Teknik Berpidato Yang Baik Untuk Menarik Simpati Pendengar

Pendekatan yang digunakan dalam Teknik Berpidato

METODE PENDEKATAN PRAMUKA

Cara pertama untuk menjadi pembicara yang baik adalah mengikuti motto Pramuka___ Bersiap. Jika anda akan membicarakan subjek yang anda pahami benar, persiapan pidato tidak akan sulit.

Anda akan mampu menyusun pikiran anda dengan lebih mudah dan lebih efektif jika  anda mengingat-ingat struktur pembicaraan berikut ini:

  1. Katakan pada mereka, apa yang akan anda bicarakan
  2. Katakan isi pembicaraan anda
  3. Katakan pada mereka, apa yang anda telah bicarakan

Jika sebelumna anda memberitahu audiens anda apa yang akan anda bicarakan, mereka akan lebih mudah mengikuti isi pidato anda. Dibagian akhir, cobalah merangkum butir-butir penting dengan kata kata yang sedikit berbeda dengan yang digunakan dalam pembukaan.

teknik berpodato

PERSIAPAN

Jika anda memberikan pidato dengan topik yang belum pernah anda bicarakan, anda harus membuat persiapan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan berbagai cara, yang paling cocok dengan anda.

Anda dapat menulis pidato anda, kata- demi- kata dan membacanya dalam bentuk teks. Banyak pembicara seperti ini.  Jika anda mengikuti pendekatan ini, pastikan untuk berlatih membaca pidato anda secukupnya, sehingga anda dapat sering menatap audiens anda dan tidak menghabiskan keseluruhan waktu dengan mata menatap kertas ditangan.

Beberapa orang lebih suka menggunakan garis besar pidato yang diketik pada kertas ukuran 8 x 11 inci. Beberapa orang lagi paling cocok menggunakan kartu kartu catatan. Keuntungan menggunakan catatan adalah anda cenderung berbicara lebih spontan , dan tidak akan terjebak untuk menatap naskah. Tetapi berbicara seperti bahasa tubuh dan berpakaian ___ apapun yang anda rasa paling cocok, itulah yang harus anda lakukan.

Setiap kali menggunakan naskah atau catatan, anda hendakyan berlatih pidato beberapa kali agar akrab dengan isi pidato dan meraa enak dengan gaya dan langkah-langkahnya. Anda dapat membacanya didepan cermin atau meminta seseorang teman  atau anggota keluarga anda untuk menjadi audiens dalam latihan itu.

Liihat juga :

Contoh Pidato Pendidikan Singkat | Era Globalisasi

Contoh pidato singkat | Peringatan hari guru nasional

Bagus juga  jika anda mengatur waktu anda selama  latihan. Pidato anda bisa lebih panjang  atau lebih singkat daripada yang anda perkirakan sewaktu menulisnya. Anda hendaknya mencari tahu, berapa lama waktu yang diberikan kepada anda untuk berpidato, lalu aturlah pidato anda seperlunya selama latihan, agar sesua dengan waktu itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *