8 Teknik Berbicara Yang Harus dimiliki Pembicara

Orang yang sukses adalah pembicara yang sukses , dan sebaliknya

  • Ciri ciri yang mereka miliki
  • Belajar dari frank Sinatra, Bill Clinton dan Edward bennet Williams

Teknik berbicara – Sebagian besar orang sukses adalah Pembicara-pembicara pembicara sukes. Tidak mengherankan , demikian juga sebaliknya. Jika anda telah mengembangkan kemampuan itu- dan dapat dikembangkan- kemampuan untuk bercira dengan baik, anda akan sukses. Kalau merasa sudah menjadi orang sukses, anda dapat membuat diri lebih sukses lagi dengan menjadikan diri anda menjadi pembicara yang baik.

Orang sukses yang tidak dapat mengekspresikan diri? Saya kira tidak ada. Mungkin mereka tidak panda omong-omong kecil. Atau mereka tidak pandai berbicara didepan umum. Tetapi mereka cukup pandai berbicara dalam suasana yang cukup berbeda, untuk meraih sukses dan bahkan kebesaran.

Tidak ada yang menyebut Harry Truman sebagai orator ulung, sebagai banyak yang menganggap sebagai presiden hebat. Satu alasannya adalah: ia bukan pembicara yang memikat, akan tetapi ia komunikator yang baik, karena ia berusaha agar pembicaranya mudah dipahami. Ia tidak retoris ia meluncurkan gagasan2-nya dalam bahasa inggris yang jelas dan langsung. Tidak seorang pun yang bisa mengumpulkan tanggung jawab presiden dengan lebih baik daripada kalimat singkat Trutman, “Dolar berhenti disini” Begituah menjadi pembicara yang baik.

CIRI-CIRI PEMBICARA TERBAIK

  • Mereka memandang sesuatu hal dari sudut yang baru, mengambil titik pandang yang tak terduga pada subjuk umum.
  • Mereka memiliki cakrawala luas, mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan pengalaman luas kehidupan mereka sehari-hari.
  • Mereka antusias, menunjukkan niat besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka dan pada apa yang anda katakan pada kesempatan itu.
  • Mereka tidak pernah membicarakan diri mereka sendiri.
  • Mereka sangat ingin tahu, mereka bertanya “ mengapa?” mereka lebih ingin mengetahui tentang apa yang anda katakan.
  • Mereka memberi ketegasan, mereka berusaha menempatkan diri pada posisi anda untuk memahami apa yang anda katakan.
  • Mereka mempunyai selera humor. Mereka tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri, sungguh, konversasionalis terbaik sering mengisahkan pengalaman lucu mereka sendiri.

8 Teknik Berbicara

MEMANDANG SUSUATU DARI SUDUT BARU

teknik berbicara

Karakteristik utama pertama dalam daftar diatas barang kali merupakan unsur yang paling sering dijumpai pada orang yang berbicara dengan sukses. Frank Sinantra misalnya, franks sinatra adalah bintang diner yang hebat. Ia berminat dalam segala hal. Dan kalau anda cukup beruntuk bisa mengajaknya berbicara  tentang profesinya, ia benar-benar mengagumkan, bukan karana ia mengatakan pada anda bahwa ia bintang besar (karena tidak akan), tetapi karena kedalaman pengetahuannya tentang musik. Ia telah banyak memikirkan keahliannya, sehingga ia muncul  dengan gagasan baru dan tak terduga.

 

MEMPERLUAS CAKRAWALA ANDA

Ketika Gubernur Cuomo Mengatakan:  Ada pepatah anda dapat memperluas cakrawala dengan bepergian. Tapi jika anda berminat mendengarkan orang-orang lain, anda dapat memperluas cakrawala anda tanpa perlu pergi kemana-pun. Kita semua mempunyai kakek-nenek. Mungkin mereka tidak hidup lama seperti kakek-nenek andrew, tetapi mungkin kita mengenal orang orang yang hidup sampai usia delapan puluh, atau bahkan sembilan puluh, kadang sampai seratus tahun. Dan kita bisa meraup informasi, kisah-kisah serta kesan-kesan mereka yang bahkan tidak kita sadari

Setelah ayah saya meninggal, ibu saya mendapat seorang wanita tua untuk mengawasi kami, sementara ibu berusaha mencari uang untuk makan, membeli pakaian dan membayar sewa apartemen kecil kami di Bensonhurts brooklyn. Pembantu wanita tersebut berusia delapan puluh tahun. Ayahnya menjadi tentara utara dalam perang  saudara. Sewaktu kanak-kanak, ia benar-benar melihat abraham lincoln, dan saya suku bercakap cakap dengan nya.

Jadi bagitulah, masa kanak-kanak saya di Brooklyn menjadi jendela zaman lain dalam sejarah amerika. Anda mungkin mempunyai pengetahuan yang mirip seperti itu dimasa-masa kecil anda  bersama orang orang yang lebih tua. Pasti ada banyak hal untuk dipercakapkan, entah itu tentang perawatan kesehatan, kakek-nenek, guru-guru, pelatih, atau perang suadara.

Moral dari cerita diatas adalah: ingatlah kakek-nenek anda dan orang-orang yang lebih tua yang berasal dari masa-masa yang lebih awal, pengalaman anda bersama mereka. Mereka- dan orang orang dengan latar belakang yang berbeda dengan anda dapat membantu anda memperluas reportoar dan pemikiran anda.

 ANTUSIASME

Teknik Berbicara – Saya kiira salah satu alasan keberhasilan saya dalam bidang kepenyiaran adalah: audiens saya merasakan bahwa saya menikmati apa yang saya lakukan. Anda tidak dapat berpura-pura. Kalau anda mencoba menipu diri, anda akan gagal. Jika anda benar-benar menikmati apa yang anda lakukan dan memproyeksikan antusiasme seperti itu kepada mereka yang anda ajak berbicara, peluang anda untuk berhasil semakin besar. Saya menemukan pada orang-orang kariernya beraneka ragam seperti  Presiden Cliinton dan Tommy Lasorda.

Lasorda, manajer Los Angles Doggers, tampil dalam show radio saya dimalam setelah timnya menderita kekalahan telak dari Houston dalam pertandingan Liga Nasional  tahun 1981. Dari penampilan serta antusiasmenya, anda tidak akan menyangka kalau ia manajer yang sedang kalah. Ketika ia ditanya bagaimana ia dapat begitu ceria, ia menjawab, “  Hari terbaik pertama daam hidup saya adalah ketika saya menjadi manajer tim yang menang. Dari terbaik  kedua ialah ketika saya menjadi manajer tim yang kalah.

President Clinton yang saya wawancarai pada peringatan ulang tahun pertamanya digedung putih, mengatakan hal yang hampir sama tentang menjadi presiden. Baik Bill Clinton maupun Tommy Lasorda adalah pembicara yang terbaik dan orang orang yang saya sukai dalam show saya karena mempunyai kesamaan. Mereka mempunyai antusiasmi yang besar untuk pekerjaan mereka, dan mereka mengkomunikasikannya dalam percakapan mereka. Antusiasmi itu dan kesedian mereka membagi  pengalaman, jelas membuat mereka tidak hanya sukses sebagai pembicara, akan tetapi juga dalam karier-karier yang mereka pilih.

Barangkali antusiasme anda dalam pekerjaan tidak sama seperti Tommy Lasorda. Saya harap anda mempunyai, tetapi tidak semua orang begitu beruntung. Jadi, pikirkan saja hal-hal yang membuat anda antusias: anak-anak anda, hobi, organisasi amal yang anda ikuti,  dan tulisan yang baru saja anda baca. Tanpa menjadi tergila-gila tunjukkanlah antusiasme itu dalam percakapan anda. jika anda dapat mengambil subjek yang amat anda sukai, dan membuat pendengar anda memahami sebabnya, pasti menjadi pembicara yang menarik.

JANGAN HANYA MEMBICARAKAN DIRI SENDIRI

Untuk mempertahankan percakapan, jelas anda harus membicararakan kepada patner anda  tentang diri anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang barang kali mereka tanyakan, tetapi jangan terlalu panjang. Sebaliknya, balikkan percakapan, seperti “ Bagaimana dengan kau” Mary? Dimana kau bekerja?”

INGIN TAHU

Para pembicara yang terbaik selalui ingin tahu segala hal. Itulah sebabnya mereka pandai mendengarkan dan mempunyai cakrwala luas_ mereka selalu mempelajari sesuatu yang baru.

TUNJUKKAN EMPATI

Orang orang yang paling enak diajak bicara adalah mereka yang menunjukkan empati kepada kita_ yang menunjukkan dengan jelas bahwa mereka mencoba memahami apa yang kita rasakan, dan kita katakan. Jika anda memberitahu seseorang bahwa anda  mendapat pekerjaan baru, Anda pasti ingin berkata, Wow! hebat’, tidak hanya sekedar “Oh, sungguh? Jadi, lakukanlah yang sama jika anda menjadi pendengar dalam sebuah percakapan.

Oprah Winfrey, sebagai contoh pembicara yang sangat akrab bagi kita di televisi, membuat hubungan yang kuat dengan pemirsanya karena ia jelas-jelas memberi empati kepada tamu dalam shownya. Anda dapat langsung melihat bahwa ia sungguh-sungguh  memperhatikan apa yang mereka katakan dan maksudkan. Empatinya juga membantu menarik para tamu dan mengajak mereka untuk beriskap terbuka kepadanya, ini tanda lain dari konversasionalis yang baik.

Semua konversasionalis terbaik diantara pembawa show TV mempunyai kelebihan ini. Saya menamakan mereka ” Komiserator”. Jika anda memberitahu mereka bahwa anda mengidap tumor otak atau cacar air, mereka akan memberi empati dan dukungan pada anda dan memproyeksikannya kepada audiens. Sonya Friedman, yang membawakan acara Sonya live di CNN setiap hari kerja, adalah salah satu contoh lain yang baik.

Dick Cavvett adalah komiserator hebat yang lain lagi, orang dengan intelegensi tinggi dan minat luas, gayanya menunjukkan bahwa ia menaruh minat kepada tamunya dan perasaan tamu, daripada mengurusi sesuatu yang sensasional.

TUNJUKKAN SELERA HUMOR ANDA

Humor dimana saja menyenangkan, dan sangat dibutuhkan. Jika sedang berpidato, salah satu aturan pokok sendiri adalah:” jangan terus-tenerusan serius” ini juga berlaku pada percakapan , dan barangkali lebih penting.

Tetapii humor, seperti apapun, tidak akan berhasil jika dipaksa. Humoris dan pelawak terbaik tahu hal ini, dan tidak pernah mencoba. Contoh terbaik yang bisa saya ingat adalah Bob Hope.

Bob tidak pernah berusaha melawak jika tampi sebagai tamu diner. Jelas ia tidak membosankan ataupun serius. Tetapi ia cukup pandai untuk tidak mencoba memainkan monolog komedi bangsawanya dimeja makan. Semua orang sudah tahu bahwa ia lucu dipanggung, televisi, dan film, jadi ia tidak perlu membuktikannya. Selain itu, Hope lebih dari sekedar pelawak dan penghibur. Ia juga businessman yang berhasil, yang berminat dalam banyak hal didunia ini dan seorang amerika patriotik yang pernah mengadakan pertunjukkan di seluruh dunia untuk anggota angkatan bersenjata. Pengalaman2-nya dalam semua bidang ini memberinya banyak hal untuk dibicarakan dan menjadikannya teman beicara yang menyenangkan, meski ia tidak mengucapkan kata-kata.

TEKNIk BERBICARA ANDA SENDIRI

Teknik Berbicara di depan umumUnsur kunci lain berbicara yang sukses adalah gaya. Mereka mempunyai cara berbicara sendiri, sehingga ucapan mereka efektif. Mari kita lihat empat pengacara kasus yang paling sukses di amerika di paro abad ke dua puluh. Mereka memberikan gambaran bahwa gaya berbicara orang berbeda-beda, tetapi masing masing berhasil karena suatu gaya cocok bagi seorang pembicaya

Edward Bennet Williams berbicara pelan. Ia memaksa anda membungkuk kedepan untuk mendengarnya, jadi ia mendapat perhatian lebih dari anda. Ini memang disengaja, memang begitulah metodenya, dan sangat efektif. Anda mengikuti setiap kata-katanya, dan baginya, gaya ini cocok, baik didepan juri, diruang sidang maupun didepan tamu saat makan siang.

Percy Foreman, seoarng pengacara besar lainnya, suka memainkan perasaan, langsung menusuk emosi orang. Bicara hampir ceramah keci. Cara itu tidak akan berhasil bagi kebanyakan dari kita, tetapi cock untuknya, itulah gayanya.

  Williams Kunstler adalah pengacara bombastis. Ia berang. Gayanya sangat berlawanan dengan gaya williams  dan Froman. Itu tidak akan berhasil bagi kedua  orang itu, tapi berhasil disepanjang karier kusntler.

Gaya Luis Nizer  adalah menyusun fakta, membangun kasus. Williams menusuk rasa dramatis anda. Foreman meminta emosi anda, dan kunstler rasa marah anda, tetapi nizer membangun logika anda.

Anda barangkali tidak peduli tentang gaya percakapan yang anda mainkan diruang pengadilan, tetapi saya menggunakan contoh-contoh ini untuk menunjukkan bahwa dalam situasi yang sangat sama , setiap orang mempunyai gayanya sendiri. Carilah cara berbicara yang cocok dengan anda, dan kembangkanlah.

SARAN TERAKHIR TENTANG MENUTUP MULUT

Betapa-pun briliannya anda sebagai pembicara, ada saat-saat anda lebih baik diam. Saya tahu hasrat manusia untuk menjadi bagian setiap percakapan_ bukan tanpa alasan anak-anak di Bensonhurt menyebut saya simulut besar_ tetapi jika saya ingin membuka mulut, anda mendengar insting  anda menyuruh diam, Perhatikanlah