Keuangan dan Kredit /  -

Rupiah semakin bersemangat dengan tampilan barunya

Desember 21st, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-05-29 08:04

Antusiasme masyarakat terhadap dirilisnya uang baru yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) begitu tinggi. Peluncuran uang desain baru tersebut tepat pada hari senin 12/19 diresmikan langsung presiden repubilk indonesia jokowidodo yang didampingi menteri keuangan sri-mulyani, SetKab promono anung, menteri koordinator kemaritiman luhut binsar panjaitan serta gubernur bank indonesia sekarang Agus Martowardoyo. Untuk jumlah pecahan uang NKRI yang baru tersebut ada 11 pecahan yang menampilkan berbagai foto pahlawan nasional.

Dari 11 pecahan tersebut terdiri dari 7 uang kertas dan 4 dalam bentuk logam, dimana tukaran 100rb dimuat foto presiden pertama republik indonesia ir seokarno berdampingan dengan M.Hatta, pecahan 50ribu pada gambar utama terdapat foto Ir. H. Djuanda Kartawidjaya, pecahan 20rb di isi dengan foto Dr. G.S.S.J Ratulangi, untuk pecahan 10ribu juga perubahan terjadi 100% dari terdahulu dimana gambar utama diisi dengan foto Frans Kaisiepo, untuk pecahan 5rb sendiri di isi dengan foto K.H Idham Chalid, pecahan 2 ribu dimuat foto Mohammad Hoesni Thamrin dan untuk pecahan seribu ada foto Tjut Meutia.

 Untuk pecahan logam terdiri dari pecahan serribu terdapat foto  I Gusti Ketut Pudja, pecahan lima ratus ada foto Letjend TNI T.B Simatupang, pecahan 200 pada gambar utama di muat foto Tjiptomangunkusumo, dan yang terkecil pecahan 100 dimuat foto Herman Johannes.

uang baru
foto viva.co.id

Sebenarnya peluncuran uang baru bukan kali ini dirilis bank indonesia, setiap 1 sampai dengan 3 tahun biasanya bank indonesia merilis uang baru dengan nilai dan tempilan yang baru, lantas apa kelebihan uang yang baru dirilis BI sekarang yang membuat masyarakat berbondong bondong menukarkan uang baru tersebut. Berikut kelebihan uang baru dibandingkan dengan uang terdahulu.

  • Color Shifting

 Kelebihan pertama yang terdapat pada rupiah yang baru terdapat pada Color Shifting, bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda  tampilannya akan memberikan efek begitu kontras. Disisi lain (rainbow feature-nya) terdapat gambar + tersembunyi multiwarna berupa angka nominal

  • Latent Image

Dari segi laten image juga berbeda dengan uang terdahulu, bila dilihat pada sudut yang pandang yang berbeda akan terlihat teks teks BI, sementara pada bagian belakang terdapat nilai nominal.

  • Ultraviolet Feature

Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik BI juga memberikan penguatan desain  Ultraviolet Feature dimana pada uang sebelumnya ini tidak terdapat. Desain ini bisa memendar menjadi dua dibawah sinar  Ultraviolet.

  • Rectoverso

Bila diterawang dan diperhatikan secara seksama dari  Rectoversonya uang ini akan memunculkan gambar yang saliing mengisi berupa logo bank indonesia (BI)

  • Blind Code

Salah satu kelebihan yang paling disambut meriah kehadiran desain baru ini ialah ramah terhadap orang yang memiliki keterbatasan penglihatan (tuna netra). Dengan menggunakan desain tahun emisi (TE) telah mengalami banyak penyempurnaan dimana penyandang tunanetra berupa efek perabaan yang berfungsi membantu membedakan pecahan rupiah.

  • Terdapat 17 pengaman

Uang yang baru dirilis ini sekali gus sebagai jawaban Maraknya pemalsuan uang yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Hadirnya uang baru ini tentu semakin sulit bagi mereka yang kerap menggandakan secara ilegal. Meski begitu kuag pengamanan yang diberikan BI tidak ada salahnya anda tetap berhati-hati dalam menerima uang karena penjahat selalu mencari jalan untuk mengelabui korbannya.

BAGAIMANA NASIB UANG LAMA DENGAN HADIRNYA UANG BARU

uang baru rupiah

 

Ada beberapa pecahan rupiah yang sudah jarang bahkan sudah tidak tampak lagi beredar ditengah masyarakat misalnya pecahan kertas Rp100 yang bergambar kapal penisi, pecahan kertas Rp500, pecahan kertas Rp5000 dan lain sebagainya. Salah satu tugas bank indonesia ialah selain mencetak uang bank indonesia berwenang menarik uang yang beredar bila diperlukan. Pertanyaannya akankah uang lama dengan berbagai pecahan akan ditarik BI dari peredaran digantikan dengan uang baru yang memiliki 11 pecahan ?

Melalui gubernur bank indonesia, sampai sekarang BI belum ada rencana untuk menarik uang lama dan menggantikannya dengan uang baru sekarang. Masyarakat masih bisa menggunakan uang lama tersebut sebagaimana mestinya sebagai alat tukar yang sah. Jadi anda tidak perlu khawatir dan pergi kebank untuk menukarkan uang lama anda karena takut uang tersebut tidak laku lagi.

CINTA INDONESIA BERARTi CINTA Rupiah

 Menurut saya bohong besar bila seseorang mengatakan cinta indonesia tetapi kenyataannya dia lebih suka produk luar, misalkan makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya (papan-pangan dan sandang) semua berasal dari luar. Begitu juga dengan mata uang bila anda mengaku cinta indonesia jangan pernah bangga mengantongi mata uang doalr $ (US), akan tetapi banggalah memiliki uang rupiah. Cintailah ploduk – ploduk dalam negeri!!!

Komentar