Seputar Keuangan dan Kredit /  -

Tidak Punya Uang Tapi Butuh Laptop Untuk Kuliah? KTA Bisa Jadi Solusi

September 21st, 2016 | Posted in Seputar Keuangan dan Kredit | |
2017-03-30 10:42
sample ads for wordpress theme

Kemajuan teknologi pada saat ini sudah tidak di ragukan lagi. Di semua lini kini sudah menggunakan kecanggihan teknologi khususnya dalam bidang pendidikan. Untuk pendidikan pada sekarang ini, pembelajaran bisa di lakukan dengan menggunakan bantuan teknologi. Untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan, tidak hanya dengan bersekolah saja, sekarang ini teknologi informasi sudah sangat berkembang dan maju sehingga menunjang ketersediaannya informasi. Semakin ke sini, terlihat teknologi informasi semakin up to date dan terus bermunculan produk- produk baru yang semakin canggih, Misalnya adalah laptop.

KTA

Laptop adalah semacam komputer jinjing yang dapat memudahkan penggunanya dalam memperoleh informasi. Laptop merupakan salah satu produk teknologi yang bisa memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan pekerjaanya. Kini laptop bukan hanya untuk kalangan pekerja kantoran yang menggunakannya untuk pekerjaannya saja, namun anak sekolah terlebih lagi kuliah pun juga sudah banyak yang menggunakannya. Keberadaan laptop menjadi suatu keharusan untuk di miliki yang di rasa lebih nyaman dan efisien daripada komputer. Untuk kalangan mahasiswa, laptop di gunakan untuk mengerjakan pekerjaan dan tugasnya mereka. Jadi, dengan adanya laptop ini sangat membantu mahasiswa itu sendiri dalam memenuhi semua tugas- tugasnya. Bukan hanya untuk mengetik teks saja, kegunaan laptop ini juga banyak yaitu bisa di gunakan untuk mencari informasi melalui internet untuk desain grafis dan masih banyak lagi. Fitur dan Karena banyaknya manfaat yang bisa di peroleh dan juga pentingnya peran dari laptop ini apabila seorang mahasiswa tidak memiliki laptop akan lebih sulit dalam mengerjakan pekerjaannya. Jadi, sepertinya laptop ini memiliki peran yang penting bagi para mahasiswa.

Memang tidak ada yang mengharuskan untuk memiliki laptop bagi mahasiswa, namun akan lebih baik dan nyaman jika menggunakan laptop. Jika menggunakan komputer, Anda tidak bisa membawa nya kemana pun, berbeda dengan laptop yang bisa Anda bawa kemana pun dan bisa Anda gunakan kapan saja Anda membutuhkannya. Tetapi masalahnya sekarang laptop bukan lah barang yang bisa di beli dengan harga ratusan ribu, minimal Anda membutuhkan uang Rp 2 juta untuk bisa membeli laptop. Itu pula untuk laptop yang biasa atau standar akan lebih mahal lagi jika Anda memilih laptop yang memiliki fitur yang banyak dan bagus. Uang Rp 2 juta bagi mereka yang berkecukupan mungkin sangat mudah untuk di dapatkan. Tetapi bagaimana bagi mereka yang memiiliki keuangan yang tidak stabil? Maka menjadi masalah tersendiri karena meskipun sebuah kebutuhan, tidak menjadi mudah karena tidak adanya finansial yang mencukupi. Namun tidak perlu khawatir, sekarang ini membeli sesuatu bisa meskipun tanpa membayar cash atau kontan. Mobil saja bisa di beli menggunakan produk kredit mobil, apalagi hanya laptop?

Ya, saat ini sudah banyak kemudahan yang bisa Anda pilih untuk membeli sesuatu. Banyak bank yang telah menyediakan berbagai produk kredit yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah keuangan. Untuk masalah keuangan yang satu ini, Anda bisa manfaatkan produk kredit bank KTA atau kredit tanpa agunan sebagai pilihan yang tepat. Produk KTA adalah produk kredit dari perbankan yang berupa pinjaman dana secara tunai tanpa menggunakan jaminan untuk syarat pengajuannya. Jadi Anda tidak di wajibkan untuk menyerahkan asset sebagai jaminan atas pinjaman yang Anda gunakan.

Tentu menjadi suatu kemudahan yang cukup meringankan Anda ketika memutuskan untuk menggunakan produk kredit di bank. Cukup mudah saja, Anda bisa langsung datang ke bank yang sudah Anda pilih kemudian memberitahukan masalah keuangan dan tujuan Anda mendatangi bank tersebut yaitu hendak mengajukan pinjaman. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya bahwa bank memiliki banyak produk yang bisa di pilih dan di gunakan namun sudah di singgung bahwa produk KTA bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyelesaikan masalah Anda tersebut. Mengapa pilihan yang tepat? Produk KTA ini merupakan produk yang mudah untuk di dapatkan yaitu karena syarat- syaratnya yang mudah. Untuk syarat wajibnya adalah WNI atau Warga Negara Indonesia, memiliki usia minimal 21 tahun hingga 55 tahun, dan berpenghasilan minimal Rp 2 juta (tergantung kebijakan masing- masing bank). Untuk dokumen yang harus di sertakan hanya berupa fotokopi KTP atau Paspor, fotokopi KK, fotokopi rekening koran, dan Slip gaji. Untuk rinciannya steiap bank memiliki ketentuan yang berbeda.

Jika syarat- syarat tersebut sudah berhasil Anda penuhi maka slanjutnya Anda akan masuk dalam tahap pemeriksaan BI Checking yaitu pemeriksaan riwayat kredit yang Anda miliki. Atau biasanya pihak bank menanyakan mengenai kepemilikan kartu kredit kepada Anda. itu bisa juga di gunakan sebagai acuan dalam melihat bagaimana riwayat kredit Anda sebelumnya. BI Checking juga di maksudkan untuk melihat apakah Anda layak atau tidak menerima kredit. Jika Anda di nyatakan lolos dari BI Checking berarti Anda termasuk layak dalam menerima kredit.

Berbeda dengan produk lain yang menggunakan jaminan, produk KTA ini memiliki proses pengajuan yang cepat karena tidak menggunakan tahap appraisal atau penilaian asset atau jaminan. Yang menjadi jaminannya hanya sikap tanggung jawab dari nasabah saja dengan melihat riwayat kredit. Jika bank merasa bahwa Anda merupakan nasabah yang tanggungjawab dalam melakukan pembayaran, dana sudah bisa cair dan Anda hanya menunggu sebentar yaitu berkisar antara 5 hari hingga maksimal 2 minggu.

Karena dana dari KTA ini Anda gunakan untuk keperluan konsumtif maka Anda perlu mengaturnya dengan baik. Pastikan bahwa apa yang Anda lakukan sesuai dengan perencanaan Anda sebelumnya. Karena jika tidak, Anda akan kesulitan sendiri dalam menjalankan kewajiban Anda dalam membayar angsuran. Untuk besarnya pengajuan dari KTA itu sendiri usahakan untuk tidak jauh dari apa yang Anda butuhkan. Misalnya saja Anda membutuhkan dana Rp 3 juta untuk membeli laptop maka Anda bisa ajukan Rp 3 juta atau paling maksimal Rp 4 juta saja. jangan sampai Anda melebihinya terlalu banyak, karena jika tidak dana tersebut tidak bisa termonitor karena juga mengingat bahwa kredit ini bukan untuk keperluan yang menghasilkan uang jadi Anda benar- benar harus mengatur sedemikian rupa agar bisa efisien.

Tak lupa pula, sebelum benar- benar mengajukan KTA ini Anda harus mengetahui seberapa kemampuan finansial Anda. Jangan di paksakan jika memang tidak mampu dalam membayar angsuran. Hal tesebut hanya akan membuat Anda terperosok ke dalam juarang hutang saja. Hal- hal seperti suku bunga, biaya administrasi, denda keterlambatan, dan juga fasilitas yang ada dalam produk juga wajib untuk Anda perhatikan dan pertimbangkan. Jika perlu lakukan survei untuk mengetahui bank mana dan produk KTA mana yang memberikan banyak keuntungan kepada Anda. semoga bermanfaat.

Komentar