xs5M4GkuYo9Wdq76U1bDyJzyZC_7gUJJvQn6LmWUT5Y Cara melunasi tagihan kartu kredit macet/menumpuk

Kartu kredit merupakan ibarat dua sisi mata uang, disatu sisi dapat membatu dan mempermudah pada berbagai transaksi non tunai, disis lain tidak sedikit yang menjerit akibat tagihan yang membengkak.  Kalau boleh jujur sih, transaksi menggunakan kartu kredit itu sangat asik, bayangkan tanpa memiliki uang sepeser kamu dapat membeli apa saja yang kamu ingin tentunya dengan batas limit yang ada pada credit card kamu.

Akan tetapi atas fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan bank tersebut tidak sedikit yang terlena sehingga loss control dan ternyata diakhir bulan tagihan sudah menggunung. kalau sudah begitu yang timbul hanya penyesalan dan panik. sekarang bukan saatnya lagi untuk meratapi atas kealpaan yang kamu perbuat tapi memikirkan bagaimana caranya melunasi hutang kartu kredit tersebut dan terbebas dari teror debt colector yang menagih setiap hari.

Cara Melunasi Hutang kartu kredit Macet

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melunasi atau setidaknya bebas dari teror penagihan dari pihak bank ikuti langkah berikut:

  1. Hitung seluruhnya jumlah tagihan anda

Total secara keselurahan berapa jumlah hutang anda, lihat mana yang paling perioritas untuk dibayarkan. Sebenarnya semua hutang adalah perioritas untuk dibayar, akan tetapi ada hutang menjadi skala prioritas/segera dibayar. Tanyakan kepada pihak bank berapa total hutang kamu. Apakah mereka sudah melimpahkan kepada pihak ketiga untuk menagih pihutang mereka tersebut.

2. Bayar minimum

Sebenarnya membayar tagihan kartu kredit minimum bukanlah solusi jangka panjang, ini hanya sementara sembari kamu memiliki uang untuk membayar secara penuh. Saya sendiri pengguna kartu kredit, disaat saya tidak memiliki uang cukup untuk membayar tagihan secara penuh, langkah yang saya ambil adalah pembayaran minimum. Biasanya bank memberi keleluasaan kepada debitur yang memperbolehkan membayar minimum, untuk tagihan minimum tergantung pada vendor bank masing masing, biasanya berkisar 5- 10 % dari total hutang kredit, dan juga yang bank yang memperbolehkan hanya membayar 100rb.

 

3. Meminta keringanan bunga kredit

Anda tidak perlu malu untuk meminta keringanan bunga kredit anda, cara ini dapat dilakukan dengan melalui negoisasi dan pendekatan kepada pihak bank penerbit kartu kredit tersebut. Bila cara ini berhasil tentu kamu dapat mengurangi sebagian jumlah hutang yang membengkak tadi. Biasanya pihak bank akan mempertimbangkan permintaan yang kamu ajukan. Perlu diketahui saat kamu mengajukan keringanan bunga melalui sambungan telpon maupun datang kantor layanan bank harus berbicara yang sopan tidak perlu marah atau emosi karena kamu yang berkepentingan dalam hal ini. Ingat setiap pemberi pinjaman memiliki pendekatan secara sendiri dan berbeda beda.

4. Meminjam Kepada saudara atau teman

Meminjam kepada saudara atau teman bisa menjadi solusi sementara untuk membayar tagihan kamu. Keuntungan meminjam kepada saudara atau teman biasanya kamu dibebaskan dari biaya bunga atau admin seperti layaknya meminjam kepada bank. Tapi terkadang meminjam kepada saudara atau teman tidak jarang membuat sakit hati, bukannya dapat pinjaman malah diberi ceramah berjam jam. Pertimbangkan sekali lagi bila memilih opsi ini demi melunasi hutang kartu kredit kamu.

5. Temukan Pekerjaan Tambahan

Berhenti untuk meratapi penyesalan, itu sudah tidak berarti lagi, kamu harus mencari alternatif lewat pekerjaan baru untuk menambah pemasukan. Dengan memiliki pemasukan tambahan kamu dapat membayar tagihan kredit yang menggunung tadi. Tidak ada yang bisa anda lakukan tanpa memusatkan perhatian dan pengorbanan untuk mencapainya.

6. Jual aset

Untuk mengantisipasi hutang yang terus berbunga (bunga -berbunga) baiknya Temukan disekeliling kamu, adakah benda atau aset yang bisa dijual untuk melunasi hutang hutang kamu tadi. Kamu harus merelakan sekalipun benda tersebut merupakan benda kesayangan seperti motor, perhiasan  atau jenis lainnya.

