Teknik  Wawancara Kerja Yang Baik Untuk Fresh Graduate

Menjual Diri Anda  Sendiri

Tidak ada produk apapun sepenting diri anda sendiri, maka anda harus melakukannya dengan benar. Menjual diri sendiri dalam ___Teknik wawancara kerja, dalam kinerja anda dalam pekerjaan, sehingga anda dapat meraih promosi dan dalam bekerja dengan orang luar, sehingga dapat membuat anda sendiri menjadi menarik bagi perusahaan-perusahaan lain, dengan demikian meningkatkan kemajuan karier dan kekuatan anda memperoleh penghasilan___ merupakan tugas menjual yang paling dasar bagi anda. Hampir setiap orang dalam bisnis harus menempuh proses itu paling tidak beberapa kali dalam karienya.

teknik wawancara kerja

  1. Tunjukan kepada calon pimpinan, apa yang dapat anda lakukan bagi mereka.
  2. Pertahankan sikap terbuka
  3. Anda dalam keadaan siap
  4. Ajukan pertanyaan

Sekarang sejumlah elaborasi untuk masing-masing butir:

Hal unik apakah yang anda bawa? Kalau mau menyetir president, jangan tanyakan apa yang dapat anda lakukan baginya. Jangan beritahu kekapada orang yang mewawancarai anda apa yang ada dalam resume anda, yang sudah mereka baca.  Tetapi beritahukan bagaimana anda dapat melakukan pekerjaan ini lebih baik dari pada orang lain. Buatlah meraka berpikir tentang betapa bagusnya bos yang akan mempekerjakan anda. Dengan kata lain, Juallah kelebihan anda bukan feature anda. Lakukan ini dengan berbicara tentang pengetahuan dan keterampilan anda___ Keahlian serta kontak  yang anda telah kembangkan dalam bidang anda, serta kemampuan yang telah anda kembangkan dalam karier anda.

Keterbukaan. Lagi-lagi kata itu, kualitas yang hakiki dalam hampir semua jenis pembicaraan sosial dan bisnis bila anda ingin sukses. Jangan terlalu bersikap bisnis hingga menggangu keterbukaan anda. Komunikasikanlah antusiasme anda tentang pekerjaan itu. Karekterisitik seperti ini tidak selalu ditemukan calon pemimpin  saat saat wawancara kerja, dan pelamar yang menunjukkannya kerap kali menemukan itulah salah satu kualitas yang membedakan dalam teknik wawancara kerja yang anda bangun.

Persiapan, Persiapkan point-point kunci yang ingin anda buat tentang diri anda. Kalau perlu, tulislah pada selembar kertas kuning dan ulaslah kembali berkali-kali sebelum wawancara. Jangan terperangkap dalam pertanyaan-pertanyaan sulit___ tulislah pertanyaan-pertanyaan itu dan carilah kira kira bagaimana anda mau menjawabnya. Bila anda telah berganti pekerjaan tiga kali dalam tujuh tahun terakhir ini, siapakan jawaban mengapa. Dan bila ingin persiapan lebih jauh, lakukanlah latihan wawancara dengan menyuruh seseorang berperan sebagai calon pimpinan yang akan meng-interview anda. Teknik ini sangat efektif, memberi anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Bartanyalah,

Teknik wawancara kerja selanjutanya adalah:Jangan terkejut membaca tulisan ini bahwa anda di anjurkan untuk mengajukan pertanyaan, entah anda sedang diwawancarai atau sebagai pembicara. Dengan mengajukan pertanyaan, anda bisa belajar, dalan wawancara kerja, anda pasti ingin mengetahui tentang perusahaan itu, sama halnya perusahaan ingin mengetahui tentang anda.

Anda tidak akan pernah mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk menarik perhatian calon perusahaan atau atasan anda. Disamping itu para pemimpin menghargai orang yang menunjukkan inisiatif mengajukan pertanyaan yang bagus tentang perusahaan itu. Hal ini menunjukkan anda memiliki dua kualitas yang paling persuasif yang telah dikatakan diatas.

Baca juga:

8 Teknik Berbicara Yang Harus dimiliki Pembicara

Sharkproof menegaskan pentingnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang baik dalam wawancara kerja dan memberikan saran hebat tentang jenis-jenis pertanyaan yang harus ditanyakan. Sebagai contoh ia menyebutkan bahwa setiap perusahaan senang ditannya tentang  nilai-nilainya. “ Jika anda dapat menanyakan pertanyaan positif yang menghubungkan nilai-nilai perusahaan dengan performansnya, anda telah berhasil menunjukkan bahwa anda mendukung program mereka.”

Jika perusahaan tersebut termasuk salah satu pemimpin industri, tanyakanlah tentang kesuksesannya. Sebagaimana dikatakan Harvey, perusahaan yang berhasil, sama seperti sikap-sikap mereka, bahkan mereka tidak kebal terhadap sanjungan. Sebaliknya jika perusahaan tersebut sedang berusaha merangkak di pasar, anda bisa bertanya” perusahaan mana  dalam industri ini yang ingin anda samai? Dan bagaimana rencana anda untuk mencapainya?”

Harvey juga  setuju dengan pentingnya mendengarkan, Setelah anda mengajuakan pertanyaan, katanya, dengarkanlah jawabannya.  Jangan tunjukkan seolah-olah anda lebih tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan pandai anda ketimbang mendengarkan dan memberi reaksi terhadap jawaban-jawabab mereka.

Sekian tentang teknik wawancara kerja semoga anda sukses dan diterima di perusahaan yang anda inginkan dan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.