Tips dan Cara /  -

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah, Cepat & Alami

Juli 19th, 2016 | Posted in Tips dan Cara | |
2017-05-27 02:16

Bau mulut sangat mengganggu terlebih saat berinteraksi dengan orang yang berada didekat kita. Bau mulut sangat erat kaitannya dengan kebersihan dan gigi berlubang dan makanan yang mengandung bau ekstrim.Namun sebagian orang sudah mencoba menjaga kebersihan gigi dan menghindari makanan yang mengeluarkan bau ekstrim seperti jengkol, petai, bawang (putih dan merah), durian dan makanan yang rasanya sangat pedas, masih saja mengalami bau mulut. Terkadang cara menghilangkan bau mulut dengan menyikat gigi secara rutin tidak cukup dikarenakan terjadinya infeksi dan diperlukan penanganan yang lebih serius.

cara menghilangkan bau mulut
ilistrasi gambar via-halosehat.com-

Penyebab Bau Mulut

Ketika anda bangun tidur dan merasakan bau mulut yang kurang sedap itu merupakan hal yang wajar karena  sekresi air liur maupun ketika tidur perkembangan bakteri pada mulut lebih cepat. Cukup banyak tayangan iklan masyarakat tentang menggosok gigi sebelum tidur yang bertujuan  menjaga kesehatan gigi (gigi berlubang & bau mulut).Tetapi banyak yang mengalami bau mulut meski tidak saat bangun tidur yang disebabkan masalah kesehatan seperti radang tenggorokkan. Berikut sejumlah penyebab bau mulut tidak sedap

1- Faktor makanan

Seperti dijelaskan diatas faktor makanan yang ekstrim seperti  pete jengkol, bawang, durian maupun makanan yang sifatnya sangat manis dan pedas merupakan penyebab timbulnya bau mulut. Selain itu kopi, rempah-rempah makanan, sebagian keju, ikan juga dapat menjadi masalah yang menimbulkan bau mulut

2.- Gigi berlubang

Coba anda perhatikan orang yang menderita gigi berlubang umumnya memiliki nafas yang kurang segar/bau. Penyebab gigi berlubang cukup banyak misalkan dari cara menyikat gigi yang salah, mengkonsumsi alkohol, dari pola makanan, kebersihan mulut dan lain sebagainya. Opsi pertama mengatasi gigi berlubang bisa meminta bantuan dokter untuk menambal gigi berlubang tersebut dan mencabut secara permanen.

3.- Kurang menjaga kebersihan mulut

Sebenarnya faktor utama yang menyebabkan bau mulut ialah Kurang menjaga kebersihan mulut. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi berhari-hari akan membusuk tentunya menimbulkan bau mulut yang kurang segar dan salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang. Sebaiknya sikat gigi paling tidak 2 – 3 kali dalam sehari

4.- Faktor kesehatan

Ada beberapa dari segi faktor kesehatan yang dapat memicu bau mulut seperti gangguan pencernaan, gangguan yang dikarenakan fungsi ginjal, amandel, radang tenggorokan, maag, maupun sembelit. Bila salah satu penyakit diatas terjadi pada anda, cara manghilangkan bau mulut seperti ini sebaiknya konsultasikan pada dokter.

5.- Faktor obat obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa memicu terjadinya bau mulut seperti antihistamin, diuretik, suntikan insulin dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara alami

 1.- Menyikat gigi 2-3 kali dalam sehari

Orang yang malas sikat gigi akan mengalami bau mulut yang tidak sedap. Pastikan di pagi hari, siang dan sebelum tidur menyikat gigi secara teratur. Dengan menyikat gigi secara teratur salah satu cara alami menghilangkan bau mulut tidak sedap.

2.- Obat untuk anti bakteri

Salah satu fakor yang menyebabkan bau bau mulut ialah bakteri yang berada disekitar mulut terus berkembang. Langkah yang bisa anda lakukan ialah mengkonsumsi obat anti bakteri. Obat anti bakteri ada yang bentuk hebal maupun dalam bentuk kapsul.

  • Herbal: daun sirih, caranya bisa dengan meremas beberapa lembar daun sirih selanjutnya merebus hingga getah yang ada pada daun sirih keluar, selanjutnya airnya gunakan untuk berkumur-kumur. Daun sirih tersebut diyakini ampuh dalam melawan bakteri yang berkembang didalam mulut.
  • Kapsul: Ada banyak yang menawarkan kapsul penghilang bau mulut baik secara online maupun ofline. Untuk menghindari terjadinya kondisi yang lebih buruk sebaiknya konsultasikan pada dokter jenis kapsul yang aman dikonsumsi untuk menghilangkan bau mulut.

3.- jeruk nipis & Madu

Cara menghilangkan bau mulut dengan campuran  jeruk nipis dan madu merupakan cara alami menghilangkan bau mulut tidak sedap. Cara menggunkanan cukup sederhana yakni dengan mencampur perasan air jeruk nipis dan madu guna menghilangkan rasa asem yang ekstrim. Lakukan secara rutin hingga napas segar benar benar anda dapatkan.

4.- Makanan / Kapsul yang mengandung vitamin C

Cukup banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C, akan tetapi buah jambu yang memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi. Bila anda menghendaki dalam bentuk kapsul silahkan membelinya ke apotek. Kapsul yang mengandung vitamin berfungsi untuk menjaga sekaligus meningkatkan imun yang memungkinkan bakteri tidak bertahan lama dalam tubuh

5.- Pembersih Lidah

Tidak bisa disangkal selain gigi dan rongga mulut lidah merupakan sarang bakteri berkembang biak. Banyak luput ketika menggosok gigi tidak ikut membersikan bagian lidah akibatnya lidah tempat bersarang kuman. Untuk membersihkan lidah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menyikat permukaan menggunakan sikat gigi secara pelan atau bisa juga dengan menggunakan pembersih lidah. Cara menghilangkan bau mulut dengan pembersihan lidah dapat disesuaikan dengan tekanan lidah sehingga dapat menghindari luka pada lidah

6.- Bila diperlukan gunakan benang gigi

Banyak yang mengatakan dengan menyikat gigi saja belum cukup. Sekilas tampak setelah menyikat gigi terlihat bersih, namun belum tentu sisa makanan secara keseluruhan terangkat yang memungkinkan terjadinya karang gigi sebaiknya gunakan benang gigi untuk mengangkat sisa makanan yang ada pada sela gigi.

7.- Air Garam

Fungsi air garam selain untuk menghinglangkan diare air garam juga ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Cara melakukannya cukup mudah campurkan garam air dalam gelas/mangkuk lalu aduk hingga garam hancur, selanjutnya silahkan kumur air garam tersebut.

8.- Kayu Manis

Aroma kayu manis begitu harum sering dimanfaatkan dalam perasa makanan selain itu kayu manis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut, caranya dengan merebus kayu manis dan teh secara bersamaan, selainjutnya saring untuk menghilangkan ampas dan lalu minum. Lakukan setidaknya 2 – 3 x dalam sehari.

9.- Kencur

Tidak berbeda jauh dengan kayu manis, kecur dan daun sirih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. Cara malakukannya sediakan kencur kurang lebih 5 gram dan daun sirih sebanyak 15 gram, rebus secara bersamaan. Selanjutnya saring dan minum secara teratur.

10.- Lengkuas

Lengkuas juga dapat dijadikan opsi untuk menghilangkan bau mulut. Caranya cukup mudah yakni merebus lengkuas lalu meminum air rebusan tersebut.

11.- Jahe & Ketumbar

Kandungan minyak atsiri  yang terdapat dalam jahe & sirih dapat mengusir bau mulut secara alami. Caranya tidak berbeda jauh dengan diatas yakni merubus kedua bahan tersebut secara bersamaan selanjutnya saring dan minum secara rutin.

12.- Berhenti Merokok

Cara menghilangkan bau mulut dengan berhenti merokok secara langsung sepertinya agak sulit untuk dilakukan, akan tetapi bisa dengan mengurangi secara perlahan hingga akhirnya benar-benar berhenti secara total

13.- Kopi hitam

Dari kesemuanya cara diatas menurut saya cara ini yang paling mudah dan menyenangkan. Dengan meminum kopi hitam dapat mengusir bau mulut yang tidak sedap tersebut, karena kopi hitam dapat menentralisir sekaligus membunuh bakteri yang terdapat pada mulut.

14. Kebersihan kawat gigi/behel

Belakangan ini trend menggunakan kawat gigi begitu buming mulai dari kalangan remaja sampai dengan kalangan ibu-ibu. Fungsi utama dari behel ini ialah untuk merapatkan/merapikan susunan gigi dengan cara menarik secara pelan dan bertahap agar susunan gigi menjadi rapi, tetapi saat sekarang behel/kawat gigi dijadikan sampai gaya-gayaan. Cara membersihkan behel ini bisa dengan menggunakan sikat dan pasta khusus dan obat-kumur.

15. Mengunyah beras

Cara alami sejak dulu hingga sekarang untuk menghilangkan bau mulut ialah dengan mengunya beras. Kandungan yang terdapat pada beras dipercaya dapat membunuh bakteri yang ada pada mulut. Ingat dikunya bukan ditelan dan setelah dikunya jangan lupa membuangnya.

Oke demikian tips dan cara menghilangkan bau mulut secara alami semoga mendapatkan nafas yang segar.

Komentar