7. Temukan motivasi dan dukungan Anda.

Buatlah tujuan konkrit untuk tetap fokus. Mungkin menyingkirkan hutang akan memungkinkan Anda untuk menabung uang muka di rumah, pergi berlibur impian atau berhenti mencemaskan setiap tagihan yang menyentuh kotak surat Anda. Temukan komunitas untuk bertukar cerita, kesuksesan, dan tantangan. Sebuah forum di mana Anda dapat merasa didukung – di mana Anda dapat mengatakan “Saya sangat lelah mencoba untuk menghemat uang.” Ada ratusan blogger dan forum keuangan pribadi di mana Anda menarik kursi virtual.
Tuliskan tujuan Anda dan simpan di dompet atau dompet Anda. Jika Anda tergoda untuk mengeluarkan terlalu banyak uang, lihatlah mereka untuk mengingatkan diri Anda pada gambaran yang lebih besar

Tips Agar Terhindar Dari Kredit Macet

Setelah membaca dan memahami perjalanan anda ketika mengalami hutang yang menumpuk akibat hutang kartu kredit diharapkan anda lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit.  Setiap pergerakan kredit yang Anda lakukan sejak Anda membuka akun pertama Anda akan membawa ke kredit yang baik atau kredit macet. Kebanyakan orang dapat menghindari kredit macet dengan hanya membuat pilihan yang tepat dengan kredit dan akun keuangan lainnya.

 

  1. Bayar tagihan pada tepat waktu

Ini adalah nomor satu hal yang harus Anda lakukan setiap bulan untuk menghindari kredit macet. Riwayat pembayaran adalah faktor terbesar yang mempengaruhi nilai kredit Anda, jadi tidak mengherankan jika pembayaran yang hilang (30 hari atau lebih) dapat menghancurkan nilai kredit Anda. Pembayaran terlambat dapat menurunkan nilai kredit Anda beberapa poin dan pembayaran terlambat berturut-turut dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti penyitaan, penarikan kembali, tagihan biaya, dan koleksi.

2. Bayar tagihan kartu kredit secara penuh

Meski bank memperbolehkan membayar tagihan minimum, ini tidak baik terhadap keuangan kamu. Bila kamu memiliki uang cukup untuk membyar tagihan secara penuh baiknya dibayar secara penuh. Anda tidak tau bulan depan atau bulan berikutnya punya uang atau tidak membayar tagihan kamu. Hal ini dapat memicu kredit macet.

cara melunasi kartu kredit

3. Lebih berhati hati menggunakan kartu kredit

Saya sarankan untuk menggunakan transaksi debit daripada kartu kredit. Bila saldo debit kamu tidak mencukupi membeli keinginan kamu baiknya tahan dulu keinginan tersebut.

4. Jangan terlalu banyak berhutang

Sebaiknya jumlah hutang konsumtif anda tidak melebih dari 20% dari jumlah pemasukan kamu. Tingkat hutang Anda adalah faktor terbesar kedua yang mempengaruhi nilai kredit Anda.
Nilai kredit tidak hanya mempertimbangkan jumlah hutang yang Anda miliki secara keseluruhan, tetapi juga bagaimana saldo kartu kredit Anda sesuai dengan batas kredit Anda (penggunaan kredit Anda) dan bagaimana saldo pinjaman dibandingkan dengan jumlah pinjaman awal. Jaga saldo kartu kredit Anda tetap rendah dan lakukan pembayaran pinjaman reguler Anda untuk mengurangi jumlah hutang yang Anda miliki.
Jumlah hutang yang Anda miliki juga dapat mempengaruhi kebiasaan pembayaran Anda. Terlalu banyak hutang bisa menyulitkan pembayaran bulanan Anda sehingga Anda kehilangan pembayaran. Kenali tanda-tanda memiliki terlalu banyak hutang dan kurangi pengeluaran kartu kredit Anda sebelum Anda masuk ke kepala Anda.

5. Kelola keuangan dengan Baik

Jika Anda boros dengan uang, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami kesulitan dalam membuat kredit dan pembayaran pinjaman Anda. Kredit macet akan segera menyusul. Lakukan perencanaan keuangan yang baik. Ini membuat Anda terhindar dari hutang, membantu melindungi nilai kredit Anda, dan memungkinkan Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

8. Pikirkan sebelum Anda mengambil kredit baru.

Setiap biaya bulanan baru, apakah itu meningkatkan layanan telepon Anda atau membeli mobil baru, mempengaruhi kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan. Seringkali, kita menambahkan tagihan bulanan baru tanpa benar-benar mempertimbangkan bagaimana hal itu akan mempengaruhi kemampuan kita untuk membayar semua biaya lainnya. Sebelum melakukan hal lain, hati-hati pertimbangkan bagaimana hal itu akan mempengaruhi anggaran bulanan Anda.

7. Kenali saat Anda mengalami masalah.

Kurangi pengeluaran Anda dan bekerja lebih keras untuk hidup sesuai kemampuan Anda. Membawa penghasilan tambahan dari kerja lembur, memanfaatkan hobi, menghosting penjualan halaman, atau mendapatkan pekerjaan kedua mungkin diperlukan untuk memastikan Anda dapat terus memenuhi kebutuhan.

Lihat juga cara menghemat uang dengan budget yang kamu miliki

 

Kategori: Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *