Pusing Mikir Biaya Kuliah? Coba 3 Pilihan Ini

Setelah lulus SMA / SMK mau kuliah atau langsung kerja?

Ketika Anda yang akan lulus sekolah tingkat atas atau SMA atau SMK atau yang sekarang duduk di bangku SMA atau SMK kelas XII pertanyaan pasti selalu kalian terima. Jawabannya pasti juga ada dua, kalau tidak melanjutkan pendidikan tinggi ya langsung kerja dengan berbagai alasan diataranya tingginya biaya kuliah dan lain sebagainya. Semua jawaban yang Anda berikan tergantung pada diri Anda sendiri apakah ingin langsung segera bekerja atau melanjutkan studi kuliah. Namun terkadang meskipun termasuk jawaban singkat, hal ini terkadang sulit untuk di putuskan. Namun seharusnya sebagai seorang remaja yang sudah menuju dewasa Anda harus mampu memutuskan sendiri apa langkah selanjutnya bagi masa depan Anda. satu keputusan ini sangat mempengaruhi bagaimana masa depan Anda nantinya.

biaya kuliah

Keputusan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah sepertinya menjadi pilihan yang sekarang ini banyak di ambil. Berbeda jika di bandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, belum banyak yang berminat untuk melanjutkan pilihan menuju ke jenjang kuliah. Hal ini di sebabkan mereka lebih memilih langsung bekerja dan tidak mau lagi untuk berfikir dan belajar di perkuliahan. Namun jika di lihat di zaman sekarang ini, melanjutkan pendidikan sudah menjadi hal yang umum karena pada dasarnya untuk mendapatkan masa depan yang cerah, maka juga harus bisa bersaing salah satunya adalah di bidang pendidikan dan pengetahuan.

Memutuskan untuk berkuliah memiliki banyak tujuan dan manfaat yang bisa di capai. Pertama, Anda mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan. Dengan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru maka Anda bisa lebih unggul dari mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk duduk di bangku kuliah. Kedua, Lebih di utamakan. Ketika Anda lulus dari bangku kuliah dan melamar pekerjaan maka Anda akan lebih di utamakan daripada pelamar yang hanya tamatan SMA. Ketiga, bisa untuk kenaikan gaji. Ada perusahaan yang menetapkan jumlah gaji berbeda antara karyawan lulusan SMA dengan karyawan yang lulusan Sarjana.

Dengan melihat manfaat atau tujuan tersebut semua orang pasti akan memilih untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, namun ada beberapa alasan yang menyebabkan enggan untuk melanjutkan pendidikan kuliah, salah satunya adalah masalah ekonomi. Keuangan dan ekonomi sering kali menjadi persoalan yang sulit untuk di pecahkan. Tidak cukup mampu untuk membayar uang kuliah sepertinya menjadi alasan yang umum di berikan. Padahal sebenarnya masalah tersebut bisa di pecahkan dengan beberapa pilihan seperti:

Cari Beasiswa

Jika Anda memang mempunyai niat untuk bisa melanjutkan pendidikan maka tentu tidak akan menyerah dengan keadaan bukan? Jadi meskipun Anda mempunyai masalah dalam hal keuangan, Anda masih tetap berusaha dengan cara aktif mencari informasi mengenai beasiswa. Bisa melalui internet, radio, koran sumber- sumber lainnya yang menyediakan informasi mengenai beasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa maka Anda bisa terbantu dalam hal keuangan dan tidak akan menyusahkan orang tua. Memang lah tidak mudah karena pihak yang memberikan beasiswa tentu memiliki kriteria tertentu bagi penerima beasiswa seperti mempunyai transkip nilai yang bagus ataupun mempunyai banyak prestasi pendidikan baik formal maupun non- formal.

Tenang saja, sekarang ini banyak yang mengeluarkan bantuan beasiswa bagi mereka yang mempunyai prestasi namun tidak mampu dalam hal keuangan. Pemerintah pusat maupun daerah pasti juga mempunyai program bantuan pendidikan serupa. Di tambah lagi pihak- pihak lain seperti perusahaan yang menyediakan beasiswa penuh bukan hanya membantu ketika masuk perguruan tinggi saja namun juga membiayai dari kesuluruhan biaya kuliah hingga lulus nanti. Biasanya beasiswa ini ada di tengah semester. Namun untuk mendapatkannya juga harus melalui bebarapa tahapan dan seleksi.

Program- program beasiswa yang sering kali ada dan yang bisa Anda coba adalah seperti Bidik Misi, beasiswa dari perusahaan seperti Djarum Foundation, Sampoerna Foundation, ASTRA dan lain- lain. Bahkan bukan hanya untuk jenjang S1 saja, namun ada juga beasiswa untuk jenjang kuliah S2. Siapa bilang kuliah susah?

Cari Kerja.

Ketika keuangan menajdi masalah utama yang menyebabkan Anda sulit untuk melanjutkan pendidikan maka Anda bisa berusaha dengan mencari pekerjaan sehingga mendapatkan penghasilan dan mampu membayar biaya kuliah sendiri tanpa membebani orang tua. Pilihan ini sebaiknya Anda ambil jika pilihan pertama yaitu beasiswa sulit untuk Anda dapatkan. Tidak ada salahnya jika anda harus membagi waktu belajar dan bekerja. Jika salah satu cara untuk emmecahkan masalah tersebut adalah dengan bekerja, mengapa tidak. Anda bisa mencari pekerjaan part time yang bisa Anda lakukan waktu- waktu luang kuliah.

Banyak kok pekerjaan part time yang bisa Anda pilih dari pekerjaan dengan tenaga hingga keperjaan part time dengan pekerjaan yang modern seperti menjadi penulis lepas artikel, berjualan online, dan pekerjaan online lainnya yang bisa mneghasilkan penghasilan untuk membayar biaya kuliah. Anda menjadi mahasiswa yang hebat ketika bisa kuliah dengan hasil jerih payah sendiri. Namun jika Anda memutuskan untuk belajar, jangan lupa tujuan utama Anda yaitu ingin belajar. Jangan sampai pekerjaan Anda mengganggu fokus kuliah Anda.

Mencari Pinjaman Dana

Jika Anda tidak bisa mendapatkan beasiswa dan juga tidak bisa membagi waktu untuk bekerja maka untuk pilihan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah mencari pinjaman dana dari pihak lain. memang terkadang, pilihan ini harus Anda pilih karena sudah tidak ada pilihan lain. Tidak harus dari lembaga keuangan seperti bank, Anda bisa mendapatkan pinjaman dari pihak lain seperti keluarga, kerabat maupun saudara dekat. Namun jika keluarga, kerabat maupun saudara dekat tidak bisa membantu maka Anda bisa memilih pilihan yaitu pinjaman dana dari lembaga keuangan yaitu seperti bank. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk mengajuka pinjaman, Anda harus memperhatikan hal- hal berikut:

Pilih produk dan bank terbaik.

Ketika memilih produk pinjaman dan bank yang baik seharusnya Anda menjauhi dan menghindari yang mengandung unsur rentenir. Jika Anda ingin memilih produk bank yang terbaik maka perhatikan syarat, suku bunga kredit dan biaya yang terdapat di dalamnya. Pilihlah produk dengan ketentuan syarat termudah, dengan begitu Anda juga mudah mendapatkan pinjaman tersebut. perhatikan pula biaya dan suku bunga, pilih lah bank dengan produk yang memberikan biaya dan suku bunga terbak.

Tentukan jumlah pinjaman yang tepat.

            Nah, ini yang sering tidak di perhatikan oleh orang- orang yang meminjam dana di bank yaitu tidak memperhitungkan dengan benar jumlah pinjaman yang di ajukan. Sebaiknya Anda sesuaikan jumlah pinjaman yang akan Anda ajukan dengan jumlah nominal yang Anda butuhkan. Hal ini sangat penting karena menyangkut kemampuan Anda membayar cicilannya setiap bulan.

Jika Anda sudah mengajukan pinjaman ke bank, jangan lupa untuk memikirkan caranya untuk membayar cicilan setiap bulannya, Anda bisa mengumpulkan dana dengan cara menabung atau bisa juga bekerja di hari minggu saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan sehingga tidak semua beban jatuh ke orang tua. Semoga bermanfaat.

Dapatkan promo KTA murah Pinjaman online/pendidikan ditaralite