Hal yang Mesti di Ketahui Tentang Take Over kredit

Suatu produk kredit yang di tawarkan oleh bank kepada nasabah pada dasarnya dengan tujuan membantu menyelesaikan masalah ekonomi yang sedang menjerat. Namun terkadang, semua yang sudah di rencanakan tidak bisa di lakukan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan. Mengapa? Karena sejatinya setiap manusia hanya bisa merencanakan sedangkan untuk kejadian yang terjadi di masa yang akan datang, sedangkan kepastian hanya ada pada Tuhan. Maka dari itu, mungkin saja dalam hal kredit, take over kredit ini di lakukan.

 take over kredit

Namun biasanya take over credit ini di lakukan dengan maksud dan tujuan tertentu. Salah satu tujuannya selain karena terpaksa ialah karena ingin memperoleh dana tunai dengan bunga yang ringan. Take over kredit ialah pemindahan atas kewajiban dari kreditur satu kepada kreditur yang lain. Jadi misalkan si A memiliki hutang di bank kemudian di tengah jalan si A memindahkan kewajibannya hutangnya kepada si B. Sekarang yang harus di ketahui sebenarnya apa keuntungannya melakukan take over credit?

Keuntungan Take Over Kredit

Take over Credit ini biasanya di lakukan pada produk kredit pemilikan rumah, namun juga tak menutup kemungkinan di lakukan pada produk kredit lain. Biasanya kreditur yang melakukan take over kredit menginginkan bunga yang lebih rendah di bank lain daripada bunga pada bank pertama. Mengapa? Karena biasanya pada produk KPR bank akan memberikan bunga tetap pada jenjang waktu tertentu pada awal untuk menarik perhatian nasabah. Pada tahap yang selanjutnya bunga akan berubah menjadi bunga anuitas. Nah, pada saat itulah nasabah akan melakukan take over credit karena bunga anuitas di anggap tinggi.

Kreditur yang melakukan take over credit bisa menikmati kredit dengan bunga yang lebih rendah dari sebelumnya. Selain itu, Anda tetap menjadi catatan kredit oleh suatu bank jadi ketika Anda mengajukan pinjaman lagi pada bank, maka plafon yang akan di berikan kepada Anda pastilah lebih besar dari sebelumnya. Jika sebelumnya Anda hanya bisa memperoleh pinjaman Rp 100 juta maka selanjutnya Anda bisa mendapatkan pinjaman Rp 150 juta bahkan lebih. Namun dengan catatan, Anda melakukan pembayaran pada pinjaman pertama Anda dengan lancar dan tidak pernah melakukan kelalaian membayar.

Selain nasabah, ternyata take over kredit ini juga mendatangkan keuntungan. Mengapa? Dengan nasabah melakukan take over credit dengan pembayaran pinjaman yang baik maka bank bisa bisa mendapatkan peluang lebih besar bahwa nasabah akan melunasi hutangnya. Nah, maka tidak heran jika banyak sekali bank yang menwarkan take over credit. Karena nasabah pasti akan lebih memilih untuk melakukan take over credit dari pada membeli rumah bekas. Namun, Anda sebagai nasabah sebelum melakukan take over harus teliti dan perhatikan beberapa hal dalam take over credit ini.

1 Komentar

  1. Pingback: Cara pengajuan kta take over bank mandiri dengan mudah | Pinjaman KTA, KPR , kredit tanpa agunan, pinjaman uang, pinjaman tanpa agunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *