Tips agar tetap awet muda | sekali-gus mencegah penuaan dini | Cekkembali
Tips dan Cara /  -

Tips agar tetap awet muda | sekali-gus mencegah penuaan dini

Februari 9th, 2017 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-07-21 04:31

Siapapun pasti ini nampak awet mudah dan terhindar dari penuaan dini. Untuk mewujudkannya Anda harus tahu tips awet muda untuk pria maupun wanita sebagai langkah mencegah penuaan dini. Sebab, kesibukan sehari-hari membuat Anda malas membersihkan wajah dan akhirnya muncul tanda-tanda penuaan dini. Tidak hanya merawat diri dari luar saja, tapi juga dari dalam. Hal ini berarti Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh sehingga kulit sehat. Baik pria maupun wanita yang awet muda, akan terlihat muka berseri dan bercahaya

Jika kulit sehat, maka takkan muncul masalah dengan kulit Anda seperti jerawat, komedo, flek hitam dan tanda penuaan dini lainnya. Untuk bisa sehat, mesti menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Ada banyak solusi yang beredar di pasaran untuk mencegah penuaan dini mulai dari sabun, krim, serum dan lainnya. Tapi, jangan asal membeli produk kecantikan, kalau tidak cocok dengan jenis kulit akan menimbulkan masalah baru lagi.

Sebelum memilih produk kecantikan, ketahui dulu kondisi kulit Anda dan pastikan membeli produk dari pabrik ternama, berkualitas dan terdaftar di BPOM. Tak hanya menggunakan produk-produk kimia, Anda bisa mengaplikasikan bahan-bahan alami untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Selain menggunakan produk kimia dan alami, sebaiknya imbangi juga tips awet muda berikut ini!

Inilah Tips Awet Muda Untuk Mencegah Penuaan Dini

tips awet muda
di upload dari Alodokter
  1. Penuhi kebutuhan tubuh terhadap air putih

Minumlah air putih secara teratur 8 gelas setiap harinya atau sesuai dengan kondisi dan berat badan tubuh Anda. Air penting itu sangat penting dan berfungsi untuk menghidrasi tubuh dengan baik dan menetralisir racun dalam tubuh. Jika cairan tubuh terpenuhi, kulit akan terjaga kelembabannya, elastisitasnya, dijauhi jerawat dan dapat mencegah penuaan dini. Mulai sekarang biasakan dirimu untuk mengkonsumsi air putih yang cukup.

  1. Olahraga secara teratur

Tips awet muda selanjutnya adalah berolahraga setiap hari. Olahraga bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh melalui keringat. Aktivitas ini juga bisa menjaga otot-otot tubuh agar tetap kuat serta meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin olah tubuh mampu membuat kulit kencang dan elastis. Usahakan untuk olahraga di pagi hari agar kulit terkena sinar matahari pagi yang bisa menutrisi kulit.

  1. Tidur yang cukup dan menghindari begadang

Pekerjaan atau tugas yang banyak, terkadang mengharuskan Anda untuk begadang. Padahal begadang bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Sebab, wajah menjadi pucat, kurang darah dan menghitam. Selain itu, begadang juga menyebabkan kantung mata mengendur. Untuk mencegar penuaan dini, Anda mesti tidur dengan waktu yang cukup di malam hari. Tidurlah setidaknya 7-8 jam semalam. Sehingga, tubuh kuat, semangat dan berkonsentrasi dalam berkegiatan.

  1. Kurangi merokok dan minum kopi

Jika Anda mempunyai kebiasaan merokok dan sudah nampak tua, sebaiknya kurangi hal itu. Lakukanlah secara perlahan, sebisa mungkin hilangkan kebiasaan merokok. Pasangan dari merokok biasanya minum kopi. Nah, baik merokok dan minum kopi sama-sama penyebab penuaan dini. Mengubah kebiasaan merokok dan minum kopi merupakan tips awet muda yang susah dilakukan oleh para pria.

Lihat : Manfaat Dan Efek Samping Mengkonsumsi Kopi

  1. Jaga kebersihan gigi

Gigi berkaitan erat dengan penampilan. Jika ada satu gigi yang ompong, terlebih di bagian depan, tentu akan membuat Anda nampak tua. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi merupakan cara mencegah penuaan dini yang tepat. Sikat gigi secara teratur, lakukan perawatan agar gigi nampak putih dan cerah serta lakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi. Ingat juga ada beberapa penyakit yang ditimbulkan karena sakit gigi.

  1. Berpikirlah positif

Jadilah seseorang yang selalu berpositif thingking adalah tips awet muda. Jangan suka menduga-duga apa yang belum tentu buruk. Hasil penelitian menunjukkan emosi yang positif mampu menghilangkan rasa cemas dan memperpanjang usia. Karena pikiran yang positif bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti stres, depresi dan lainnya.

  1. Mengendalikan stres

Cara mencegah penuaan dini salah satunya dengan mengontrol stres. Jika Anda sudah tahu otak terlalu banyak pikiran, maka segeralah menghibur diri. Carilah ketenangan yang bisa melupakan segala permasalahan yang membuat Anda stres. Pergilah ke tempat yang hijau dan luas atau menikmati pemandangan laut atau juga mandi di bawah air terjun. Mungkin beberapa solusi tersebut dapat mengurangi stres Anda.

  1. Meditasi

Kegiatan menghubungkan pikiran dan tubuh merupakan tips awet mudah yang perlu Anda lakukan. Hasil riset membuktikan bahwa orang yang bermeditasi mempunyai kadar hormon stres yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Carilah ruangan yang menenangkan, lakukan meditasi beberapa saat dan lepaskan semua beban Anda sejenak.

Lihat juga: Ketahui Bahaya Dan Cara Berhenti Merokok

  1. Konsumi makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan juga termasuk cara mencegah penuaan dini. blueberry adalah makan antioksidan yang mempunyai rasa enak dan disukai banyak orang. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi jeruk, strowberry, tomat atau makanan yang berwarna gelap. Seperti yang dikatakan diatas memenuhi nutrisi tubuh adalah langkeh terbaik untuk awet muda.

  1. Makan lebih banyak serat

Cobalah tips awet muda dari dokter Oz, yakni makan makanan yang mengandung banyak serat. Makanan berserat akan menjaga sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Sehingga semua nutrisi yang masuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik dan semua organ-organ tubuh terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Pilihlah makanan yang mengandung gandum untuk sarapan, konsumsi nasi merah atau pasta dari gandum dan sarapan oatmeal bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Usahakan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kalau di pagi hari, itu tidak apa-apa malah menyehatkan. Tapi, kalau di siang hari akan mempercepat penuaan dini. Tips awet muda untuk hal ini adalah menghindari kontak dengan sinar matahari di siang hari. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari karena bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam atau kerusakan kulit lainnya.

  1. Jauhi radikal bebas

Debu, asap knalpot, asap rokok dan polusi udara lainnya bisa menyebabkan radikal bebas. Apabila terpapar pada kulit, maka akan memakan sel-sel kuli yang sehat dan membunuh sel kulit mati. Sehingga, cepat muncul keriput, flek hitam, jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Usahakan untuk menghindari radikal bebas sebisa mungkin, untuk mencegah penyaan dini.

Kondisi alam dan lingkungan sekitar mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Oleh karena itu, selalulah berada di lingkungan yang bersih dan sehat. Jika terpaksa berada di lingkungan yang kotor, segera bersihkan wajah dari debu dan kotoran.

Lihat: 14 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Cepat

Itulah pola hidup sehari-hari agar awet mudah dan bisa mencegah penuaan dini. Cukup mudah bukan melakukannya? Segera praktikkan di rumah, sehingga Anda terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Setelah menjalankan pola hidup sehat dan itu perawatan tubuh dari dalam, sekarang beralih ke perawatan tubuh dari luar. Perawatan tubuh dari luar adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami ke kulit wajah. Berikut ulasannya!

Bahan-Bahan Alami untuk Awet Muda

  1. Masker putih telur

Bila biasanya Anda menggunakan kuning telur, mulailah memanfaatkan putih telur juga sebagai masker. Putih telur membantu proses regenerasi sel kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan alami ini juga mampu mengencangkan kulit Anda. Berikut cara awet mudah dengan putih telur:

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya.
  • Ambillah putih telur, lalu terapkan ke wajah secara merata.
  • Biarkan sampai kering dan meresap. Rasakan sensasinya, putih telur akan membuat mengencang. Usahakan jangan bergerak agar masker tidak pecah.
  • Setelah kering, bilas menggunakan air bersih dan sabu muka Anda.
  • Lakukan setiap hari secara rutin sampai terlihat hasilnya.
  1. Masker pisang

Selain rasanya yang lezat dan mengenyangkan perut, pisanga juga mengandung nutriai yang baik untuk kulit. salah satu fungsinya untuk mencegah penuaan dini adalah dapat mengencangkan kulit yang kendur. Caranya pun sangat mudah seperti berikut ini:

  • Siapkan pisang dan ambil daging buahnya. Masukkan ke dalam mangkuk dan haluskan dengan sendok.
  • Setelah benar-benar halus, aplikasikan ke wajah Anda dan biarkan meresap- selama 30 menit.
  • Selanjutnya bersihkan dengan air dingin.
  1. Jeruk nipis

Kandungan unsur senyawa dan vitamin C dalam jeruk nipis dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Antioksidannya mampu menjaga kulit agar tetap awet muda dan menyehatkan kulit secara keseluruhan. Jeruk ini juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Begini caranya :

  • Siapkan perasan jeruk nipis dan putih telur, aduk hingga berbaur rata.
  • Terapkan ke wajah secara merata.
  • Tunggu sampai mengering dan meresap ke bagian dalam kulit.
  • Bersihkan wajah dan rasakan manfaatnya.
  1. Matcha

Matcha adalah teh hijau yang digiling seperti bubuk, bubuk teh hijau ini kaya akan antioksidan. Jika kamu mengkonsumsinya mampu melawan radikal bebas dan menghilangkan racun dalam tubuh. tak hanya itu, Matcha juga berfungsi untuk memperbarui sel-sel kulit sehingga mencegah munculnya jerawat. Apa yang terkandung dalam Matcha bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit wajah awet muda.

  1. Campuran lemon dan madu

Sama halnya dengan jeruk nipis, jeruk lemon juga mempunyai kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin ini akan bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Sedangkan madu akan berfungsi sebagai moisturizer. Jika dipadukan menjadi masker itu bisa menjadi tips awet muda. caranya sebagai berikut :

  • Peraslah lemon dan siapkan madu
  • Campurkan air perasan lemon dan madu secukupnya
  • Aplikasikan ke wajah Anda secara merata
  • Tunggu selama 15 menit agar meresap ke kulit
  • Bilas menggunakan air bersih dan lakukan setiap hari.
  1. Pepaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa mencegah penuaan dini dan merawat kulit adalah pepaya. Buah ini mengandung antiokidan yang tinggi dan vitamin A. Enzim papain pada pepaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan mengaplikasikan masker pepaya ke wajah Anda, maka kulit akan lebih elastis dan sehat.

Selain itu, pepaya mempunyai alpha hydroxy acid yang merupakan komponen anti aging dan mampu mencerahkan kulit wajah. Berikut cara membuat masker pepaya!

  • Siapkan pepaya segar
  • Ambil secukupnya dan haluskan
  • Oleskan masker pepaya ke wajah secara menyeluruh
  • biarkan selama 5 menit
  • basuhlah hingga bersih menggunakan air dingin
  • aplikasikan setiap hari hingga mendapatkan hasilnya

perlu Anda ketahui, dalam membersihkan masker pepaya harus benar-benar bersih. Sebab, jika terlalu lama menempel bisa mengiritasi kulit.

  1. Air Mawar

Sebagai tips awet muda berikutnya yakni menerapkan air mawar ke wajah. Bahan alami ini sering digunakan dalam produ kecantikan. Fungsi air mawar adalah berguna untuk lotion atau moisturizer yang dapat meminimalkan kerutan pada area mata. Tak hanya itu, air mawar mengandung antioksidan yang membuat kulit menjadi elastis. Cara membuat air mawar untuk mencegah penuaan dini :

  • Siapkan bunga mawar secukupnya
  • Kemudian, ambill kelopak bunganya dan cuci bersih
  • Gunakan air suling untuk merebus bunga mawar. Rebuslah menggunakan apik kecil sampai warna bunga mawar memucat
  • Setelah itu, pakailah saringan untuk menyari air rebusan mawar
  • Biarkan sampai dingin. Lalu, masukkan ke botol yang berwarna gelap dan letakkan pada tempat yang teduh (jauh dari sinar matahari)
  • Selanjutnya ambil air mawar secukupnya dan terapkan ke wajah secara merata
  • Biarkan sampai meresap
  • Bilas dan lakukan setiap hari.
  1. Kentang

Setelah bunga mawar, tips awet muda berikutnya adalah mengaplikasikan masker kentang ke kulit wajah Anda. Sayuran ini dipercaya mampu merawat kulit dengan baik dan menghilangkan mata panda dengan cepat. Kandungan kentang juga mampu mencerahkan kulit wajah, sehingga sangat tepat digunakan untuk masker wajah. Rasakan sensasi kesegarannya setelah menerapkan masker kentang ke wajah Anda. Berikut caranya :

  • Siapkan kentang ukuran sedang
  • Kemudian, cuci dan kupas kulitnya
  • Haluskan kentang dengan diblender sampai lembut
  • Terapkan masker kentang ke wajah
  • Tunggu hingga 15 menit atau sampai meresap
  • Bilas sampai bersih
  1. Air beras

Sejak dulu, air beras memang sudah dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini dan terbukti ampuh dalam merawat kulit. Air beras kaya akan mineral dan vitamin yang mampu menjaga keremajaan kulit Anda. Orang jaman dulu menyebut air beras dengan air tajin. Caranya :

  • Sisihkan air cucian beras
  • Usapkan ke seluruh bagian wajah
  • Biarkan meresap 15 – 30 menit
  • Bilas, ulangi hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi, hentikan penggunaannya setelah itu.
  1. Mentimun

Buah ini sering digunakan untuk menghilangkan lingkaran mata. Timun akan menimbulkan sensasi dingin dan menyegarkan untuk wajah. Kandungannya berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga mengaplikasikan masker mentimun termasuk tips awet muda yang mesti dicoba.

Anda bisa menggunakannya dengan cara mengiris tipis-tipis lalu menerapkannya ke wajah. Atau dengan menumbuknya sampai halus dan aplikasikan ke seluruh wajah. Tunggu beberapa menit, biarkan meresap. Setelah itu bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Air Embun

Saat pagi hari, memang sangat menyegarkan dan olahraga di waktu itu akan membuat tubuh sehat serta semangat menjalani aktivitas. Setiap pagi, di daun-daun ada air embun, jika Anda sentuh pasti sangat dingin dan terasa enak di kulit. Ternyata, air embun ini mempunyai sejuta manfaat dan khasiat untuk kecantikan. Mulai dari menghilangkan komedo, menghilangkan kerutan di wajah hingga mencerahkan wajah. Maka, gunakanlah air embun untuk mencegah penuaan dini.

Cara membuat air embun adalah dengan isi sebuah wadah dengan air bersih. Biarkan terbuka semalaman dan letakkan di udara terbuka. Pastikan air tersebut berada di tempat yang benar dan tidak terkontaminasi apapun. Setelah pagi, usapkan air embun ke wajah Anda secara merata. Biarkan beberapa menit dan rasakan sensasinya. Lakukan setiap hari karena air ini sangat aman, tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Demikianlah tips awet mudah untuk mencegah penuaan dini yang bisa Anda praktikkan di rumah.

 

Komentar