Akuisisi

Dipublikasikan oleh admin pada

Akuisisi dan merger merupakan dua hal yang sering dilakukan dalam dunai usaha khususnya perusahaan-perusahaan besar. Banyak perusahaan raksasa memilih untuk mengakuisisi perusahaan yang sudah berjalan daripada membangun usaha baru dari nol.  

Proses akuisisi dapat dilakukan baik yang memiliki kesamaan bidang usaha atau tidak memiliki kesamaan  kegiatan usaha ataupun dari segi keterkaitan konsumen.

Salah satu contoh perusahaan yang diakuisisi  memiliki kesamaan bidang usaha maupun keterkaitan konsumen adalah, Bank BCA mengakuisi bank kecil (PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) dan PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) yang akan rampung dalam waktu dekat ini.

Pengertian Akuisisi

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no.22  akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan yang dilakukan oleh pihak pengakuisisi, sehingga berakibat berpindahnya kendali atas perusahaan yang telah diakuisi tersebut .

Adapun kendali yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mengenai kebijakan keuangan & operasi perusahaan yang diakuisisi
  • Mengangkat maupun memberhentikan manajemen
  • Pemegang hak suara mayoritas pada saat rapat redaksi

 Pengertian akuisisi (acquisition)  (one company takinatau take over adalah sebuah perusahaan mengambil alih kepemiliikan (saham) atas perusahaan lain (over controling interest in another company).

Sudana, 2011 memberikan Pengertian tentang akuisisi adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih yang mana perusahaan akuisitor membeli sebagian saham perusahaan yang diakuisisi, dengan demikian pengendalian management perusahaan yang telah diakuisisi secara otomatis berpindah ke perusahaan akuisitor, sementara kedua perusahaan tersebut tetap beroperasi sebagai suatu badan hukum yng berdiri sendiri.

Akuisisi adalah pengambil-alihan yang merupakan perbuatan hukum yang dilakukan oleh badan hukum maupun orang perseroan atau mengambilalih kepemilikan saham yang mengakibatkan perpindahnya pengendalian atas perseroan tersebut.

Jenis Akuisis

Menurut Hariyani, 2011 akuisisi dibedakan menjadi tiga kelompok, sebagai berikut:

  • Akuisisi horizontal; adalah akuisisi akuisisi yang dilakukan perusahaan (badan usaha) yang masih memiliki keterkaitan/kesamaan budang usaha
  • Akuisisi vertikal; adalah akuisisi yang dilakukan badan usaha yang bergerak dibidang industri hilir dengan hulu ataupun sebaliknya
  • Akuisis konglomerat; merupakan akuisisi yang dilakukan badan usaha yang tidak memiliki bidang bisnis yang sama ataupun tidak memiliki keterkaitan.

Tujuan 

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *