Contoh Radiasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Published by admin on

Seperti yang diketahui, suhu adalah suatu komponen yang mampu untuk meningkatkan panas pada benda. Energi panas yang nantinya berpindah dari suhu tinggi ke rendah, maka itu disebut dengan kalor. Bagian yang disebut kalor ini bisa melakukan perpindahan melalui tiga cara, salah satunya radiasi atau pancaran. Dimana untuk contoh pancaran ini bisa ditemui dalam keseharian seperti dibawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Pancaran bagian Dari Cara Perpindahan Kalor

Jadi yang dinamakan dengan pancaran adalah perpindahan kalor tanpa harus melibatkan medium lainnya. Kasus pancaran ini biasanya dapat ditemui pada saat berada di ruang hampa. Misalnya dalam ruangan yang hampa tidak ada materi lain yang bisa memindahkan kalor, maka prosesnya sendiri akan berupa pancaran. Seperti cahaya dari matahari ke bumi.

Umumnya semakin panas suatu benda yang ada dalam lingkungan sekitar, maka besar pula kalor yang akan dipancarkan pada lingkungannya. Lalu semakin luas permukaan benda yang panas, maka semakin besar pula tingkatan kalor yang mampu dipancarkan pada lingkungannya. Dan kebalikannya, jika suhu dingin di sekitar, maka benda mampu menyerap pancaran dari lingkungan sekitarnya.

Dan bagian yang perlu di garis bawahi juga, bahwasannya semakin rendah suhu dalam yang ada dalam suatu benda, maka untuk kalor yang diterima dari radiasi pada lingkungan nya semakin besar. Sedangkan jika luas permukaan benda terasa dingin, maka jumlah besarnya kalor yang diterima menjadi lebih besar.Bagi yang penasaran dengan contoh lengkap dari pancaran ini, maka simak dibawah ini.

Contoh dari Pancaran dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Pancaran Sinar Matahari

Salah stau contoh yang bosa di temui dengan mudah adalah pancaran sinar matahari. Bagian dari pancaran kosmik yang di berikan oleh sinar matahari merupaka  campuran gelombang elektromagnetik yang berasal dari gelombang inframerah hingga ultraviolet atau UV. Bentuk dari pancaran yang di hasilkan dari sinar matahari ini akan di serap oleh atmosfer.

  1. Proses Pembakaran

Pancaran lain yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah pembakaran. Dimana pada saat anda tengah merebus makanan, maka secara tidak langsung juga telah terpapar pancaran. Tanda dari adanya pancaran ini bisa diketahui dengan jelas saat merebus makanan tersebut dalam waktu lama hingga membuat api yang ada dalam kompor tersebut berwarna merah.

Dengan adanya ciri seperti itu, maka menjadi pertanda adanya radiasi dari daerah tersebut. Lalu di bagian panci yang digunakan untuk merebus akan tersebut juga tidak bersentuhan langsung dengan kompor. Akan tetapi bentuk pancaran tersebut akan bertanggung jawab dalam memindahkan panas dari kompor ke area panci

  1. Pancaran Panas dari Api Unggun dan Lilin

Pasti hampir semua orang pernah melakukan kemah dan menyaksikan api unggun atau lilin. Padahal tanpa di sadari peristiwa api unggun tersebut pada dasarnya juga terjadi proses pencaran. Dimana pada saat anda duduk bersama teman di sekitar api unggun bakal terasa panas. Sama juga lilin, pada saat anda mendekatkan jari tangan di api lilin tanpa harus di pegang pasti panas.

Adanya rasa panas yang terjadi pada anda saat terpapar api unggun dan juga lilin tersebut disebabkan oleh adanya perubahan kalor dengan cara pancaran. Sehingga jika anda tetap duduk di area tersebut dan terseru mendekatkan jari anda, maka perlahan akan panas hingga terbakar. Terlebih jika api yang di radiasi menjadi semakin panas dan dengan kapasitas yang besar.

  1. Penggunaan Stereo

Bagi orang yang suka dengan dunia musik pasti sudah tidak asing dengan yang namanya stereo. Jadi benda yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan komunikasi. Mulai dari televisi, radio, telepon seluler pasti bakal memanfaatkan gelombang radio, kemudian bakal diubah menjadi getaran dan suara. 

Dari proses pemanfaatan gelombang radio hingga menghasilkan suara ini disebut dengan adanya campur tangan pancaran. Kemudian biasanya untuk sumber gelombang radio yang paling sering digunakan adalah saluran listrik, generator, dan juga pemancar radio. Sehingga benda yang menggunakan gelombang radio dan menghasilkan suara, masuk dalam ranah contoh pancaran.

  1. Pemakaian Gawai

Mungkin sudah menjadi rahasia umum, bahwasannya gawai juga masuk dalam salah satu contoh pancaran yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Paparan dari pancaran frekuensi radio akan membuat pemanasan di area tubuh tempat ponsel tersebut di pegang, seperti di area dekat telinga. Akan tetapi untuk jumlah panas dari radiasi tidak mampu meningkatkan suhu pada tubuh.

Kesimpulan yang bisa diambil dari uraian lengkap di atas adalah bahwa pancaran merupakan adalah perpindahan kalor tanpa harus melibatkan medium lainnya. Kemudian untuk contoh kasus pancaran dalam kehidupan sehari-hari bisa dijumpai pada sinar matahari, proses pembakaran, api unggun dan lilin, penggunaan stereo, dan yang terakhir adalah pemakaian gawai.

Categories: Fisika

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.