Perbandingan antara Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum

Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum adalah dua jenis asuransi yang berbeda. Perbedaan utama antara asuransi jiwa melindungi terhadap kehidupan, sedangkan asuransi umum melindungi dari kehilangan atau kerusakan pada aset.

asuransi jiwa

Asuransi merupakan produk penting. Ini adalah produk yang bergantung pada keamanan. Melindungi seseorang dari tanggung jawab dan kerugian finansial jika terjadi kesalahan. Misalnya: asuransi mobil melindungi pemilik mobil jika terjadi kecelakaan. Sebagian besar asuransi mobil akan membayar uang kepada tertanggung, yaitu orang yang mengeluarkan asuransi untuk menutupi biaya yang ditimbulkan oleh kecelakaan tersebut.

Dua asuransi jiwa populer lainnya adalah asuransi jiwa dan asuransi umum. Keduanya adalah dua produk berbeda yang melayani dua tujuan berbeda. Mereka juga memastikan hal-hal yang berbeda. Seperti namanya, asuransi jiwa adalah asuransi terhadap hilangnya nyawa. Padahal, asuransi umum adalah asuransi yang melindungi dari hal-hal yang lebih umum. Untuk menambah kebingungan, ada juga berbagai produk berbeda yang penuh dengan kategori asuransi jiwa atau asuransi umum.

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menjamin terhadap hilangnya nyawa. Sebagian besar jenis asuransi jiwa bekerja dengan gagasan serupa, walaupun rinciannya mungkin berbeda. Di sini, kehidupan seseorang, yang biasa disebut tertanggung terlindungi dari kehilangan. Ini berarti bahwa ketika orang tersebut akan meninggal, perusahaan mengasuransikan akan membayar sejumlah uang yang disepakati kepada keluarga orang tersebut untuk membantu mereka menghadapi kesulitan keuangan yang mungkin timbul setelah kematian orang tersebut. Agar dapat memanfaatkan jumlah ini, tertanggung harus membayar premi kepada perusahaan asuransi selama masa hidup mereka, atau untuk jangka waktu yang ditentukan dalam polis.

Asuransi umum, di sisi lain, kata-kata di bawah prinsipal serupa. Di dalamnya, tertanggung juga harus membayar premi kepada perusahaan, dan sebagai pengganti itu, mereka mungkin dapat di akses ke pembayaran nanti. Namun, alih-alih mengasuransikan terhadap kehilangan nyawa, jaminan asuransi umum terhadap kerugian finansial yang timbul atas dasar aset. Seperti kerugian finansial yang ditimbulkan oleh pencurian atau kerusakan aset, seperti mesin, atau persediaan. Premi dan pembayarannya tergantung pada barang yang diasuransikan dan juga biaya dan nilainya.

Ada banyak jenis asuransi umum, seperti asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kebakaran, asuransi mobil, dan lain-lain, pada dasarnya segala hal selain asuransi jiwa sebagian besar dikategorikan berdasarkan asuransi umum. Setiap jenis asuransi umum berbeda dan melayani tujuan yang berbeda. Misalnya, asuransi mobil melindungi mobil, asuransi kebakaran melindungi terhadap kerusakan akibat kebakaran, dll.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua asuransi jiwa dan asuransi umum sama. Setiap perusahaan memiliki seperangkat peraturan dan kondisi yang harus dipenuhi agar bisa menerima pembayaran. Misalnya, polis asuransi jiwa mungkin hanya melindungi kehidupan seseorang sampai usia tertentu dan jika orang tersebut meninggal setelah usia tersebut, maka polisnya batal demi hukum, atau beberapa mungkin membayar jumlah yang dikurangi. Kebijakan lain mungkin akan membayar hanya jika tertanggung meninggal dalam kematian dengan kekerasan seperti kecelakaan atau terbunuh. Jika orang meninggal karena sebab alami maka polisnya mungkin batal atau mungkin akan membayar lebih sedikit. Setiap kebijakan berbeda dan seseorang harus membaca kebijakan dan kondisinya dengan hati-hati sebelum menandatangani.

Perbandingan antara Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum:

Asuransi Jiwa vs Asuransi Umum
Type Asuransi Asuransi
pengertian Asuransi jiwa adalah kontrak antara pemegang polis asuransi dan perusahaan asuransi atau assurer, di mana perusahaan asuransi berjanji untuk membayar penerima manfaat tertentu sejumlah uang (imbalan) dengan imbalan premi, pada saat kematian orang yang diasuransikan (seringkali merupakan polis pemegang). Polis asuransi umum atau polis non-jiwa, termasuk kebijakan mobil dan pemilik rumah, memberikan pembayaran tergantung pada kerugian dari peristiwa keuangan tertentu. Asuransi umum biasanya didefinisikan sebagai asuransi yang tidak ditentukan untuk menjadi asuransi jiwa.
Melindungi Jiwa/hidup Segala sesuatu yang lain, seperti properti, kesehatan, dll
Tujuan Sering digunakan bentuk investasi Biasanya melayani tujuan itu
Durasi Biasanya jangka panjang, mis. umur asuransi selama lebih dari 25 tahun Biasanya jangka pendek, seperti setahun, 5 tahun atau 10 tahun.
Klaim Jumlah tersebut dibayarkan baik pada saat kematian atau pada saat jatuh tempo asuransi Jumlah tersebut dibayarkan saat terjadi kerugian.
premium Biasanya dibayar setiap tahun Bisa dibayar setiap tahun atau sekaligus sekaligus

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *