Tips agar tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan terbaik

Dipublikasikan oleh admin pada

Tips Memilih Asuransi kesehatan / jiwa terbaik

Banyak yang memiliki pemahaman dengan memiliki BPJS, produk asuransi dari pihak swasta tidak terlalu penting untuk dibeli. Asuransi itu sifatnya penting dimiliki untuk menambah kenyamanan anda meskipun dalam keadaan sakit. Jaman sekarang asuransi sudah menjadi bagian dari produk investasi, jadi tidak ada ruginya memiliki asuransi sekalipun kamu sudah memiliki kartu BPJS. Produk asuransi beragam dan tentunya manfaat yang diperoleh akan berbeda. Agar tidak salah dalam memilih asuransi kami akan memberikan tips dalam memilih produk asuransi kesehatan terbaik untuk anda:

asuransi kesehatan terbaik

asuransi kesehatan terbaik

  • Produk asuransi memiliki lisensi asosiasi asuransi jiwa indonesia

Hal ini penting anda ketahui agar terhindar dari asuransi bodong maupun kesulitan ketika ingin klaim asuransi. Bilamana seseorang agen asuransi tidak dapat menunjukkan keanggotaan dalam AAJi, anda patut curiga tentang kebenaran produk yang ditawarkan. Selain itu anda juga perlu memastikan yang menawarkan asuransi tersebut memiliki pengalaman dibidangnya untuk memudahkan anda dalam proses klaim nantinya, meskipun klaim asuransi merupakan tanggung jawab penjual asuransi namun tidak sedikit mengeluhkan dalam proses klaim.

Untuk memastikan asuransi yang ditawarkan agen benar benar resmi cukup mudah yakni dengan menanyakan keanggotaan AAJI. Bila memang agen tersebut dapat menunjukkan kartu keanggotaannya maka produk yang ditawarkan memang resmi dan legal secara hukum, begitu juga sebaliknya. Semua agen resmi asuransi pasti terdaftar keanggotaannya di asosiasi asuransi jiwa indonesia, baik yang sifatnya sementara maupun lisensi penuh

  • Pilih sesuai sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Produk asuransi itu sifatnya tidak berwujud, akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan. hal ini seringkali membuat orang salah dalam menentukan asuransi yang mereka butuhkan. Pada dasarnya produksi asuransi jiwa memiliki 2 unsur yakni asuransi kematian dan asuransi cacat tetap. Tentu semua kepala keluarga menginginkan agar keluarganya terproteksi ketika sakit dan dirawat inap dirumah sakit, namun disisi lain dalam menilai kondisi keuangan yang ada perlu menjadi suatu pertimbangan. mencover seluruh anggota keluarga dengan produk asuransi dengan ekonomi pas pasan tentu tidak mudah. jadi anda harus bisa menentukan mana saja harus diproteksi ketika anda tidak dapat bekerja akibat cacat tetap atau meninggal dunia.

  • Ketahui lebih lanjut tentang kredibilitas perusahaan yang menawarkan asuransi.

Segala sesuatu perlu dipikirkan dengan mantap dan matang, terlebih menyangkut jiwa dan kesehatan kamu-keluarga. Tidak perlu tergesa gesa besok atau lusa kamu harus memiliki proteksi diri bila hal dapat menimbulkan kerugian buat kamu. akan tetapi menunggu terlalu lama itu tidak baik, kita tidak dapat memastikan kesehatan kita menurun jatuh sakit bahkan meninggal dunia.

Dalam menilai kredibilatas dan eksistensi perusahaan memang tidak mudah, semua mengaku nomor satu, kamu adalah yang terbaik dalam memberikan pelayanan, kami memberikan asuransi kesehatan terbaik untuk anda dll,  sekalipun kenyataannya berbeda. Hal yang pertama diketahui umur perusahaan. Biasanya umur perusahaan yang lama tentu lebih berpengalaman dibidangnya dan lebih kuat bila diterjang kesulitan keuangan bilamana terjadi krisis keuangan seperti masa silam.

Testimoni, untuk mengetahui kepuasan pelayanan yang diberikan  anda tidak harus membeli terlebih dahulu dan mengajukan klaim. kamu bisa bertanya kepada sesama rekan kerja atau teman yang terlebih dahulu membeli produk asuransi dari perusahaan yang sama. Tanyakan seberapa sulit dan waktu yang diperlukan ketika mengajukan klaim.

Dari segi permodalan dan Penghargaan yang diterima perusahaan. Meski sederet penghargaan yang diterima perusahaan belum menjamin 100% tentang kepuasaan nasabah setidaknya ini bisa menjadi salah satu acuan dalam memilih produk asuransi kesehatan terbaik untuk anda. Produk asuransi berbasis jasa, tentu yang dikedepankan adalah pelayanan dan kepercayaan dari konsumen. Selain itu anda juga harus bisa memastikan perusahaan tersebut kolep atau bangkrut yang berujung kerugian pada anda.

  • Bandingkan dengan yang lain

Jangan ragu untuk membanding produk asuransi yang satu dengan yang lainnya, anda adalah pembeli, pembeli adalah raja, berarti anda bebas membandingkan mana yang terbaik untuk anda. Mina pada pihak agen asuransi tersebut untuk menjelaskan tentang produk yang ditawarkan mulai dari premi, proses klaim sampai dengan manfaat yang didapatkan.

  • Hindari sistem reimburse

Sebagian perusahaan dalam proses pertanggungan perobatan dengan cara reimburse, hal ini cukup menyulitkan kamu nantinya. sistem reimburse dapat digunakan dimanapun yang bekerjasama dengan vendor asuransi yang kamu beli. Hal ini tentunya kamu harus membayar terlebih dahulu semua biaya perobatan maupun biaya lainnya yang termasuk dalam proteksi asuransi selainjutnya pihak perusahaan akan mengganti seluruh kerugian yang masuk dalam cover asuransi. Tanyakan kepada agen asuransi tersebut apakah dalam covernya menggunakan sistem reimburse atau  sistem pembayaran cashless.

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Memilih Produk Asuransi jiwa/kesehatan

  1. Menempatkan nilai/uang pertanggungan pada asuransi anak

Anak merupakan harta yang paling berharga, bahkan berjuang siang-siang malam tujuannya tidak lain adalah untuk anak. Akan tetapi bukan berarti anak anda lebih perlu memiliki asuransi dibandingkan kamu. Pada dasarnya asuransi jiwa diperlukan seseorang bilamana seseorang memiliki tanggungan, sebaiknya anak anda diberikan asuransi kesehatan saja  itu lebih baik bukan asuransi jiwa.

2. Asuransi unit link yang tidak tepat sasaran

Memiliki asuransi unit link memang tidak selamanya salah, akan tetapi dalam penggunaannya ditemukan tidak tepat. dengan memiliki asuransi unit link memungkinkan seseroang terbantu dari segi premi yang dibayarkan.

3. Tidak jujur dalam mengisi formulir

Demi premi murah sering kali seseroang menyembunyikan riwayat kesehatan mereka, bahkan  tidak jarang pihak agen lapangan menyarankan tidak terlalu jujur dalam pengisian formulir tersebut dengan tujuan premi yang dibayarkan konsumen lebih murah dan tentunya tidak ditolak perusahaan. Perlu anda ketahui ini sangat merugikan diri kamu ketika mengalami sakit dan klaim kamu tidak dapat diterima sementara premi yang kamu bayarkan selama ini akan hangus begitu saja tanpa ada pengembalian. Untuk itu upayakan sejujur mungkin terlebih menyangkut kesehatan maupun jiwa.

4. Cover yang kurang atau berlebih

Point ini menyangkut tentang manfaat yang diterima. seperti dijelaskan diatas masih perlukah membeli produk asuransi dari pihak swasta apabila sudah memiliki BPJS. Cover yang diberikan BPJS beragam, ada yang sudah terpenuhi secara keseluruhan namun ada yang juga yang tidak tercover sebagian yang dianggap benar benar penting untuk dicover. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dengan melihat besaran biaya yang dirogo untuk sekali pemeriksaan dokter. Anda akan membayar diluar tanggungan asuransi bilamana premi yang dibayarkan kurang, begitu juga sebaliknya akan berlebih bilamana biaya per-kunjungan dokter lebih rendah dengan premi asuransi yang kamu bayarkan. Untuk itu anda harus benar benar memastikan apakah seluruhnya sudah benar benar tercover asuransi, atau kamu harus membayar kekurangan yang tidak tercover asuransi.

5. Ada sebagian rumah sakit tidak menerima asuransi swasta yg kamu miliki

Dalam kasus seperti ini terkait dengan  seberapa luas jaringan perusahaan dengan pihak rumah sakit. Biasanya bila anda memutuskan berobat dirumah sakit yang tidak bekerja sama dengan perusahaan asuransi, kamu akan menalangi biaya rumah sakit tersebut meski pihak perusahaan akan mengganti seluruhnya dengan sistem rreimburse. Tanyakan kepada pihak agen perusahaan, seberapa luas jaringan perusahaan terkait kerjasama dengan pihak rumah sakit, agar kamu nantinya tidak mengalami kesulitan untuk menalangi biaya rumah sakit tersebut. Semoga kamu dapat menemukan asuransi kesehatan terbaik tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Sekian…..

Kategori: Asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *