga lebih sering mengalami peningkatan, menjadi salah satu alasan untuk kebanyakan orang dalam memilih investasi emas tersebut . Emas juga sudah menjadi primadona  di dunia investasi, oleh sebab itu sepanjang tahun tidak pernah sepi dari peminat investasi. Apabila Anda menjadi salah satu orang yang mempunyai keinginan untuk menjalankan sebuah investasi dalam bentuk emas, jadi Anda harus memahami secara detail  mengenai investasi ini yang biasa dijalankan dalam bentuk emas perhiasan atau investasi emas batangan.

Kedua jenis emas tersebut tentu mempunyai kerakteristik dan  kelebihan masing-masing, di mana Anda dapat memilih jenis emas mana yang paling tepat untuk investasi yang akan Anda lakukan. Pemilihan jenis emas tersebut tentu akan sangat mempengaruhi nilai investasi Anda di masa yang akan datang , sebab hal tersebut sangat penting  untuk Anda dalam mempertimbangkannya dari awal, supaya investasi yang akan Anda lakukan dapat berhasil secara maksimal. Kebanyakan orang tentu mempunyai anggapan bahwa investasi dalam bentuk investasi emas batangan akan lebih baik dan menguntungkan.

Akan tetapi bila Anda dapat memperhatikan penampilan kebanyakan orang dan senang menggunakan perhiasan, tentu saja Anda akan lebih berminat untuk melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan emas. Hal tersebut akan sangat tergantung dengan niat Anda dan juga kondisi keuangan yang Anda punya saat ini . Entah itu emas dalam bentuk perhiasan maupun emas dalam bentuk batangan, masing-masing memang memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang akan Anda lakukan. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai beberapa pertimbangan sebelum anda memilih salah satu di antara keduanya tersebut ;

Pertama yaitu Maksud Serta Tujuan Investasi yang Akan Anda Lakukan

Hal pertama yang harus Anda ketahui yaitu tentang tujuan Anda melakukan investasi itu sendiri, jangan sampai Anda salah langkah dalam memilih dan tidak memperoleh keuntungan secara maksimal di hari yang akan datang. Apabila tujuan investasi Anda dalam jangka waktu yang panjang, maka alangkah baiknya Anda melakukan investasi dalam bentuk emas batangan saja, hal tersebut karena emas dalam bentuk ini akan mempunyai nilai jual yang lebih stabil bila dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang biasanya akan terus mengikuti perkembangan gaya dan model . Mungkin bisa saja anda mengeluarkan beberapa biaya pembuatan yang mahal untuk sebuah perhiasan emas yang wujudnya sangat rumit , Akan tetapi ketika beberapa tahun yang akan datang perhiasan tersebut dijual, sejumlah biaya pembuatan yang Anda keluarkan tersebut tidak akan dihitung pada harga jual emas tersebut .

Kedua yaitu Ketahui Harga Emas Di Pasaran

Ketahui juga harga emas yang berlaku di pasaran saat Anda akan melakukan investasi dalam bentuk emas tersebut .  Apabila harga sedang tidak stabil dan cenderung naik dan turun selama beberapa minggu terakhir, maka alangkah baiknya Anda menunda terlebih dahulu keinginan untuk melakukan investasi tersebut. Usahakan Anda tidak berinvestasi dalam bentuk emas saat harganya sedang melonjak tinggi, hal tersebut akan berisiko mendatangkan kerugian di masa yang akan datang bila sewaktu-waktu Anda berniat untuk menjualnya kembali, terutama bila harganya sedang turun drastis di pasaran.

Ketiga yaitu Memilih Tempat Pembelian Emas  yang Aman

Hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi Anda untuk anda pertimbangkan, terutama bila Anda berniat untuk membeli emas dalam wujud perhiasan. Hindari dalam membeli emas palsu atau dengan kadar yang tidak sesuai dengan harga yang Anda bayarkan, oleh karena itu pastikan Anda membeli emas di tempat atau toko emas yang aman dan terpercaya saja.

Investasi  emas batangan memang masih menjadi salah satu yang sering dipilih dan diminati sampai sekarang ini, hal tersebut tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri untuk Anda dalam menjalankan investasi yang akan Anda lakukan nantinya . Emas batangan memang sudah dianggap sebagai bentuk investasi yang tepat untuk dilakukan dalam jangka panjang karena harga jual kembalinya bisa dibilang sangat tinggi dan juga cenderung stabil. Disamping itu , keaslian dan kemurnian emas batangan juga lebih terjamin sebab setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang juga tercantum  nomor id (identitas barang ), berat, ukuran dan juga tingkat kadarnya.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk Anda dalam memilih investasi emas ini, karena sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda dapat berinvestasi dengan rasa aman tanpa kekhawatiran apapun . Akan tetapi  meski  begitu , tidak semua orang mempunyai akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini. Secara khusus pemerintah memang mempunyai layanan penjualan emas batangan lewat PT. Antam, akan tetapi hanya di beberapa kota besar saja yang terdapat toko atau gerai PT. Antam itu sendiri.

Bahkan walaupun pegadaian dan juga beberapa bank memberikan layanan penjualan emas batangan, hal itutetap sulit untuk diakses oleh kebanyakan  orang, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah kecil dan jauh dari pusat kota. Hal tersebut menjadi halangan tersendiri untuk masyarakat dalam melakukan investasi bentuk emas batangan tersebut . Hampir kebanyakan orang tentu suka dengan perhiasan, terutama para wanita, dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan juga dapat digunakan sebagai aksesoris yang akan menambah nilai penampilan seseorang. Emas mempunyai nilai yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan guna menunjang penampilan. Emas dalam wujud perhiasan juga akan lebih mudah diperoleh bila dibandingkan dengan emas dalam wujud  batangan. Ada banyak gerai atau toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, tidak hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi beberapa toko tersebut bahkan dapat ditemukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah kecamatan yang bisa dikatakan sangat jauh dari perkotaan .

Dengan demikian , masyarakat akan lebih mudah dalam membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka punya .Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih sering dan paling banyak dilakukan sampai sekarang  ini, walaupun hal tersebut bisa saja tidak memberikan keuntungan yang menggiurkan . Tentu selalu ada kemungkinan Anda untuk memperoleh perhiasan emas palsu di pasaran, karena tidak semua orang mempunyai keahlian dalam mengukur kadar emas yang akan  mereka beli.

Oleh karena itu sangat penting untuk Anda mempertimbangkan secara baik tempat di mana Anda akan membeli perhiasan emas tersebut, anda juga harus selalu meneliti kadar emas yang Anda beli, supaya Anda tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang telah Anda lakukan. Apa saja pilihan investasi emas yang akan Anda lakukan, akan lebih baik jika anda memahami dan mengerti tujuan utama dari investasi itu sendiri, sehingga manfaat investasi tersebut dapat berjalan dengan maksimal di masa yang akan datang.

Sumber: taralite