cara edit file pdf

Cara mengedit file pdf

File dalam bentuk Portable Document Format (PDF) berbeda dengan jenis file microsoft office seperti microsoft word, excel, power point maupun jenis file lainya dapat dirubah dengan mudah bila terjadi kesalahan dalam pengentikan, akan tetapi tidak dengan file pdf. Hal ini dikarenakan file dalam format PDF menggunakan flash, hal ini membuat tidak dapat di edit secara langsung tanpa software. maka untuk mengedit sebagian atau secara keseluruhan kita membutuhkan bantuan pihak ketiga.

Cara Mengedit File PDF Secara Keseluruhan atau Sebagian

Untuk mengubah file pdf secara keseluruhan maupun sebagian dapat dilakukan secara online dan offline. Yang perlu diketahui meski dapat dirubah secara online anda tetap harus terkoneksi internet untuk mendownload software pihak ketiga tersebut. Saya sendiri lebih sering menggunakan secara online, karena lebih cepat dan  praktis.

Cara Mengedit file PDF Secara Offline

Langkah mengedit file pdf secara offline

Seperti saya jelaskan diatas meski secara dapat di edit secara offline anda harus terhubung ke internet, adapun caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi adobe reader untuk mendownload software adobe acrobat pro DC https://acrobat.adobe.com/us/en/acrobat/how-to/pdf-editor-pdf-files.html atau bisa dengan mengklik tautan ini
  • Setelah adobe acrobat pro DC di download silahkan instal (harus terkoneksi dengan internet).
  • Selanjutnya buka software tersebut dan klik tab tools kemudian pilih Edit PDF, lihat gambar dibawah ini.

Cara mengedit file pdf

  • Berikutnya setelah diklik pdf edit akan muncul tanpilan baru (pop up), pada bagian atas sebelah kanan warna biru klik add, lihat gambar dibawah ini
cara edit file pdf
  • Berikutnya akan muncul pop up dan klik saja oke, anda akan diarahkan untuk menemukan file yang ingin di edit. Disini saya telah membuka file pdf sebelumnya maka akan tanpil file pdf tersebut, saya pilih salah satu, pada bagian bawah sebelah kanan ada perintah edit file silahkan di klik. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

mengubah pdf menjadi word

  • Sekarang file siap untuk di edit,
cara mengubah pdf menjadi word
  • Setelah selesai mengedit, klik menu edit, klik save (Ctrl + S) atau Save As (Ctrl +Shift + S) dan
  • Lihat hasilnya

Cara lain untuk mengedit file PDF, masih menggunakan adobe acrobat pro DC dengan cara menconverter atau mengekspor file PDF ke Microsof Word. Caranya tidak berbeda jauh dengan sudah dijelaskan diatas, Perbedaanya kita mengklik Export PDF yang berada dibawah Edit PDF. Lihat gambar dibawah ini

Sekarang file PDF sudah berubah menjadi file Microsoft word, silahkan di edit bagian mana yang perlu di edit. Setelah mengedit untuk mengembalikan menjadi format pdf, Silahkan klik menu file, pilih Save as adobe PDF. Bila pada menu file tidak tersedit save as adobe lakukan dengan save as, isi nama file, pada save as type pilih dengan PDF. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

convert pdf to word gratis

dan yang terakhir klik save.

Cara Mengedit file PDF Secara Online

Bila diatas telah dijelaskan cara mengedit PDF secara Offline kini saya menjelaskan cara mengedit secara online. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya langkah ini jauh lebih mudah da peraktis. Jenis file yang di edit  juga cukup beragam hampir semua jenis file dapat diedit dalam satu langkah dan saya lebih sering menggunakan cara yang ini.

Langkah mengedit file pdf secara online

  • Langkah pertama kunjungi situs PDF Konverter Word: https://smallpdf.com/id/pdf-ke-word atau bisa dengan   meng klik tautan ini
  • Selanjutnya silahkan Drad/letakkan file pdf yang ingin di konverter menjadi file MS Word, atau bisa dengan klik pilh dan temukan file yang ingin di konverter. lihat gambar dibawah ini:

software edit pdf

  • Berikutnya file sudah menjadi bentuk microsof office, silahkan edit file mana yang perlu untuk di edit
  • Setelah selesai  mengedit lakukan cara seperti di atas pilih menu file, klik save as dan pilih save as type pdf  dan
  • klik save, selesai

Cara lain untuk mengkonverter file pdf ke word yakni menggunakan microsoft word 2013 atau 2016, software ini sudah dapat mengedit secara otomatis file pdf,  tanpa harus mendownload software pihak ketiga dan dapat dilakukan secara offline.

Sebenarnya Cukup banyak cara mengedit file pdf menjadi micrsoft word dengan menggunakan bantuan software pihak ketiga dan cukup mudah didapatkan di internet.

Kesimpulan

Secara keseluruhan baik secara online maupun secara offline masing masing masing memiliki kelebihan dan kelemhan.

Kelebihan dan kelemahan mengedit file pdf secara offline

  • Harus mendownload adobe acrobat pro DC  yang memungkinkan menghabiskan kouta/data yang tidak sedikit, disarankan pada saat mendownload software ini, gunakan wifi publik yang diberikan secara cuma-cuma
  • Prosesnya lebih lama
  • Dapat digunakan berkali kali tanpa harus terhubung dengan internet selama masa trial belum berakhir

Kelebihan dan kelemahan mengedit file pdf secara online

  • Selamanya harus terkoneksi ke internet bila menggunakan cara ini
  • Melalui situs https://smallpdf.com/id dapat melakukan konverter berbgai jenis file seperti pdf ke word, pdf ke ppt, pdf, excel, jpg, dan lainnya.
  • Tidak harus mendownload software yang menghabiskan banyak kuota, dan prosesnya jauh lebih simpel

 

Lihat juga

Cara Membuat Watermark dan Tabel Cara melacak HP hilang Cara menghilangkan Depresi
Cara Menghemat Uang Cara meluruskan rambut Mitos dan Fakta tentang KOPI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *