Tips Sukses Memulai Usaha Kecil Menengah (UKM)

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu yang tergolong dalam kategori usaha kecil menengah: Kegiatan ekonomi masyarakat yang memiliki total kekayaan tidak lebih dari 200.000.000 dimana tanah dan bangunan merupakan tempat usaha tidak termasuk atau  memiliki omset penjualan dalam satu tahun tidak lebih dari satu meliyar.

Usaha mikro kecil menengah /UMKM setidaknya memiliki dua peran yang sangat signifikan yakni sebagai media peningkatan maupun pertumbuhan dibidang ekonomi serta dapat menyerap tenaga kerja yang tinggi. Tingginya penerimaan negara disektor UKM melalui penerimaan pajak tidak ayal pemerintah menggenjot pembangunan dibidang infrastruktur maupun dibidang penyaluran kredit modal usaha (KUR).Ditahun 2013 saja pemerintah mampu membukukan penerimaan pajak dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah sebesar 307,44 triliun atau sekitar 30% dari total penerimaan pajak 1.024,8 triliun.

Itu sekilas tentang pengertian UKM dan jumlah penerimaan pajak negara melalui UKM, tetapi kali ini saya tidak fokus tentang berapa total penerimaan negara dari sektor UKM biarkan saja pakar ekonomi atau menteri keuangan yang membahas lebih lanjut tentang itu.Tips agar sukses menjalankan Usaha kecil menengah sebagai referensi untuk anda yang ingin berwiraswasta.

  • Business plan/perencanaan usaha

Seringkali orang mengabaikan teori maupun perencanaan yang matang dalam memulai suatu usaha dengan alasan terlalu banyak berspekulasi yang berujung kepada ketakutan akan rugi maka mereka menciptakan teori sendiri belajar sambil berjalan kondisi seperti ini akibatnya tidak sedikit dari mereka gulung tikar (bangkrut). Sebaiknya anda lakukan riset tentang usaha maupun produk yang akan ditawarkan, tingkat persaingan (kompetitor) dan jangan lupa pertimbangkan kembali untung dan ruginya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bila sebelumnya sudah dipelajari tentang iklim usaha yang kemungkinan terjadi tentu anda dapat mengantisifasi atau setidaknya meminimalkan resiko yang mungkin terjadi. Bertanya kepada orang yang terlebih dahulu sukses atau yang ahli dibidangnya sebelum memulai usaha merupakan langkah tepat daripada penyesalan timbul kemudian hari.

  • Standarisasi/SOP

Baik perusahaan berskala besar maupun menengah umumnya selalu memiliki Standard Operating Procedure/SOP hal itu dilakukan bukan tanpa maksud dan tujuan jelas.Sebaiknya hal yang serupa anda terapkan dalam menjalankan usaha baik dari segi produk yang dihasilkan,standarisasi pelayanan terhadap pelayanan maupun dalam penentuan harga, jangan sampai karyawan anda yang satu dengan yang lainnya berbeda dalam menetapkan harga hal dapat memicu pelanggan anda kabur.

  • Membangun jaringan yang saling menguntungkan

Sebenarnya mau usaha kecil menengah maupun skala besar network itu penting untuk memuluskan perjalanan usaha yang dirintis. Dengan memiliki jaringan yang luas tentu dapat menguntungkan anda misalkan usaha yang anda geluti dibidang sembako, bila anda memiliki relasi dan kepercayaan dari pihak distributor anda bisa mengajukan pengiriman stock barang dengan pembayaran dibelakang tanpa adanya penambahan nilai/harga.

  • Lakukan promosi dengan memanfaatkan jejaring sosial

Kemudahan internet untuk diakses hampir seluruh pelosok nusantara dapat menjangkaunya menjadi salah satu keuntungan melakukan promosi untuk anda. Sekitar tahun 80-an sangat efektive melakukan promosi lewat radio, koran maupun majalah, perusahaan banyak melakukan promosi lewat radio dan koran maupun majalah dan menjelang tahun 90-an media telivisi merupakan media yang paling efektive untuk melakukan promosi meski harus membayar meliyaran rupiah. Dijaman sekarang anda tidak harus memasang iklan di TV yang mengharuskan membayar ratusan juta hingga meliyaran rupian. Media social merupakan alat promosi yang ampuh untuk menawarkan produk.

Usaha Kecil Menengah/UKM yang Cukup Menjanjikan

  • UKM-dibidang Kuliner

Mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap waktu membuat bisnis ini tidak ada matinya dan bukan usaha musiman. Jenis bisnis makanan sendiri cukup banyak dan beragam mulai dari makan ringan sempai dengan makanan pokok. Kedua jenis usaha makanan tersebut sama sama memiliki peluang yang tinggi tergantung pada anda lebih memilih jenis makanan pokok atau makanan ringan yang akan kamu jalankan.  Sebut saja sebagai contoh bapak Agusti Salman Farizi (Bojes) dengan kripik pedas kribo-nya ia merupakan salah satu pelaku ukm yang sukses  menjalakan usahanya dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, kini usahanya telah terdapat diberbagai daerah luar bandung seperti tangerang, bekasi,cilegon pandeglang, serang, surabaya, malang, jombang, bengkulu dan aceh.

  • Bidang Fashion

Bisnis dibidang fashion juga tidak kalah menarik dengan bisnis dibidang makanan, pakaian merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer (pangan, sandang dan papan). Perkembangan jaman serta masuknya budaya asing telah mempengaruhi industri pakaian dibidang fashion baik untuk pria maupun wanita. Sebut saja yang lagi trend sekarang busana muslim jeans casual untuk wanita maupun baju pria dan wanita ala korea. Kesemuanya itu merupakan contoh bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan.

usaha kecil menengah

  • Dibidang Otomotive

Perkembangan industri otomotive setiap setiap tahun tampaknya sudah tidak bisa dibendung, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah tetapi hasilnya lebih dari 1 juta unit  pertambahan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Ini sebenarnya peluang bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni. Adapun bisnis yang bisa anda jalankan mulai dari jasa perbaikan/bengkel, menjual sparepart, jasa cuci kendaraan/steam maupun menjual perlangkapan berkendara seperti dagang helm.

usaha kecil menengah

  • Dibidang pendidikan

Pekerjaan dibidang pendidikan sepertinya salah satu usaha kecil menengah yang menghasilkan dua manfaat sekali gus yakni selain anda membagi pengetahuan yang bermanfaat anda juga menerima bayaran.Bisnis dibidang pendidikan cukup menjanjikan karena pendidikan merupakan bagian dari kebutuhan yang harus ditempuh semua orang.

usaha kecil menengah

  • UKM-dibidang agrobisnis

Negeri kita sepertinya sudah terlanjur terkenal akan kekayaan bumu dan kesuburan tanahnya. kebutuhan akan pangan maupun untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh kita seperti beras dan sayur sayuran membuat jenis uni salah satu usaha kecil menengah yang layak anda pertimbangkan.

usaha kecil menengah

Sekian…

2 Komentar

  1. Pingback: 76 peluang bisnis sampingan - UKM | Peluang Usaha, Bisnis, Investasi dan Pendidikan

  2. selltiket Balas

    Baru dari selltiket.com,
    untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat
    dan tiket kereta api sekarang anda
    juga dapat melakukan pembayaran :
    PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
    pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *