Daftar Pustaka

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka secara sederhana dapat dikatakan sebagai sumber atau rujukan dalam sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka diperlukan untuk karya ilmiah seperti tugas kuliah (makalah, skripsi, tesis, disertasi) maupun jenis karya ilmiah lainnya.

Secara singkat daftar pustaka adalah semua kalimat atau paragraf yang bukan berasal dari ide/tulisan sendiri. Baik daftar pustaka maupun catatan kaki pada karya ilmiah memuat tentang pendapat, hasil penelitian, cuplikan dari sumber lain harus dicantumkan sumber informasi tersebut. Daftar pustaka yang di cantumkan pada akhir karangan ilmiah memuat semua sumber  informasi yang digunakan.

Tujuan penulisan Daftar Pustaka Pada Karya Ilmiah

Setidaknya terdapat 3 fungsi atau Pencantuman sumber dalam sebuah karya ilmiah

  1. Agar terhindar dari tuduhan penjiblakan (plagiarism)

Tentu kamu gak ingin suatu saat gelar sarjana yang kamu sandang di gugat orang yang berkepentingan, dalam hal ini orang yang memiliki hak atas tulisan yang kamu kutip tanpa mencantumkan sumbernya. Salah satu kegunaan pencantuman kutipan ini adalah guna mendukung tulisan ilmiah kamu.

  1. Untuk mengharga penulis sebelumnya

Dengan mencantumkan sumber penulis sebelumnya berarti anda turut menghargai  orang yang memiliki ide tersebut. Selain itu, pengakuan atas teks, pada bagian tersebut adalah ide, argumen dan atau analisa orang lain.

  1. Membantu para pembaca yang ingin tahu lebih dalam mengenai sumber kutipan

Kegunaan lain dalam mencantumkan sumber ketipan dan daftar pustaka secara utuh adalah untuk membantu para pembaca yang tertarik lebih dalam tulisan yang kamu kutip. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah menelusuri tentang informasi dari sumber kutipan untuk mendapatkan rincian yang lebih lengkap pada daftar pustaka

Contoh Penulisan Daftar Pustaka  

Kategori: pendidikan

3 Komentar

andika Nur Alfian · pada

Makasih banyak mas kebetulan saya lagi buat makalah MK PPKN, lg nyari cara buat dapus nya.

Ari · pada

Ribet asu

    fatimah · pada

    jahat kamu ari 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *