10 Langkah Belajar membaca di usia sejak dini

Dipublikasikan oleh admin pada

Informasi yang dibagikan di bawah ini adalah informasi umum yang bermanfaat bagi anak-anak dari semua umur, apakah anak Anda sudah siap untuk belajar membaca atau tidak. Jangan menerapkan semua strategi ini sekaligus, atau sebaiknya Anda mengharapkan anak Anda untuk dapat segera melakukan semuanya dengan benar. Ini adalah proses dan informasi ini hanya untuk Anda terapkan saat Anda merasa anak Anda sudah siap.

Harap juga disadari bahwa meskipun saran di bawah ini diberi label sebagai “susah/payah”, peraturan tersebut tidak harus dalam urutan berturut-turut, dan juga tidak sesuai dengan kepentingannya. Informasi yang akan Anda temukan di sini hanyalah panduan untuk membantu Anda melihat bagaimana masing-masing komponen bacaan cocok bersama!

Belajar membaca

  1. Mengenalkan sejak dini

Mengajar anak Anda untuk belajar membaca benar-benar sebuah proses yang dimulai sejak masa kanak-kanak. Selain mendekatkan diri kepada anak juga menanamkan cinta pada buku. Kenikmatan saat membaca adalah salah satu prediktor tunggal terbesar untuk membaca kesuksesan pada anak usia sekolah. Jika anak tidak belajar sejak dini (membaca), kemungkinan besar hal tersebut akan menghambat kemampuan mereka di kemudian hari.

Berapa banyak yang Anda baca untuk anak Anda benar-benar terserah Anda dan keluarga Anda, namun bertujuan untuk membaca setidaknya 3-4 buku sehari, bahkan saat anak Anda masih sangat muda. Saat dia bertambah sedikit lebih tua dan bisa duduk lebih lama, jadilah tujuan keluarga untuk membaca bersama setidaknya selama 20 menit setiap hari.

Berikut adalah beberapa saran untuk jenis buku yang bisa dibaca anak Anda. Tapi dengan segala cara, baca apapun yang anak Anda tanggapi dan nikmatilah!

  1. Kelahiran-1 Tahun: menyanyikan tentang dina bobo, Buku Papan (dengan gambar nyata), Buku Kain (dengan berbagai tekstur), Buku Nyanyian
  2. 1 Tahun-3 Tahun: Buku  Sajak, Buku Lagu, Buku bergambar/poster tentang anak,  Cerita Pendek
  3. 3 Tahun-5 Tahun: Buku Alfabet, Buku Lagu, Buku Bergambar, Buku sajak
Kategori: Tips dan Cara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *